Skip to main content

Title

3 Tips Mencuci Popok Kain yang Tepat

3-tips-mencuci-popok-kain-yang-tepat.png

Kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Mereka memiliki kulit yang lebih sensitif dan mudah mengalami ruam. Maka dari itu, diperlukan cara merawat kulit bayi yang benar untuk mendukung kesehatan kulit si Kecil. Salah satu upayanya adalah dengan cara mencuci popok kain yang tepat. Popok bayi yang kurang bersih merupakan salah satu penyebab utama munculnya ruam pada kulit anak. Maka dari itu, mencuci popok kain yang tepat, menjadi salah satu upaya terpenting dalam merawat kulit bayi. Lantas, bagaimana cara mencuci popok kain yang tepat? Berikut tips mudah yang bisa Ibu terapkan.

  1. Gunakan detergen khusus pakaian bayi

Kulit bayi sangatlah sensitif sehingga lebih rentan terkena gangguan. Bahkan, kulit bayi juga dapat mengalami alergi ketika bersentuhan dengan detergen biasa. Sebagai bentuk perawatan kulit bayi yang benar, gunakanlah detergen khusus bayi untuk mencuci pakaian dan popok si Kecil. Namun, tak ada salahnya jika Ibu mencoba terlebih dahulu untuk mencuci pakaian si Kecil dengan menggunakan detergen biasa. Apabila ia tidak mengalami gangguan kulit saat menggunakan popok yang dicuci dengan detergen tersebut, Ibu bisa mengesampingkan kebutuhan detergen khusus bayi dalam membeli keperluan si Kecil.

Iritasi seperti ini juga dapat dihindari dengan menjaga kelembapan kulit si Kecil. Penggunaan JOHNSON’S® baby 2in1 TOP-TO-TOE® wash untuk mandi sehari-hari, merupakan  salah satu cara menjaga kulit bayi tetap lembap.

  1. Rendam baju untuk hilangkan noda

Karena tidak boleh diperas atau dikucek, popok kain memang cenderung sulit untuk dibersihkan. Oleh karenanya, rendamlah di dalam air yang sudah diberi deterjen. Perendaman ini bermanfaat untuk menghilangkan noda, mulai dari air susu, muntah, hingga noda buang air. Tak hanya itu, pembersihan noda ini juga dapat menghindarkan kulit dari bakteri yang dapat memicu timbulnya gangguan kulit. Biasanya, noda akan luntur dengan sendirinya setelah direndam setelah 30 menit. Jika Ibu merendam pakaian terlalu lama, bahan pakaian si Kecil berisiko mudah rusak akibat terpapar zat yang terkandung pada detergen..

  1. Cuci terlebih dahulu pakaian dan popok baru

Nah, sebagai salah satu cara merawat kulit bayi dari gangguan maupun iritasi, pastikan Ibu selalu mencuci terlebih dahulu pakaian maupun popok yang baru dibeli ya, Bu. Kotoran seperti debu dan bakteri yang masih menempel di popok bayi, bisa mengakibatkan ruam popok muncul dengan mudah. Untuk mencegahnya, selalu cuci terlebih dahulu popok sebelum dipakaikan ke tubuh si Kecil, ya.

Selain cara mencuci popok kain, pemilihan bahan popok kain juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya ruam popok, Bu. Bahan terbaik yang dapat digunakan untuk pakaian bayi adalah bahan katun, tidak terkecuali popok bayi. Bahan katun memiliki serat yang lembut dan juga lebih terasa adem serta nyaman untuk dikenakan karena dapat menyerap keringat. Ketika dicuci, bahan katun sebaiknya tidak dikucek dan diperas karena mudah rusak.

Risiko kulit terkena ruam popok ataupun iritasi, biasanya cenderung lebih besar apabila bahan yang digunakan bukanlah katun. Nah, jika hal ini sampai terjadi, cara efektif untuk mengatasi ruam popok pada bayi, yakni dengan memberikan pelembap. JOHNSON’S® baby cream bisa menjadi pilihan untuk mengatasi kondisi ini, Bu. Selain kandungannya yang aman untuk kulit si Kecil, JOHNSON’S® baby cream tidak lengket di kulit sehingga bayi akan tetap nyaman selama bergerak. Demikianlah beberapa tips mencuci popok kain yang tepat sebagai cara merawat kulit bayi secara mudah. Semoga bermanfaat, Bu!

Kembali ke Atas