Skip to main content

Title

4 Cara Hindari Gerah Berlebihan Saat Hamil

cara-hindari-gerah-berlebihan-saat-hamil-updated.png

Di samping rentan mengalami pegal karena beban tubuh yang meningkat, Ibu juga berpotensi lebih mudah merasa gerah selama masa kehamilan. Sebab, hasil penelitian mengungkapkan bahwa kehamilan meningkatkan proses metabolisme pada tubuh, sehingga energi panas yang dihasilkan tubuh pun bertambah dan memicu keluarnya lebih banyak keringat. Oleh sebab itu, agar tetap dapat merasa nyaman selama hamil, Ibu perlu mencari tahu cara menjaga kestabilan suhu tubuh, di sela-sela kesibukan menyiapkan bedak bayi dan produk perawatan lainnya untuk si Kecil yang akan hadir nanti. Simak tips selengkapnya berikut yuk, Bu!

  1. Siapkan Kipas Kecil

Menyiapkan kipas kecil yang mudah dibawa dan dipindahkan jadi tips pertama untuk mengatasi kegerahan selama kehamilan, Bu. Sebab, kipas akan membantu Ibu memperlancar sirkulasi udara di sekitar tubuh begitu rasa gerah mulai hadir.

Terkait hal ini, kipas angin mini bertenaga baterai yang mudah digenggam bisa jadi pilihan. Tanpa perlu repot mencari stop kontak, Ibu bisa mengusir gerah dengan mudah, cukup dengan mengisi kipas mini Ibu dengan baterai kecil sesuai petunjuk. Dengan begini, Ibu tak perlu khawatir kegerahan saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan, termasuk saat berbelanja kebutuhan si Kecil seperti sabun, sampo, dan bedak bayi.

  1. Kenakan Baju yang Longgar dan Nyaman

Demi kelancaran sirkulasi udara di sekitar tubuh, Ibu disarankan untuk mengenakan pakaian yang longgar selama kehamilan. Pakaian yang longgar akan membuat kulit Ibu lebih bebas, sehingga proses pengeluaran hawa panas tubuh lewat pori-pori kulit dapat berlangsung lebih baik.

Selain ukuran, jangan lupa perhatikan pula material kain dari pakaian yang hendak Ibu kenakan. Mengingat selama hamil Ibu akan lebih mudah merasa gerah, pastikan baju hamil yang Ibu pakai terbuat dari bahan yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik, seperti katun. Sebagai info tambahan, karena terbuat dari serat tumbuhan, katun memiliki rongga-rongga alami. Dengan demikian, bahan ini memungkinkan sirkulasi udara di sekitar tubuh lebih lancar.

  1. Konsumsi Air Hangat

Menurunkan suhu tubuh saat kegerahan juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi air putih hangat, Bu. Air putih hangat secara otomatis memicu tubuh mengeluarkan keringat lebih cepat, dan saat keringat keluar, hawa panas dari dalam tubuh pun ikut keluar sehingga suhu tubuh lebih cepat turun. Jadi, alih-alih minum air putih dingin, pilihlah air putih hangat saat Ibu mulai merasa gerah, ya.

  1. Gunakan Bedak Tabur

Tak berbeda dengan kulit si Kecil yang perlu dirawat dengan bedak bayi berkualitas seperti bedak bayi JOHNSON’S®, mengingat kegerahan selama hamil membuat kulit sering berkeringat, Ibu disarankan mengaplikasikan bedak tabur ke tubuh Ibu setelah mandi dan sebelum beraktivitas. Bedak tabur terbilang efektif mencegah keringat menumpuk di kulit secara berlebihan sehingga Ibu terhindar dari risiko ruam dan masalah kulit lainnya.

Nah, itulah empat tips sederhana agar Ibu terhindar dari kegerahan yang mengganggu selama kehamilan. Dengan tubuh yang nyaman karena, Ibu pun bisa melakukan berbagai persiapan untuk melahirkan dengan lebih maksimal, termasuk berbelanja bedak bayi dan perlengkapan lainnya untuk si Kecil tanpa kegerahan. Selamat bersiap menyambut si buah hati!

Kembali ke Atas