Skip to main content

Title

4 Produk Perawatan Kulit yang Aman Digunakan Saat Hamil

4-produk-perawatan-kulit-yang-aman-digunakan-saat-hamil.png

Selama menjalani masa kehamilan, Ibu tentu mengalami beragam perubahan pada tubuh termasuk kondisi kulit. Menurut dokter kulit, Sandra Marchese Johnson, dari Johnson Dermatology di Fort Smith, Arkansas, segala sesuatu yang Ibu makan atau aplikasikan pada kulit dapat  memengaruhi tidak hanya tubuh si Ibu, tetapi juga perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, sambil melakukan persiapan untuk melahirkan, Ibu juga perlu memerhatikan produk perawatan kulit yang Ibu gunakan. Agar Ibu dapat tetap merawat kulit tubuh saat hamil, berikut ini adalah beberapa jenis produk kulit yang aman digunakan.

  1. Krim Anti Penuaan

Di dalam sejumlah pelembab anti penuaan, dapat ditemukan zat retinoid yang menurut ahli kulit mampu mengurangi keriput dan memperbaiki warna kulit. Retinoid adalah jenis vitamin A yang dapat membantu mempercepat pembelahan sel (mempercepat pembaharuan kulit) dan mencegah kolagen kulit dari kerusakan. Namun, ada anggapan bahwa kandungan vitamin A pada retinoid tidak dianjurkan oleh Ibu hamil jika digunakan secara berlebihan, karena dapat membahayakan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan produk retinoid oral, seperti isotretinoin (sering ditemukan pada obat jerawat oral), dikhawatirkan dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Oleh sebab itu, pastikan Ibu menggunakan produk perawatan wajah yang tidak berlebihan dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya ya, Bu. Untuk memastikan keamanan krim anti penuaan yang Ibu gunakan, Ibu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ataupun ahli kulit soal kandungan dan cara pemakaian produk tersebut.

  1. Tabir Surya atau Sunscreen

Hanya karena Ibu sedang hamil, bukan berarti Ibu tak boleh menggunakan tabir surya atau sunscreen. Justru, Ibu harus tetap melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari. Tabir surya merupakan salah satu produk yang sudah dianjurkan oleh ahli kulit untuk mencegah gangguan atau penyakit kulit seperti kanker. Itulah sebabnya, Ibu tak boleh lupa untuk menggunakan sunscreen setiap akan bepergian di udara terbuka di siang hari, sebagai salah satu persiapan menjelang persalinan. Oleskan tabir surya setiap dua jam sekali agar manfaatnya tetap maksimal. Selain tabir surya, Ibu juga dapat mengenakan topi, kaca mata hitam serta pakaian serba tertutup untuk mengurangi sengatan matahari terutama di jam 10 hingga 4 sore.

  1. Produk untuk Kulit Berjerawat

Saat hamil, peningkatan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat. Kondisi seperti ini tentunya bisa membuat Ibu merasa terganggu terutama saat Ibu sedang sibuk mempersiapkan kelahiran si Kecil. Jangan khawatir, Ibu bisa menggunakan produk perawatan wajah untuk mengatasi jerawat, namun tetaplah jeli dalam memilih produk tersebut, ya.

Kosmetik yang mengandung tidak lebih dari 2% asam salisilat (ditemukan di beberapa makeup untuk kulit berjerawat), masih terhitung aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Sebaliknya, kandungan asam salisilat yang tinggi, dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti gangguan perkembangan paru-paru pada si Kecil hingga keguguran. Agar tak salah memilih, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter supaya perkembangan janin dalam kandungan tetap aman, dan persiapan untuk melahirkan ang Ibu lakukan tak terganggu.

Nah, itulah beberapa produk perawatan kulit yang boleh Ibu gunakan selama hamil. Namun, tetaplah ingat untuk menggunakannya sesuai petunjuk pemakaian dan anjuran dokter, ya. Salah satu produk perawatan kulit yang bisa digunakan sebagai alternatif dan aman untuk ibu hamil, adalah dengan menggunakan JOHNSON’S® baby oil. Terbuat dari Mineral Oil murni, JOHNSON’S® baby oil bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering yang Ibu alami selama hamil. Hal ini tentunya dapat membantu Ibu mencegah adanya gangguan pada kesehatan Ibu selama melakukan persiapan untuk melahirkan.

 

Kembali ke Atas