Skip to main content

Title

4 Tips Tidur Tetap Nyenyak Tanpa Gatal untuk Ibu Hamil

johnsons-baby-4-tips-tidur-tetap-nyenyak-tanpa-gatal-untuk-ibu-hamil.jpg

Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan sering kali memicu hadirnya rasa gatal di kulit Ibu, terutama di area payudara dan perut. Jika dibiarkan, hal ini tentu mengganggu beragam aktivitas yang Ibu lakukan, termasuk tidur malam. Padahal, Ibu membutuhkan istirahat yang cukup melalui tidur nyenyak di malam hari, supaya tubuh senantiasa fit dan bugar jelang proses persalinan kelak. Oleh sebab itu, seperti halnya masalah bayi susah tidur, gangguan-gangguan tidur di masa kehamilan juga perlu Ibu siasati dengan baik.

Berikut empat tips yang bisa Ibu coba untuk menyiasati rasa gatal di kulit selama masa kehamilan agar tidur Ibu tidak terganggu:

  1. Hindari Mandi Air Hangat

Tahukah, Bu? Meskipun bisa membuat Ibu merasa rileks, mandi air hangat ternyata bisa memicu kulit Ibu menjadi semakin kering lho, terutama bila kulit Ibu termasuk sensitif. Sebab, berbeda dengan air dingin atau air bersuhu normal, air hangat dapat mengikis kelembapan alami kulit. Saat kelembapannya berkurang, kulit Ibu pun akan lebih mudah gatal. Oleh sebab itu, selama hamil, Ibu disarankan mandi dengan air dingin atau air bersuhu normal.

Selain memerhatikan suhu air yang digunakan, Ibu juga disarankan menggunakan sabun kaya pelembap tanpa kandungan pewangi. Tujuannya adalah untuk melembapkan kulit Ibu, dan meminimalisir risiko alergi maupun iritasi. Supaya kelembapan kulit senantiasa terjaga, setelah mandi, balurkan juga kulit Ibu dengan losion lembut bebas pewangi dan ulangi setiap dua hingga tiga jam sekali.

  1. Kompres air dingin

Mengompres kulit dengan air dingin juga bisa Ibu terapkan untuk mengurangi rasa gatal yang mengganggu. Sebab, air dingin dapat memperlambat kinerja saraf penyebab gatal, Bu. Ibu hanya perlu mengalirkan atau mengompres area kulit yang gatal dengan air dingin selama kurang lebih sepuluh menit.

Jika area kulit yang gatal cukup luas, Ibu bisa mencoba berendam di dalam bak berisi air dingin. Setelah itu, seka kulit secara perlahan dengan handuk lembut hingga kering.

  1. Gunakan Pakaian Berbahan Katun

Saat tidur, Ibu disarankan menggunakan pakaian dari serat alami seperti katun, Bu. Sebab,  tekstur katun cenderung lembut dan elastis sehingga mampu menyerap keringat dengan baik, dan membuat kulit Ibu terhindar dari  biang keringat serta bakteri. Dengan begitu, rasa gatal yang muncul di kulit pun berkurang.

Di samping lebih selektif dalam memilih bahan pakaian, Ibu juga perlu memerhatikan ukuran baju yang Ibu kenakan saat tidur. Usahakan ukurannya longgar, sehingga sirkulasi darah di tubuh Ibu tetap lancar, supaya Ibu terhindar dari kram dan kesemutan saat tidur.

  1. Berendam dengan Oatmeal

Tak hanya membantu Ibu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari penyakit yang disebabkan kadar kolesterol tinggi, oatmeal juga bisa membuat kulit Ibu terhindar dari rasa gatal, lho. Oatmeal terbukti dapat menyejukkan kulit karena dapat membantu menormalkan kembali tingkat pH kulit, sehingga rasa gatal berkurang.

Memanfaatkan oatmeal untuk meminimalisir gatal di kulit pun mudah. Pertama-tama, tumbuk atau haluskan 250 gram oatmeal dengan food processor hingga menjadi bubuk. Lalu, tuang ke bak air hangat. Perlahan, oatmeal pun akan larut serta suhu air akan mendingin dan Ibu siap berendam. Setelah berendam selama 15-20 menit, bilas tubuh dengan air bersuhu normal dan tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh.

Bagaimana, Bu? Tips mengatasi kulit gatal pada Ibu hamil di atas cukup mudah bukan? Sekarang, Ibu pun bisa tidur lebih nyenyak tanpa gangguan rasa gatal.

Kembali ke Atas