Skip to main content

Title

5 Ide Bermain Seru Bersama Anak di Dalam Rumah

johnsons-baby-5-ide-bermain-seru-bersama-anak-di-dalam-rumah.png

Melihat si Kecil asyik bermain aktif di luar ruang memang menyenangkan ya, Bu. Namun, cuaca tak menentu di musim penghujan tentunya berpotensi membuat durasi bermain outdoor si Kecil jadi berkurang. Padahal, menurut para psikolog, usia balita disebut the play years, di mana si Kecil membutuhkan waktu bermain setidaknya 5 jam per hari untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya secara fisik maupun psikologis. 

Oleh sebab itu, yuk siasati musim penghujan ini dengan mengajak balita Ibu melakukan berbagai indoor games seru. Berikut lima ide permainan untuk anak yang bisa Ibu pilih:

  1. Tantangan Melengkapi Gambar

Mengajak si Kecil menggambar bersama menjadi permainan pertama yang bisa Ibu coba. Pertama-tama, siapkan buku gambar dan pensil warna. Jika sudah, mulailah menggambar sebuah garis, (bisa berupa garis lurus, melengkuk, melingkar, atau putus-putus). Selanjutnya, tantang si Kecil untuk membuat gambar dengan melengkapi garis yang sudah Ibu buat.

Tak hanya menjadi salah satu cara seru untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas si Kecil, permainan ini juga sekaligus melatih kemampuan motorik halus balita karena ia harus menggunakan jari-jemarinya untuk memegang pensil dengan baik saat menggambar.

  1. Menyusun Balok Warna-warni

Permainan yang satu ini juga bisa jadi pilihan. Ibu hanya perlu menyediakan balok warna-warni (boleh yang terbuat dari kayu maupun styrofoam), kemudian biarkan si Kecil menyusunnya menyerupai sebuah bangunan atau benda-benda lain yang ia kenal.

Meski terlihat sederhana, permainan ini memiliki beragam manfaat, Bu. Di antaranya yaitu mengenalkan konsep bentuk dan warna, merangsang daya imajinasi, serta melatih kesabaran si Kecil.

  1. Memancing di Bak Mandi

Ide sederhana berikutnya yaitu mengajak si Kecil memancing di bak mandi. Tenang, yang dipancing tak harus ikan sungguhan kok, Bu. Ibu bisa memanfaatkan gaya tarik magnet dalam permainan ini. Berikut langkah-langkah yang Ibu perlu Ibu lakukan:

  • Gambarlah pola ikan dalam berbagai ukuran pada kertas karton, kemudian gunting.
  • Tempelkan magnet di setiap pola ikan yang sudah Ibu buat.
  • Siapkan kail untuk memancing. Kail ini bisa Ibu buat dengan mengikatkan benang ke tongkat/ bekas gagang sapu. Lalu, ikatkan juga magnet di bagian ujung benang agar kail mainan ini bisa digunakan untuk memancing ikan-ikan kertas yang sudah Ibu buat sebelumnya.
  • Letakkan ikan-ikan kertas ke dalam bathub kosong dan berikan kail pada si Kecil untuk memancingnya.

Selain seru dan menyenangkan, permainan yang bisa melatih kesabaran ini juga mengakomodir si Kecil belajar hal baru, yaitu konsep gaya tarik magnet.

  1. Tebak Ekspresi

Dibanding yang lainnya, permainan yang satu ini terbilang paling sederhana. Sebab, tanpa perlu alat bantu, Ibu dan si Kecil sudah bisa memainkannya. Caranya pun mudah. Ibu tinggal duduk berhadapan dengan si Kecil dan peragakan beragam ekspresi, seperti bahagia, sedih, marah bingung, dan sebagainya. Tugas si Kecil yaitu untuk menebak, ekspresi apa yang sedang Ibu peragakan.  Tak hanya mengakomodir terjadinya interaksi intens antara Ibu dengan balita kesayangan, permainan ini juga menjadi sarana mudah mengajarkan anak mengekspresikan diri, Bu.

  1. Mencari “Harta Karun”

Permainan terakhir yang juga tak kalah seru yaitu mencari “harta karun” di dalam rumah. Sebelum permainan dimulai, sembunyikan mainan-mainan favorit si Kecil di berbagai titik di dalam rumah. Kemudian, tantang ia untuk menemukan semua mainan yang sudah Ibu sembunyikan. Agar sesi bermain bisa sekaligus menjadi ajang melatih kemampuan mendengar, konsentrasi, dan daya ingat balita, berikan clue di mana saja mainan-mainan itu Ibu sembunyikan. Misalnya, Ibu bisa berkata, “Tyrex Ibu sembunyikan di ruangan yang terdapat banyak buku”.

Nah, itulah bebrapa ide permainan indoor yang bisa dimainkan bersama si Kecil di rumah. Supaya si Kecil bisa bermain dengan nyaman tanpa gangguan keringat, baluri tubuhnya dengan bedak bayi berkualitas sebelum permainan dimulai ya, Bu. Terkait hal ini, JOHNSON’S® blossoms baby powder bisa menjadi pilihan. Dengan wangi bunga segar yang keharumannya tahan lama, bedak bayi dari JOHNSON’S® ini membantu menjaga kulit si Kecil tetap sejuk, segar, dan wangi sepanjang hari.

Yuk, ajak si Kecil mencoba lima permainan di atas, Bu!

Kembali ke Atas