Skip to main content

Title

5 Manfaat Olahraga Rutin untuk Ibu Hamil

johnsons-baby-5-manfaat-olahraga-rutin-untuk-ibu-hamil.png

Saat hamil, olahraga merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu Ibu menjaga kesehatan tubuh. Apalagi jika usia kehamilan Ibu masih terhitung trimester pertama. Olahraga secara rutin bisa membantu Ibu mengurangi morning sickness dan dapat berfungsi sebagai salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan. Manfaatnya pun tidak hanya akan dirasakan oleh Ibu, tapi juga si Kecil dalam kandungan. Berikut informasi selengkapnya.

  1. Meningkatkan Energi Tubuh

Saat hamil, Ibu memang sebaiknya tetap membatasi kegiatan agar tubuh tak terlalu lelah. Akan tetapi, Ibu tetap perlu melakukan olahraga rutin agar tubuh selalu fit dan berenergi. Ini karena, melakukan olahraga secara rutin, mampu memperkuat sistem kardiovaskular, dan menjadikan Ibu tidak mudah lelah. Itu sebabnya, dengan otot yang lebih kuat dan terbentuk, Ibu bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan energi yang meningkat. Tidak perlu berolahraga terlalu berat kok, Bu, cukup lakukan aktivitas ringan seperti berjalan di  sekitar area tempat tinggal , kurang lebih 20 menit selama tiga kali dalam seminggu sebagai bagian dari persiapan menjelang persalinan.

  1. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Selama Hamil

Saat hamil, aktivitas sehari-hari jadi lebih susah dilakukan karena beban tubuh yang bertambah. Berat badan yang meningkat ini, sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti mudah merasa lelah, punggung yang sakit, morning sickness, dan lain sebagainya. Nah, Ibu bisa mengurangi rasa tidak nyaman tersebut dengan berolahraga secara teratur. Otot-otot akan mengalami peregangan dan penyesuaian sehingga menjadikan tubuh lebih kuat serta toleran terhadap rasa sakit yang dialami saat hamil. Olahraga berjalan, misalnya, bisa membantu Ibu untuk meningkatkan sirkulasi darah atau Ibu bisa memilih olahraga berenang untuk memperkuat otot perut (abdomen). Dengan terminimalisirnya rasa tidak nyaman yang muncul, perkembangan janin dalam kandungan pun bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Membantu Memudahkan Persalinan

Jalannya proses persalinan, akan sangat ditentukan oleh kondisi tubuh Ibu. Semakin bagus stamina Ibu, tentu tubuh Ibu akan semakin kuat untuk menjalani persalinan. Itulah salah satu alasan utama, mengapa olahraga secara rutin sangat disarankan sebagai salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ukuran perut yang semakin besar, tentu berpengaruh pada aktivitas sehari-hari ya, salah satunya ketika tidur. Rasanya mata jadi susah terpejam, karena Ibu harus berusaha menemukan posisi yang nyaman, baik untuk Ibu maupun kandungan. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berolahraga, Bu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, olahraga memang akan membuat Ibu merasa lelah, tetapi justru rasa lelah inilah yang akan membuat Ibu bisa tertidur dengan lebih cepat dan nyenyak. Kualitas tidur meningkat dan kesehatan Ibu selama hamil pun akan tetap terjaga menjelang hari kelahiran si Kecil.

  1. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Selain meningkatkan stamina Ibu, olahraga secara rutin juga bisa menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Berdasarkan studi yang dipresentasikan di Society for Neuroscience, San Diego, bayi berusia sepuluh hari memiliki tingkat kematangan otak yang lebih baik apabila ibunya rajin berolahraga selama masa kehamilan dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini tentunya akan berdampak pada kemampuan pendengaran, penglihatan, serta motorik si Kecil di masa pertumbuhannya kelak agar semakin maksimal.

Yuk, Bu, cobalah untuk mulai berolahraga secara rutin, sebagai bentuk persiapan untuk melahirkan. Ibu bisa berjalan-jalan, berenang, atau mengikuti kelas yoga di rumah sakit atau berbagai sanggar yang kini banyak tersedia. Namun, sebelum memulai, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dulu ke dokter kandungan agar Ibu dapat berolahraga secara aman,. Semangat berolahraga, Bu!

Kembali ke Atas