Skip to main content

Title

5 Manfaat Rutin Menggunakan Aromaterapi bagi Ibu Hamil

johnsons-baby-5-manfaat-rutin-menggunakan-aromaterapi-bagi-ibu-hamil.png

Aromaterapi memang dipercaya dapat membantu Ibu merasa relaks karena memiliki wangi yang menenangkan. Dengan tubuh dan pikiran yang relaks, tentu akan sangat membantu Ibu dalam persiapan untuk melahirkan nanti. Selain itu, menggunakan aromaterapi juga bisa memberikan manfaat lain. Yuk, simak informasinya berikut ini.

  1. Membantu Meningkatkan Mood

Kehamilan umumnya menyebabkan perubahan hormon pada ibu hamil sehingga suasana hati pun mudah berubah dan cenderung emosional. Nah, aromaterapi yang wangi dan menenangkan, mampu membantu menjaga mood Ibu sehari-hari. Perkembangan janin dalam kandungan juga tentunya akan terjaga karena tekanan dan stres yang diminimalisir.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Bu, aromaterapi ternyata juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah, lho. Tetapi, Ibu tidak bisa memilih jenisnya secara sembarangan. Pilihlah minyak esensial yang terbuat dari minyak jahe, kayu putih, dan lada hitam. Setelah diencerkan, Ibu  bisa mengoleskan minyak tersebut pada betis dan memijatnya secara lembut. Tidak hanya melancarkan sirkulasi darah, racikan tersebut juga mampu mengatasi nyeri, mengurangi ketegangan, dan kejang otot. Dengan begitu, Ibu bisa melakukan persiapan untuk melahirkan secara lebih tenang dan leluasa.

  1. Membantu Proses Persalinan

Siapa sangka bahwa ternyata aromaterapi mampu membantu ibu hamil dalam memudahkan proses persalinan. Ibu bisa menyiapkan minyak esensial yang mengandung bunga melati, lavender, geranium, neroli, atau ylang-ylang untuk ditempatkan dalam semangkuk air panas. Racikan minyak esensial tersebut, dipercaya mampu memberikan ketenangan, menurunkan tekanan darah, membantu melancarkan pernapasan, dan mempertahankan kekuatan rahim saat Ibu melahirkan.

  1. Mengurangi Risiko Stretchmark

Stretchmark menjadi salah satu dari sekian banyak hal yang kerap terjadi selama masa kehamilan. Meskipun termasuk wajar, efek tersebut dapat mengganggu penampilan yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Tenang saja, Ibu bisa mengurangi munculnya stretchmark dengan menggunakan aromaterapi berupa minyak esensial yang diracik dari jeruk dan wortel. Langsung saja oleskan di bagian perut atau area tubuh lain yang biasanya memiliki stretchmark. Tapi, Ibu harus memastikan bahwa minyak esensial yang digunakan benar-benar aman agar tidak mengganggu persiapan menjelang persalinan, ya.

  1. Pewangi Alami di Dalam Ruangan

Daripada menggunakan produk pewangi ruangan yang biasa dijual di berbagai toko atau supermarket, mengapa tidak menggantinya dengan aromaterapi saja, Bu? Aromanya tidak kalah wangi, kok. Bahkan, karena dibuat dengan bahan-bahan alami, aromaterapi cenderung lebih aman dan sehat. Caranya, Ibu bisa meletakkan minyak esensial di kamar tidur atau ruangan lain yang biasa Ibu gunakan untuk berelaksasi. Aroma yang terhirup oleh hidung, dapat membuat Ibu merasa tenang, meningkatkan kualitas tidur, menjauhkan diri dari rasa khawatir berlebih, hingga menurunkan tekanan darah. Empat hal ini tentunya menjadi faktor penting dalam mempersiapkan persalinan agar kesehatan Ibu tak terganggu.

Tak hanya Ibu saja yang bisa mendapatkan manfaat dari menghirup wewangian aromaterapi. Setelah si Kecil lahir, Ibu juga bisa memberikan efek serupa padanya dengan menggunakan JOHNSON’S® Baby Cologne Heaven. Selain aman untuk bayi, JOHNSON’S® baby cologne heaven memiliki wangi yang lembut, sehingga dapat memberikan rasa tenang dan nyaman pada si Kecil.

Nah, meskipun memberi manfaat baik bagi persiapan untuk melahirkan, Ibu tetap harus berhati-hati dalam menggunakan aromaterapi, ya. Sebaiknya, hindari dulu penggunaannya selama trimester pertama kehamilan, karena kondisi janin yang masih lemah. Ketika memasuki trimester kedua, berkonsultasilah pada dokter untuk mengetahui apakah Ibu dan janin dalam kandungan memiliki kondisi yang memungkinkan untuk memakai aromaterapi.

Kembali ke Atas