Skip to main content

Title

6 Tips Aman Ajak Anak ke Tempat Wisata Air

6-tips-aman-ajak-anak-ke-tempat-wisata-air.png

Lucu ya, Bu, melihat si Kecil asyik bermain di tempat wisata air. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang untuk melatih dirinya supaya berani dan terbiasa bermain di air.

Selain menyiapkan perlengkapan seperti handuk dan bedak bayi untuk digunakan selepas mandi, Ibu juga perlu memerhatikan beberapa hal supaya ia tetap aman saat bermain di tempat wisata air. Apa saja? Simak infonya, yuk!

  1. Perhatikan Peraturan

Setiap tempat wisata air biasanya memiliki peraturan yang berbeda-beda. Untuk itu, bacalah setiap peraturan yang ada dengan saksama. Pasalnya, mungkin saja tidak semua wahana diperuntukkan bagi anak seusia si Kecil. Pastikan area tempat ia bermain memang sesuai dengan usianya. Selain itu, pertimbangkan juga kemampuan si Kecil untuk bermain di area tersebut. Jika wahana tertentu dirasa masih terlalu sulit untuknya meskipun sudah sesuai usianya saat ini, sebaiknya ajak ia ke wahana lain yang lebih mudah dan diperuntukkan anak yang berusia lebih muda.

  1. Jangan Lupa Pemanasan

Pemanasan penting untuk dilakukan sebelum melakukan berbagai kegiatan fisik, termasuk bermain di air. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kram pada otot si Kecil. Teknik pemanasan bisa Ibu ambil dari cara memijat bayi yang benar, yaitu dengan meregangkan kaki si Kecil terlebih dahulu, lalu mulai memijatnya dari bagian paha hingga ke bawah.

  1. Selalu Gunakan Pelampung

Di usianya sekarang, si Kecil umumnya belum terbiasa berada di dalam air. Untuk keamanan, sebaiknya Ibu memilih kolam yang tidak terlalu dalam sebagai tempat bermain si Kecil. Selain itu, pelampung menjadi barang wajib yang harus dikenakan oleh si Kecil. Pilih pelampung yang nyaman dan pas dengan ukuran tubuhnya ya, Bu, sehingga ia bisa bebas untuk bergerak.

  1. Siapkan Bekal Makanan dan Minuman

Selain peralatan mandi seperti sabun, shampoo, dan bedak bayi, Ibu juga perlu membawa bekal makanan  dan minuman untuk si Kecil. Hal ini penting karena bermain di dalam air merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Jadi, jangan lupa membawa makanan dan minuman bergizi untuk mengembalikan energi si Kecil selama bermain. Menu sederhana seperti sandwich gandum isi telur dadar atau salad buah dengan saus keju bisa jadi pilihan, karena mudah dibuat namun tetap kaya akan nutrisi.

  1. Gunakan Sunscreen

Kulit si Kecil yang masih sangat sensitif tentu rentan jika terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Untuk itu, balurkan sunscreen atau tabir surya pada tubuh si Kecil 30 menit sebelum bermain air. Namun, jangan sembarangan menggunakan sunscreen ya, Bu. Sama halnya dengan memilih bedak bayi yang aman, Ibu juga harus memastikan bahwa sunscreen yang digunakan memang diperuntukkan bagi anak seusia si Kecil.  

  1. Perawatan Kulit Setelah Bermain Air

Paparan sinar UV dan kandungan kaporit dalam air kolam tentu berisiko membuat kulit si Kecil kering. Oleh karena itu, perhatikan perawatan kulit si Kecil setelah ia bermain air ya, Bu. Gunakan rangkaian perawatan kulit bayi yang lengkap setelah mandi untuk menjaga kulitnya tetap lembut. Salah satunya adalah dengan menaburkan bedak bayi JOHNSON’S®. Ibu bisa memilih bedak bayi JOHNSON’S® blossoms baby powder dengan keharuman wangi bunga tahan lama untuk menjadikan kulit si Kecil  terasa lembut, sejuk, dan wangi sepanjang hari.

Nah, itulah enam tips yang bisa Ibu lakukan untuk menjaga si Kecil tetap aman saat bermain di tempat wisata air. Selamat bermain air bersama si Kecil!

Kembali ke Atas