Skip to main content

Title

8 Perlengkapan yang Perlu Dibawa Jelang Melahirkan

johnsons-baby-8-perlengkapan-yang-pelru-dibawa-jelang-melahirkan.png

Menunggu kehadiran si Kecil tentu menjadi momen yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Sembari menunggu hari persalinan, Ibu pun perlu menyiapkan berbagai perlengkapan yang akan dibawa nanti. Selain perlengkapan bayi, Ibu juga perlu membawa barang-barang milik Ibu sebagai persiapan untuk melahirkan. Apa sajakah itu? Nah, berikut ini adalah delapan keperluan Ibu yang perlu dibawa ke rumah sakit:

1. Data pribadi

Persiapan untuk melahirkan pertama yang perlu Ibu siapkan adalah map berisi data pribadi. Ya, penting bagi Ibu untuk membawa data pribadi, seperti KTP/SIM dan Kartu Keluarga. Pasalnya, kelengkapan data pribadi Ibu diperlukan untuk mengurus administrasi rumah sakit. Tak hanya itu, Ibu juga dapat membawa kartu asuransi jika ada. Apalagi berbagai produk asuransi di Indonesia memberikan fasilitas yang dapat menanggung seluruh proses sebelum dan sesudah kelahiran, hingga risiko keguguran.

2. Telepon genggam

Siapa yang tidak bahagia dengan kehadiran si Kecil? Pastikan Ibu menyimpan nomor telepon keluarga, saudara, dan kerabat terdekat untuk memberitahu berita baik ini. Ibu juga dapat menggunakan telepon genggam untuk mengabadikan momen bersama si Kecil lewat foto atau video ketika si Kecil sudah lahir dan berada di pelukan Ibu.

3. Perlengkapan mandi & perawatan tubuh

Pada umumnya, hampir setiap rumah sakit menyediakan perlengkapan mandi seperti sabun dan shampoo. Namun, ada saja rumah sakit yang tidak menyediakan peralatan mandi lengkap. Selain itu, Ibu juga belum tentu cocok dengan perlengkapan mandi yang disediakan oleh rumah sakit, terutama jika Ibu memiliki kulit yang sensitif. Ya, itulah kenapa Ibu sebaiknya membawa sendiri perlengkapan mandi lainnya seperti pasta gigi, sikat gigi. Tidak ada salahnya juga Ibu membawa produk perawatan tubuh dan alat makeup sederhana, seperti body lotion, pelembap muka, bedak atau lipbalm. Berada di rumah sakit, bukan berarti Ibu tidak merawat diri. Paling tidak, Ibu bisa terlihat segar ketika ada kerabat atau teman berkunjung menjenguk Ibu dan si Kecil nanti.  

4. Pakaian dan sandal

Pakaian tidur, sandal, dan kaos kaki bisa menjadi pilihan yang paling nyaman untuk Ibu bawa dan kenakan. Meskipun rumah sakit menyediakan baju tidur, Ibu juga bisa membawa sendiri pakaian yang lebih nyaman ketika harus menginap beberapa hari di rumah sakit. Sebaiknya bawa pakaian dengan bukaan depan untuk mempermudah proses menyusui kala si Kecil sudah lahir nanti.

5. Bra menyusui

Usai melahirkan, Ibu tentu harus bersiap untuk mulai memberikan ASI untuk si Kecil. Oleh sebab itu, siapkan bra khusus ibu menyusui yang nyaman digunakan dan memudahkan Ibu saat menyusui si Kecil. Disarankan untuk memilih bra dengan tambahan bantal khusus untuk mencegah keluarnya ASI yang terlalu banyak.

6. Makanan ringan

Makanan ringan kaya energi seperti biskuit dan buah-buahan favorit Ibu dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi sebagai camilan. Namun, Ibu tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk mengetahui apakah ada makanan tertentu yang menjadi pantangan menjelang dan setelah proses persalinan. Kondisi ini umumnya terjadi apabila Ibu memiliki riwayat alergi. Jika Ibu memilih untuk melakukan operasi caesar, biasanya dokter akan menyarankan Ibu untuk mengonsumsi makanan kaya serat, misalnya alpukat dan kacang-kacangan agar terhindar dari  sembelit.

7. Benda-benda favorit Ibu

Apa Ibu memiliki benda favorit seperti MP4 player, foto, boneka, atau bantal? Nah, benda-benda tersebut boleh dibawa untuk kenyamanan Ibu saat harus menginap di rumah sakit. Keberadaan benda-benda favorit Ibu dapat memberikan energi positif dan ketenangan, serta membantu mengurangi stres sebelum melahirkan.

8. Buku catatan

Mungkin Ibu berpikir, untuk apa membawa buku catatan saat akan melahirkan. Ternyata, buku catatan ini akan berguna usai Ibu melahirkan. Ya, buku tersebut dapat digunakan untuk mencatat hal penting yang disampaikan dokter mengenai perawatan bayi yang baru lahir. Ibu pun dapat meminta Ayah atau kerabat terdekat untuk membantu Ibu mencatat. Catatan ini dapat menjadi pegangan Ibu untuk memonitor perawatan si Kecil, seperti saat Ibu mencatat perkembangan janin dalam kandungan.

Itulah berbagai perlengkapan yang perlu dibawa sebagai persiapan untuk melahirkan. Selain perlengkapan untuk Ibu, bawa juga perlengkapan bayi berkualitas seperti JOHNSON’S® baby starter kit yang berisi serangkaian kebutuhan bayi yang baru lahir, seperti bedak bayi, top-to-toe baby wash, baby oil, baby lotion, hingga baby cologne. Serangkaian produk tersebut tentunya teruji klinis dan aman untuk kulit si Kecil yang baru lahir.

Semoga proses persalinan nanti berjalan dengan lancar, Bu!

Kembali ke Atas