Skip to main content

Title

Aktivitas Seru untuk Mendorong Minat Baca Anak

aktivitas-seru-untuk-mendorong-minat-baca-anak.png

Apakah saat ini si Kecil telah aktif berbicara? Jika iya, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mulai mengajarkan si Kecil membaca. Melalui kegiatan membaca sejak sini, si Kecil dapat belajar mengenal huruf dan menambah kosakata. Layaknya cara merawat kulit bayi yang menjadi tanggung jawab seorang Ibu, mengajarkan si Kecil membaca juga penting untuk diperhatikan untuk mendukung perkembangannya. Apa saja aktivitas seru yang dapat Ibu lakukan untuk merangsang kemampuan membaca si Kecil? Simak informasi berikut ya, Bu!

  • Membaca sambil bernyanyi

Biasanya, anak akan merasa senang ketika diajak bernyanyi. Tak hanya bisa merasa terhibur, si Kecil juga dapat belajar mengingat berbagai hal sambil menyanyikan lagu. Oleh karena itu, bernyanyi bisa menjadi cara yang tepat untuk mengajarkan si Kecil membaca, misalnya dengan mengenalkan abjad melalui nyanyian. Yuk, kenalkan si Kecil dengan huruf-huruf alfabet melalui lagu A sampai Z dengan ejaan yang benar, sambil menunjukkan huruf yang diucapkan. Dengan demikian, si Kecil akan lebih mudah mengingat huruf dan cara membacanya.

Ibu juga dapat mengiringi aktivitas bernyanyi dengan tarian agar sesi belajarnya makin seru. Yang perlu diperhatikan, aktivitas ini mungkin bisa membuat badan si Kecil mudah berkeringat, sehingga berpotensi mengundang bakteri menempel pada tubuh dan mengakibatkan bau badan ketika selesai bermain. Untuk mengatasinya, sebaiknya mandikan si Kecil begitu sesi bermainnya selesai. Gunakan juga JOHNSON’S® baby cologne summer swing setelah si Kecil mandi agar ia tetap wangi segar sepanjang hari meskipun aktif bergerak. Supaya aman, sebaiknya gunakan baby cologne hanya pada pakaian si Kecil dan bukan pada kulitnya ya, Bu.

  • Bermainan karpet huruf

Ibu mungkin pernah melihat karpet huruf dengan beragam model dan warna yang banyak dijual di pasaran. Meski fungsi utamanya adalah sebagai alas bermain untuk anak, karpet huruf ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat belajar membaca untuk si Kecil, lho. Biasanya, karpet huruf terdiri dari kumpulan  potongan kecil karpet bertuliskan huruf dan gambar benda yang diawali dengan huruf tersebut. Gambar dan warna  karpet tersebut biasanya cukup menarik, sehingga lebih mudah mengundang perhatian dan minat si Kecil untuk belajar membaca.

Aturlah karpet huruf sesuai urutan abjad, dan ajak si Kecil bermain tebak huruf. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan membantu si Kecil mengingat huruf dengan lebih mudah. Nah, tugas si Kecil adalah mengambil huruf dengan kata yang Ibu sebutkan. Misalnya, Ibu menyebutkan kata “Lebah” maka si Kecil harus mengambil potongan karpet dengan huruf “L.” Agar si Kecil bisa terus aktif bermain, Ibu bisa merawat kulit si Kecil dengan produk yang aman, serta dapat membantu mencegah kulit kering ataupun iritasi.

Jika sering digunakan, karpet huruf tentu akan menjadi kotor dan mungkin dihinggapi oleh bakteri jahat yang menjadi penyebab utama berbagai macam penyakit. Untuk membantu melindungi si Kecil, gunakan JOHNSON’S® Active Fresh™ baby bath ketika mandi sebelum atau setelah bermain ya, Bu. Diformulasikan khusus untuk kulit si Kecil, JOHNSON’S® Active Fresh™ baby bath mampu membantu melindunginya dari bakteri-bakteri jahat sepanjang hari. Ini merupakan salah satu bentuk perawatan kulit bayi yang baik dan efektif untuk si Kecil, Bu.

Itulah dua cara seru dan mudah yang dapat Ibu lakukan untuk mulai mengajarkan si Kecil membaca. Dimulai dari mengenali huruf, nantinya Ibu bisa mulai mengajarkannya mengeja kata-kata mudah seperti “Ibu” atau “aku.” Hindari memaksakan si Kecil untuk belajar, bila ia terlihat sedang tidak siap menerima pelajaran ya, Bu, misalnya sedang lapar atau bosan. Selain menjaga kesehatan kulit si Kecil dengan cara merawat kulit bayi yang tepat, Ibu juga bisa memaksimalkan sesi belajarnya dengan menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan selama belajar membaca, agar suasana hatinya tetap terjaga dengan baik.

Satu hal paling penting, Ibu harus sabar saat mengajarkan si Kecil membaca. Mengingat ini merupakan sebuah proses belajar, si Kecil bisa jadi mengalami kesulitan dalam menemukan kata yang tepat sehingga sering melakukan kesalahan, dan ini cukup wajar. Sebaliknya, dampingi dan tuntun terus si Kecil agar proses belajarnya tetap maksimal ya, Bu. Jadi, tak hanya memahami cara merawat kulit bayi yang baik, Ibu kini juga mengetahui tips mengajak si Kecil belajar dengan cara menyenangkan, agar tumbuh kembangnya lebih optimal.

Kembali ke Atas