Skip to main content

Title

Anak Takut Potong Rambut? Begini Cara Mengatasinya

johnsons-baby-anak-takut-potong-rambut-begini-cara-mengatasinya.png

Sebagian orang tua yang merasa bahwa mengajak si Kecil untuk potong rambut merupakan tantangan tersendiri. Ya, rasa takut anak ketika berhadapan dengan gunting rambut adalah alasan utama di balik tantangan yang satu ini. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Nah, beberapa tips di bawah ini bisa membantu agar si Kecil lebih tenang saat potong rambut. Simak selengkapnya, yuk!

Tenangkan si Kecil

Perasaan takut si Kecil ketika diajak potong rambut biasanya didasari oleh alasan-alasan tertentu. Salah satu alasan tersebut bisa jadi karena ia tidak mengenal orang yang akan memotong rambutnya. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan cara memotongnya sendiri di rumah. Namun bila Ibu atau Ayah tidak memiliki keahlian memotong rambut, cobalah untuk berangkat ke salon atau pangkas rambut khusus anak. Penata rambut yang ahli tentu memiliki pengalaman untuk menenangkan anak yang gugup saat potong rambut.

Berikan Hadiah dan Pujian

Mengatasi ketakutan si Kecil saat potong rambut juga bisa dilakukan dengan cara memberikan hadiah tertentu. Buatlah perjanjian dengannya, bila ia mau potong rambut, Ibu akan memberikan hadiah khusus untuknya. Hadiah tersebut bisa saja berupa permen atau mainan yang ia sukai. Ketika ia sudah mau dan tidak takut untuk potong rambut, jangan lupa berikan pujian untuknya ya, Bu.

Pilih Tempat Potong Rambut Anak Terbaik

Tak banyak orang yang mampu memotong rambut anak sendiri. Sebagai solusinya, Ibu dapat memilih lokasi potong rambut anak terbaik. Ciri-ciri tempat potong rambut yang baik untuk anak salah satunya adalah penata rambut yang mengerti bagaimana memperlakukan si Kecil dengan baik. Artinya, penata rambut tersebut haruslah sabar dan pengertian dengan kegugupan yang dialami oleh anak-anak. Akan lebih baik lagi bila lokasi potong rambut tersebut memiliki mainan yang dapat dimainkan si Kecil setelah potong rambut.

Bawa Mainan Kesukaan si Kecil

Tidak semua tempat potong rambut memiliki mainan khusus untuk anak-anak. Nah, Ibu dapat mengatasinya dengan membawa mainan kesukaan si Kecil. Biarkan perhatiannya teralihkan dengan mainan yang ia sukai saat rambutnya dipotong. Usahakan untuk membawa mainan yang hanya butuh gerakan kecil ketika dimainkan. Hal ini untuk mencegah salah potong karena si Kecil yang terlalu sering bergerak.

Siasati si Kecil

Yuk, "siasati” si Kecil sebelum potong rambut! Tips ini bisa digunakan bila si Kecil benar-benar menolak untuk diajak potong rambut. Misalnya, ketika si Kecil tidak ingin pergi potong rambut. Kemudian, katakan bahwa Ibu ingin mengajaknya ke taman bermain yang ia sukai, padahal yang sebenarnya Ibu mengajaknya ke tempat potong rambut. Sesampainya di sana, si Kecil mau tidak mau harus ikut masuk dan potong rambut. Inilah kesempatan Ibu untuk membuat sebuah perjanjian dengan si Kecil apabila ia mau dipotong rambutnya. Tenangkan si Kecil dan hibur ia selalu selama potong rambut berlangsung ya, Bu.

Membiasakan si Kecil supaya tidak takut potong rambut sejak dini merupakan salah satu cara mendidik balita. Satu lagi, pilihlah produk perawatan dan penata rambut yang memang diperuntukkan bagi anak seusia si Kecil seperti JOHNSON'S® SHINY DROPS™ Kids Shampoo & Conditioner. Selain diformulasikan dengan bahan alami yaitu Argan Oil, shampo dan conditioner ini juga diperkaya Silk Protein sehingga dapat membuat rambut si Kecil sehat dan berkilau.

Kembali ke Atas