Skip to main content
bayi-19-bulan-sudah-punya-rasa-humor-header-image.jpg

 

Berkompromilah dengan si Kecil di usia 19 bulan karena meski ia mengerti apa yang dikatakan orang kepadanya, namun bukan berarti ia akan selalu patuh. Selain sesekali melawan, ia mungkin juga sudah memiliki rasa humor.

Bunda mungkin akan sedikit bekerja keras untuk membujuk si kecil untuk makan. Di masa ini, si Kecil ingin menegaskan kepada orang tua dan orang-orang yang ada di sekitarnya bahwa ia bisa mandiri. Itulah kenapa kompromi dibutuhkan karena membuatnya mengerti membutuhkan seni tersendiri.

Kemampuan merespon sesuatu semakin meningkat dibuktikan dengan menertawakan sesuatu yang dianggapnya salah. Tingkah konyol yang ditunjukkan oleh orang-orang di sekitarnya juga akan disukainya. Beberapa tindakan konyol yang mungkin membuatnya terpingkal-pingkal adalah membuat wajah lucu atau menaruh celana di kepala.

1. Tumbuh Kembang si Kecil di Usia 19 Bulan

  • Selain fisiknya yang semakin besar, masa-masa ini juga akan membuat Bunda takjub karena kemampuan belajar dan keterampilannya. Selain itu, fase ini juga akan membuat orang tua semakin mengetahui seperti apa kepribadiannya. Si Kecil akan mulai terdeteksi apakah termasuk pemberani atau hati-hati dalam bertindak.
  • Banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya. Salah satunya dengan memperbanyak waktu mengobrol. Jangan sungkan berbincang dengan si Kecil meski sedang melakukan aktivitas di rumah. Ingatlah bahwa meski ia sudah pandai berceloteh dan bercerita, kemampuannya akan semakin bertambah dari apa yang dia dengar, lihat, dan rasakan.

2. Penolak Makanan yang Gigih

  • Sebagaimana disebutkan di awal bahwa si Kecil usia 19 bulan kemungkinan akan menjadi penolak makan yang gigih. Hanya saja, cobalah mengevaluasi apakah makanan yang diberikan untuknya sudah bervariasi atau belum? Kadang, pemberontakan terjadi karena ia bosan dengan makanan yang itu-itu saja.
  • Kesabaran menjadi kunci menghadapi si Kecil di usianya yang sekarang. Memberikan makanan baru hingga berulang-ulang mungkin akan meluluhkan hatinya. Makin sering ditawarkan menu baru, makin besar peluang ia akan menikmati makanan pilihan Bunda tersebut.

3. Beri Pijatan Lembut Saat Si Kecil Konstipasi

  • Serunya bermain membuat anak-anak enggan pergi ke kamar mandi meski sudah waktunya buang air besar. Inilah yang kemudian dapat membuatnya mengalami konstipasi. Salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengatasi gejala ini, terutama jika belum parah, adalah dengan memijatnya. Pijatan pada tubuh si Kecil dianggap mampu mengatasi sembelit.
  • Untuk memijat si Kecil, Bunda bisa menggunakan baby oil. Lihatlah kemasan produk dengan seksama apakah mampu membuat kulitnya tetap lembut atau tidak. Selain itu, usahakan produk ini terbuat dari minyak mineral yang murni.

Baby oil yang demikian selain berguna untuk memijat lembut si Kecil di usia 19 bulan, juga terbukti mampu membuat kulitnya lebih lembut dan melindungi dari kekeringan. 

 

Source :

https://www.livestrong.com/article/490007-how-to-massage-a-childs-stomach-for-constipation/

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-19-to-21-months-curiosity-and-independence/

https://www.babycentre.co.uk/a5176/your-19-month-olds-development

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/19-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5176/your-19-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas