Skip to main content
bayi-usia-10-bulan-sang-penjelajah-kecil-header-image.jpg

Bayi usia 10 bulan pantas membuat kagum karena kecepatan tumbuh dan kembangnya. Aneka perubahan besar yang dapat dilakukannya, membuat si Kecil amat berbeda terutama jika dilihat dari kemampuan komunikasi dan skill motoriknya.

Di fase ini, si Kecil akan mengembangkan kemampuan berkomunikasi berdasarkan pengalamannya mengobrol. Ucapan si Kecil yang membuat orang tua tertarik akan memperbesar minatnya untuk terus mengucapkan kata tersebut. Di usia ini, dia mulai mempelajari cara berdiri.

Si Kecil mungkin akan merasakan takut pada hal-hal yang sebelumnya tidak mengganggu dirinya. Orang tua sebaiknya menenangkan si Kecil ketika kondisi ini muncul. Ini adalah hal yang normal di masa tumbuh kembang si Kecil.

1. Lihat Kemampuan si Kecil di Usia 10 Bulan

  • Duh senangnya Bunda yang akan melihat si Kecil sebentar lagi bisa berjalan. Kemampuan koordinasi bayi juga semakin meningkat dibuktikan dengan makin mudahnya ia menggenggam benda berukuran kecil. Karena itu, jauhkan benda-benda berukuran kecil karena dikhawatirkan termakan atau membuat bayi tersedak.
  • Koordinasi si Kecil yang semakin baik juga tercermin dari kemampuannya menggunakan kedua tangan dengan fungsi berbeda. Jika tangan kanan memegang mainan, maka tangan kirinya menggenggam sofa sebagai penyeimbang.
  • Kemampuan komunikasinya di usia 10 bulan umumnya berdasarkan kemampuan meniru orang dewasa. Beberapa kata sederhana mungkin sudah dimengerti dengan baik oleh si Kecil. Jangan heran ketika Bunda mengatakan “tepuk tangan”, maka ia akan melakukan hal tersebut. Beberapa benda juga sudah ia kenali, seperti kucing, mobil, atau namanya sendiri.

2. Seperti Apa Pola Makan si Kecil di Usia 10 Bulan?

  • Beberapa gangguan nafsu makan mungkin akan muncul di usia 10 bulan. Hal paling umum yang jadi penyebabnya adalah tumbuh gigi. Normalnya, si Kecil akan tetap mengonsumsi makanan terutama karena ia lapar. Hanya saja, orang tua wajib mewaspadai tanda-tanda hadirnya penyakit seperti demam dan rewel. Jangan sampai telat membawanya ke dokter jika ia sama sekali tidak mau makan atau minum.
  • Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang direkomendasikan. Hanya saja, Bunda disarankan untuk menghaluskan atau memotongnya kecil-kecil. Beberapa makanan yang disarankan adalah alpukat, pisang, kentang, ubi, wortel, dan kacang hijau.

3. Si Kecil Butuh Pijat? Pastikan Gunakan Produk yang Tepat

  • Sebagai penjelajah yang baik, si Kecil mungkin akan merasa tidak nyaman pada bagian tubuhnya akibat kelelahan atau benturan saat bergerak ke seluruh ruangan. Jika perlu, pijatlah si Kecil agar ia lebih nyaman.
  • Hanya saja, jangan menggunakan produk sembarangan ketika memijatnya. Anda dapat menggunakan minyak bayi yang terbuat dari minyak mineral murni.

Kandungan yang baik akan membuat proses memijat si Kecil usia 10 bulan juga berfungsi untuk membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit si Kecil dari kekeringan.

 

Source :

https://www.thebump.com/baby-month-by-month/10-month-old-baby

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-10-month-old#1

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-chart
https://www.thebump.com/baby-month-by-month/10-month-old-baby

https://www.babycentre.co.uk/a714/your-10-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas