Skip to main content
bayi-usia-11-bulan-si-kecil-makin-mandiri-header-image.jpg

Si Kecil di usia 11 bulan membuat Bunda semakin sulit mengimbangi kelincahannya. Daya jelajahnya makin luas karena hampir seluruh rumah dengan mudah dirambah oleh si Kecil. Demi mencegahnya dari bahaya, orang tua harus meningkatkan kewaspadaan.

Meski masih harus diperhatikan dan didukung orang tua, kemandirian dan percaya diri si Kecil sudah makin baik. Hal ini bisa dilihat dari caranya belajar berdiri, membungkuk, dan jongkok. Dia mungkin sudah mampu berjalan dengan menggandeng tangan Bunda sebagai tumpuan.

Si Kecil juga akan semakin mahir terutama dalam memegang cangkir dan memakainya untuk minum. Ingat, Si kecil mungkin sudah bisa menggunakannya tanpa bantuan Bunda. Luar biasa bukan?

1. Kemampuan Motorik Si Kecil Usia 11 Bulan

  • Kemampuan motoriknya makin baik terutama kemampuan koordinasi tangan dan mata. Pada fase ini, Si Kecil mungkin mampu mengatur mainan berdasarkan ukuran atau warna. Selain itu, ia mungkin sudah bisa menyatukan mainan seperti balok susun.
  • Si Kecil juga mungkin sudah mampu mendaki furnitur seperti sofa atau kursi. Untuk menghindari bahaya, sebaiknya Bunda melakukan tindakan pencegahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memindahkan atau menyusun ulang posisi kursi.
  • Komunikasi si Kecil usia 11 bulan mungkin mengandalkan emosi untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Si Kecil juga mungkin sudah dapat mengungkapkan kata penolakan jika ia tidak mau menuruti perintah Bunda.
  • Si Kecil juga mungkin sudah bisa merespon kata-kata Bunda. Hanya saja, apa yang diungkapkan si Kecil mungkin akan susah dipahami. Sebagian tanggapan dari ucapan Bunda mungkin saja diekspresikannya dengan menunjuk benda tertentu.

2. Pola Makan Si Kecil Usia 11 Bulan

  • Selain sudah mampu menggunakan tangan dan jarinya untuk meraih makanan, ia juga akan tertarik menggunakan sendok. Bunda bisa melatih kemampuan si Kecil agar memakai sendok lebih baik dengan memberinya biji-bijian, buah, sayuran, keju, yogurt, daging sapi, ayam, ikan, atau tahu.
  • Karena seharian terus menjelajahi berbagai sudut rumah, ada baiknya si Kecil diberi cemilan pada pagi dan siang hari. Buah dan sereal kering adalah pilihan makanan ringan yang baik untuk mencukupi kebutuhan energinya. Bunda, si Kecil mungkin masih akan terus membutuhkan air susu ibu antara 470 ml hingga 590 ml setiap hari.

3. Produk Apa yang Tepat untuk Si Kecil Usia 11 Bulan?

  • Salah satu momen untuk menjalin kebersamaan makin erat adalah saat memandikan si Kecil. Mandikan bayi dengan air hangat berikan ia sentuhan yang menenangkan. Untuk mendapatkan sentuhan menenangkan, pijatlah si Kecil dengan sabun bayi yang tepat.
  • Lakukan pijatan lembut pada seluruh tubuhnya. Bunda bisa usapkan sabun bayi dengan pelan hingga berbusa, lalu bilas hingga bersih dengan air.

Gunakan sabun untuk si Kecil usia 11 bulan yang mampu melindungi kulit bayi dari iritasi namun tetap melembapkan kulit sekaligus memberikan keharuman wangi bunga.

 

Source :

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old#1

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old#1

https://www.parents.com/baby/development/11-month-old-baby-development/

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-gain

https://www.babycentre.co.uk/a715/your-11-month-olds-development

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-11-month-old#1

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas