Skip to main content
bayi-usia-12-bulan-jaga-pola-makan-header-image.jpg

Selamat, kini si Kecili berusia 12 bulan kesayangan Bunda sudah ulang tahun! Sekarang ia mungkin sudah bisa berjalan. Jikapun belum, jangan terlampau khawatir karena ia akan segera bisa menguasai keterampilan tersebut.

Mobilitas si Kecil mungkin akan semakin menguras keringat. Selain itu, komunikasi antara si Kecil dan orang tua bisa berjalan dua arah. Pada tahap ini, si Kecil kesayangan Bunda mungkin sudah bisa menunjuk anggota badan saat ditanyakan.

Fase ini juga menjadi tahapan penting bagi orang tua untuk mulai mengajari bagaimana caranya bersikap, seperti mengucapkan terima kasih atau minta tolong. Sebab, si Kecil sudah mampu memahami apa yang dikatakan oleh Bunda. Di usia 12 bulan, si Kecil juga sudah bisa dibujuk untuk membantu merapikan mainannya secara mandiri.

1. Setahun Si Kecil, Seperti Ini Tumbuh Kembangnya

  • Di ulang tahun pertamanya, berat badan si Kecil kemungkinan sudah 3 kali lipat dari berat badan saat dia dilahirkan. Berat badan si Kecil di angka rata-ratanya adalah 9,5 kg untuk perempuan. Sementara untuk si Kecil berjenis kelamin laki-laki, berat badan rata-ratanya adalah 10,3 kg.
  • Kemampuan motoriknya di usia ini tentu saja sudah meningkat tajam daripada bulan-bulan sebelumnya. Selain berjalan, ia juga sudah punya kemampuan menggunakan barang dengan tepat. Si kecil sudah bisa menggunakan alat makan dan membolak-balik buku secara mandiri.
  • Beberapa kata sederhana mungkin akan meluncur dari mulutnya yang mungil. Kata “mama” dan “tidak” mungkin akan terdengar lebih sering. Kata-kata tersebut umumnya muncul sebagai respon dari proses meniru orang di sekitarnya. Jadi, Bunda jangan ragu mengajaknya berbincang ya.
  • Kemampuan komunikasi terhadap lingkungan sekitar juga semakin meningkat pada si Kecil usia 12 bulan. Kata-kata sederhana yang dia ucapkan biasanya dipakai untuk menarik perhatian. Si Kecil pun mungkin akan mulai merayu Bunda dengan sedikit memberontak ketika dilarang melakukan sesuatu. Sebaiknya Bunda mewaspadai rayuan maut darinya untuk menjaga dia tetap disiplin.

2. Jaga Pola Makan si Kecil di Usia 12 Bulan

  • Salah hal penting yang wajib diwaspadai orang tua adalah kemungkinan si Kecil kekurangan zat besi. Jika ini terjadi, si Kecil berpotensi mengalami gangguan perkembangan fisik, mental, dan perilakunya. Selain itu, kurangnya zat besi bisa membuatnya mengalami anemia.
  • Jangan lupa berikan makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, daging unggas, ikan, dan kacang-kacangan. Usahakan si Kecil terus diberi sereal yang diperkaya zat besi hingga ia berusia 24 bulan.

3. Bantu Tumbuh Kembangnya Lewat Tidur Nyenyak

  • Istirahat yang berkualitas menjadi penting agar tumbuh kembang bayi berjalan optimal. Untuk itu, Ayah dan Bunda jangan ragu memberikan produk berkualitas, misalnya bedak bayi, untuk menghadirkan tidur berkualitas bagi si Kecil.
  • Selain menunjang tumbuh kembang bayi usia 12 bulan, pastikan produk tersebut terbuat dari bahan alami. Bahan alami ini akan memberikan wangi lembut yang menenangkan si Kecil sekaligus menjaga kelembutan kulitnya.

 

Source :

https://kidshealth.org/en/parents/feed12yr.html

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-year-old#1

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-chart

https://www.babycentre.co.uk/a716/your-12-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas