Skip to main content
bayi-usia-16-bulan-si-pemilih-makanan-header-image.jpg

Bagi si Kecil dengan usia 16 bulan, menyanyi mungkin akan menjadi kegemarannya. Ia akan senang mendengarkan nyanyian yang keluar dari mulut Bunda. Yang menyenangkan, si Kecil juga akan mencoba ikut bernyanyi bersama.

Seiring perkembangannya yang kadang membuat orang tua terkejut, demikian juga dengan sisi emosionalnya. Jangan kaget jika si Kecil mudah tersinggung dan kadang tantrum. Meski terkadang tantrum menguras kesabaran orang tua, tetaplah untuk selalu tenang.

Si Kecil tentu saja belum memiliki kemampuan mengelola emosi layaknya Bunda. Ketika ia marah, usahakan jangan memberikan respon negatif, seperti kata-kata bernada keras atau cubitan. Justru sebaliknya, pelukan dan kenyamanan yang diberikan saat ia marah akan lebih bermanfaat meredakan situasi.

1. Lompatan Perkembangan Si Kecil di Usia 16 Bulan

  • Di usia 16 bulan, si Kecil makin senang menjelajahi lingkungan yang lebih luas. Taman bisa menjadi lokasi yang membuatnya makin menikmati petualangan. Hanya saja, Bunda sebaiknya tetap berjaga beberapa jarak darinya karena mungkin si Kecil sering jatuh. Si Kecil umumnya terjatuh bukan berarti kemampuan motoriknya tidak berkembang dengan baik.
  • Si Kecil juga akan senang jika Bunda bergabung bermain dengannya. Karena ia senang menyanyi, maka memadukan nyanyian dengan permainan akan meningkatkan kemampuannya. Semakin banyak permainan dilakukan, makin banyak pelajaran yang diserapnya.
  • Si Kecil sudah mampu memahami sebagian besar ucapan Bunda loh. Kemampuan bahasa si Kecil umumnya mengandalkan pengulangan yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Makin banyak dan sering kosakata diucapkan orang-orang di sekitarnya, makin bagus kemampuan berbahasa si Kecil.

2. Siasati Pola Makan Si Kecil yang Makin Pemilih

  • Di usia 16 bulan ini, si Kecil sudah bisa dikenalkan makanan yang beraneka ragam. Hanya saja, ia mungkin akan lebih pemilih dibanding sebelumnya. Untuk menyiasatinya, Bunda jangan bosan tetap mengenalkan si Kecil pada makanan baru. Hal ini penting agar si Kecil tetap memiliki pola makan dengan gizi seimbang.
  • Bayi kesayangan Bunda sebaiknya diberi asupan protein, karbohidrat, susu, buah, dan sayur setiap hari. Ini penting sebab kebutuhannya saat ini adalah berkisar antara 1000 hingga 1300 kalori. Jangan kaget jika ia melewatkan makan atau makan hanya sedikit. Bunda tetap harus menyiasati hal ini dengan memberikan camilan bergizi sepanjang hari demi menjaga diet seimbang si Kecil.

3. Si Kecil Suka Bermain Kotor-kotoran

  • Kubangan air dan tanah becek mungkin akan menjadi pusat perhatian bagi si Kecil. Jadi jangan heran jika apa yang ia kenakan akan cepat kotor. Bunda jangan frustasi jika ia sering harus berganti pakaian karena kesukaannya bermain di tempat kotor.
  • Untuk melindungi kulit si Kecil usia 16 bulan dari kegemarannya bermain di area yang kotor, Bunda sebaiknya menggunakan sabun bayi yang mampu membersihkan dengan lembut sekaligus menjaga kulitnya dari iritasi. Sabun bayi yang digunakan juga sebaiknya mampu melembapkan kulit si Kecil sekaligus memberikan wangi bunga.

 

Source :

https://www.livestrong.com/article/541812-what-should-a-16-month-old-eat/

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-16-to-18-months-babys-language-development/

https://www.babycentre.co.uk/a5173/your-16-month-olds-development

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/16-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5173/your-16-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas