Skip to main content
bayi-usia-17-bulan-si-posesif-pemilik-header-image.jpg

Si Kecil di usia 17 bulan umumnya sudah bisa membedakan mainan berdasarkan bentuk dan warna. Untuk beberapa mainan yang disukainya, harap maklum jika dia enggan berbagi dengan siapapun.

Si Kecil juga sudah mengenali perbedaan maupun persamaan antara sekelompok mainan atau objek lainnya. Konsentrasi yang tinggi mungkin diperlukan olehnya ketika melakukan hal ini. Sebab itulah ia enggan diganggu dan enggan berbagi dengan objek yang sedang dimainkannya tersebut.

Memasuki usia jelang 1,5 tahun ini, si Kecil juga akan sangat menghibur karena ia mulai mengucapkan banyak kata dengan cara yang lucu. Meski ia berucap ala yang menggemaskan, orang tua sebaiknya tetap mengucapkannya dengan benar sehingga si Kecil mampu melafalkan kata dengan tepat.

1. Tumbuh Kembang si Kecil di Usia 17 Bulan

  • Pada tahap ini, si Kecil lumayan mahir berjalan menaiki tangga. Ia juga kemungkinan sudah mampu minum dari cangkir dengan baik. Adapun kemampuan mengingat orang dan tempat menjadi tanda perkembangan signifikan dari kemampuan kognitifnya.
  • Untuk memperbanyak kosa kata si Kecil usia 17 bulan, orang tua harus rajin memberikan kata-kata baru sembari menunjuk atau memperagakannya. Misalnya saja, saat melihat mobil Bunda mengatakannya sambil menunjuk objek tersebut. Ingat, ucapkan semua kata dengan normal jangan dibuat-buat. Ini penting agar si Kecil di kemudian hari mampu melafalkannya dengan benar.

2. Perhatikan Asupan Makanan si Kecil

  • Orang tua harus mulai mengawasi apakah makanan tertentu membuat si Kecil tidak nyaman. Makanan tertentu mungkin saja menimbulkan reaksi berupa gatal, bengkak, hidung meler, bersin, dan mata berair. Jika hal ini terjadi, itu tandanya si Kecil memiliki alergi. Bunda sebaiknya mengawasi dengan seksama makanan apa yang menjadi penyebab alergi (alergen).
  • Adapun makanan penyebab alergi paling umum adalah susu, telur, gandum, kacang, ikan, kerang, dan kedelai. Jika sudah menemukan makanan apa yang dicurigai, sebaiknya si Kecil dihindarkan dari makanan tersebut. Guna mengatasi kondisi ini agar tidak menjadi lebih parah, Bunda jangan ragu berkonsultasi dengan dokter.

3. Perkuat Sistem Imun Si Kecil

  • Saat ini si Kecil akan lebih banyak bersentuhan dengan banyak objek seperti mainan, orang-orang sekitar, atau benda-benda di lokasi bermain. Meski sistem kekebalan tubuhnya dirancang untuk mengatasi berbagai bakteri dan virus, Si Kecil sebaiknya juga memperkuat sistem imun bayi. Selain memberi makanan bergizi dan istirahat cukup, bisa juga dengan mengoptimalkan produk perawatan bayi.
  • Si Kecil usia 17 bulan sudah bisa diajarkan untuk mencuci tangan sehabis memegang mainan kotor. Selain itu, orang tua juga bisa memastikan bahwa penggantian popok dilakukan dengan baik. Sebelum mengganti popok bayi, usahakan selalu memberikan krim pelembap yang juga dapat melindungi kulit si Kecil dari kekeringan dan iritasi.

 

Source :

 https://www.babycenter.com/0_your-17-month-olds-language-and-cognitive-development-all-ta_1213788.bc

https://www.parents.com/baby/development/17-month-old-child-development/

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-16-to-18-months-babys-language-development/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/17-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5174/your-17-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas