Skip to main content
bayi-usia-18-bulan-si-kecil-penuh_energi-header-image.jpg

Di usia 18 Bulan, si Kecil sudah makin pandai berjalan tanpa bantuan siapapun. Hanya saja, saat menaiki tangga kemungkinan ia tetap butuh bantuan. Si Kecil masih akan suka mendorong mainan besar saat berjalan.

Beberapa perlengkapan furnitur seperti taplak meja dan bantal sofa akan menjadi area bermain favoritnya. si Kecil juga akan menikmati saat mendengar suara musik dengan cara menggoyangkan badannya. Di fase ini, si Kecil akan senang bernyanyi bersama dengan anak-anak yang dikenalnya.

Di usianya yang sekarang, si Kecil akan mengetahui dengan baik nama mainan favoritnya. Ia juga mungkin sudah mampu mengenali nama benda atau pekerjaan seperti yang digambarkan dalam buku. Kemampuan lainnya yang bisa ia lakukan adalah mencontoh kegiatan Bunda, seperti memasak misalnya.

1. Pertumbuhan Fisik dan Motorik si Kecil Usia 18 Bulan

  • Saat ini, si Kecil menjadi sosok yang amat bersemangat dan penuh tenaga. Energi yang ada dalam tubuhnya ia gunakan untuk mengoptimalkan keterampilan fisiknya.
  • Kemampuan motorik si Kecil saat berusia 18 bulan selain sudah mampu berjalan, juga ditandai dengan munculnya keahlian baru berupa melempar bola. Ia juga kemungkinan sudah dapat menanggalkan pakaian sendiri dan mencoret-coret kertas memakai krayon.
  • Komunikasi si Kecil juga semakin maju ditandai dengan kemampuannya membentuk kalimat sederhana, seperti “Gendong!”. Jumlah kata yang dikuasainya pun meningkat hingga menjadi sekitar 20 kata sederhana. Dengan kemampuannya tersebut, ia semakin mudah memberi tahu Bunda tentang keinginannya.

2. Mudah Kenyang, Mudah Lapar

  • Si Kecil umumnya lebih cepat kenyang ketika mengonsumsi makanan berat. Namun, Bunda sebaiknya tetap memberikan ia makanan ringan sepanjang hari. Hal ini disarankan karena dengan cara tersebut kebutuhan si Kecil akan nutrisi tetap bisa terpenuhi.
  • Meski Bunda bisa menyediakan aneka makanan ringan untuk bayi, berikanlah makanan ringan yang kaya protein dan karbohidrat. Selain itu, tumbuh kembang si Kecil akan makin optimal jika Bunda melengkapi asupan camilan si Kecil dari bahan yang amat bermanfaat bagi tubuh, seperti buah dan sayur yang diiris menjadi potongan kecil sehingga dengan mudah bisa diambil si Kecil.

3. Lindungi Kulit Si Kecil

  • Bunda, membawa bayi keluar rumah untuk mendapatkan sinar matahari adalah tindakan bagus. Namun, pilihlah waktu yang tepat agar aktivitas ini tidak merugikan bayi. Agar terhindar dari radiasi sinar matahari, sebaiknya Bunda tidak membawa si Kecil keluar rumah di antara pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore.
  • Untuk melindungi kulit si Kecil di usia 18 bulan, tak ada salahnya jika Bunda memberikan lotion padanya. Pilihlah baby lotion yang mengandung bahan alami lidah buaya dan vitamin E. Kandungan bahan tersebut mampu melembapkan kulit si Kecil yang sudah dibuktikan secara klinis.

 

Source :

https://www.parents.com/baby/development/18-month-old-child-development/

https://www.babycentre.co.uk/a5175/your-18-month-olds-development

https://kidshealth.org/en/parents/development-18mos.html

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/18-month-old

https://kidshealth.org/en/parents/development-18mos.html

https://www.babycentre.co.uk/a5175/your-18-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas