Skip to main content
bayi-usia-22-bulan-buat-waktu-makan-menyenangkan-header-image.jpg

Saat si Kecil berusia 22 bulan umumnya sudah bisa melempar bola kecil dengan baik. Tak seperti sebelumnya, saat melempar ia tetap bisa tegap berdiri tidak hilang keseimbangan. Bunda yang sabar ya, karena untuk bola berukuran besar si Kecil mungkin masih belum bisa menendangnya.

Bunda juga akan makin kagum dengan ide-ide si Kecil terutama ketika dia bertekad meraih apa yang diinginkannya. Jangan heran jika ia melakukan rangkaian permainan guna meraih tujuan tertentu. Jika ia berhasil, maka raut muka senang akan muncul. Namun jika gagal, jangan heran jika ia frustrasi.

1. Intelektualnya Semakin Bertambah

  • Intelektual si Kecil semakin baik terbukti dari makin pahamnya ia akan kata-kata benda yang diucapkan Bunda. Kemampuan motoriknya juga semakin bertambah karena di usia ini sudah bisa membungkuk atau jongkok. Lebih hebatnya lagi, ia sudah mampu memahami aturan yang diberikan oleh orang tua.
  • Untuk meningkatkan kemampuan bahasanya, keterampilan mendengar si Kecil perlu Bunda perhatikan dengan seksama. Bunda bisa melatih keterampilan ini dengan membacakan buku anak-anak. Satu lagi sarana yang mudah untuk menambahkan kemampuan berbahasa buah hati Bunda, bernyanyi. Lirik lagu yang dinyanyikan akan lebih mudah dihafalkan si Kecil.

2. Bunda, Buatlah Waktu Makan Si Kecil Semakin Menyenangkan

  • Agar nafsu makan si Kecil membaik, Bunda bisa menyiasatinya dengan mengadakan makan bersama. Undanglah teman-teman buah hati Bunda untuk makan bersama. Sebagaimana kita tahu bahwa anak kecil cenderung senang meniru temannya. Harapannya, jika si Kecil yang memiliki nafsu makan bagus akan menularkannya kepada yang lainnya.
  • Jika mengundang teman-teman si Kecil sulit dilakukan, Bunda bisa memancing nafsu makannya melalui kegiatan makan bersama keluarga. Selain membuat waktu makan lebih menyenangkan, makan bersama juga akan meningkatkan ikatan sosial si Kecil.
  • Saat ini, kebutuhan kalsium si Kecil rata-rata setiap harinya adalah 700 mg. Untuk itu, Bunda sebaiknya memberikan aneka makanan dengan kandungan kalsium. Jika belum mencukupi, memberi si Kecil susu murni juga direkomendasikan.

3. Kenalkan Si Kecil Usia 22 Bulan pada Keajaiban Alam

  • Sesekali, ajaklah si Kecil keluar di pagi atau malam hari. Tunjukkan padanya keajaiban alam berupa terbitnya matahari, bersinarnya bulan, dan kelap-kelip bintang. Hal ini akan membuat mereka makin tertarik dan mengembangkan intelektualnya. Bunda juga bisa mulai mengajarkan si Kecil tentang rasa seperti air dingin, hangat, dan panas.
  • Untuk menjaga si Kecil yang sering berkegiatan aktif, Bunda sebaiknya memandikan si Kecil menggunakan sabun yang khusus untuk bayi aktif. Sabun jenis ini berguna untuk mengurangi kulit kering, menetralkan bau asam, dan membuat bayi wangi segar lebih lama.

Dengan kemampuan sabun khusus di atas, Bunda akan jadi lebih tenang mengajak bayi usia 22 bulan menjelajahi imajinasinya.

 

Source :

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/22-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5179/your-22-month-olds-development

https://www.babycenter.com/0_your-22-month-olds-language-and-cognitive-development-listen_1273356.bc

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-22-to-24-months-improved-language-motor/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/22-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5179/your-22-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas