Skip to main content
bayi-usia-23-bulan-mulai-pandai-berdandan-header-image.jpg

Si Kecil di usia 23 bulan kemungkinan sudah pandai memakai dan melepaskan beberapa pakaiannya secara mandiri. Biarkan dia berekspresimen dengan aneka berbagai macam pakaian yang dimilikinya. Bunda tak perlu ragu untuk mengeluarkan koleksi pakaian lamanya.

Beberapa pakain yang mudah digunakan oleh si Kecil di usia ini adalah kaos dan baju tidur. Bunda jangan terlalu khawatir jika kesukaan bayi akan baju membuatnya lama didandani. Nikmati saja proses ini dan teruslah memberi arahan kepada bayi agar ia menurut kepada Bunda.

Saat ini Bunda mungkin masih belum habis pikir jika mengenang memori setahun yang lalu. Si Kecil kini sudah pandai secara motorik dan verbal padahal setahun lalu ia masih mungil nan lucu dengan kemampuan terbatas.

1. Tumbuh kembang Si Kecil di Usia 23 Bulan

  • Untuk kemampuan motorik si Kecil, beberapa lompatan besar juga bisa dirasakan Bunda. Ia kini sudah mampu mengendarai sepeda roda tiga kesayangannya. Selain itu, si Kecil juga sudah bisa melemparkan bola serta mampu mengikuti peritah yang berurutan. Misalnya saja, si Kecil bisa dimintai tolong untuk mengambil sendok dan memberikannya kepada Bunda.
  • Kumpulan kosa kata yang dimilikinya juga sudah makin banyak. Setidaknya ia sudah mampu memahami sekaligus melafalkan dengan baik 20 kata. Kemampuannya berkomunikasi dengan baik membuat si Kecil kini makin mahir mengekspresikan perasaannya kepada Bunda. Kini, si Kecil sudah dengan mudah memberi tahu Bunda ketika ia sedang haus atau lapar.

2. Makan, Salah Satu Cara Ia Berdiplomasi dengan Bunda

  • Saat ini, si Kecil akan sangat senang jika ia dipuji karena memiliki nafsu makan yang baik. Pada waktu tertentu, ia mungkin akan sengaja susah makan. Itu semua dilakukan agar perhatian Bunda kembali terpusat padanya.
  • Menghadapi hal ini Bunda sebaiknya berhati-hati dan jangan terlalu keras padanya. Usahakan jangan memaksa agar si Kecil menghabiskan semua makanan yang Bunda sajikan. Hal itu justru bisa membuatnya merasa cemas dan takut akan makanan. Membuat ia menghabiskan makanan bisa jadi justru merugikan karena tubuh terlalu banyak mengasup makanan. Si Kecil di usia 23 bulan pun bisa saja menjadi cemas dan takut akan makanan.
  • Lebih baik Bunda memberinya kebebasan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Di usia ini, ia sedang nyaman melakukan banyak hal untuk dirinya sendiri. Cangkir, sendok, dan peralatan makan adalah benda-benda favorit ketika si Kecil sedang makan.

3. Si Kecil di Usia 23 Bulan Perlu Tampil Fresh Sepanjang Hari

  • Langkah positif yang bisa Bunda lakukan untuk si Kecil berusia 23 bulan adalah menjaga handuk si Kecil agar jangan tercampur dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan saat mencuci, Bunda sebaiknya memisahkan mana pakaian si Kecil dan mana pakaian anggota keluarga yang lain.
  • Agar si Kecil tetap segar dan wangi, tak ada salahnya Bunda memberinya baby powder yang bisa menyejukkan kulit dan menjaga kelembapan kulit si Kecil sepanjang hari. 

Saat memakaikan produk tersebut, taruh baby powder ke telapak tangan Bunda terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada si Kecil usia 23 bulan.

 

Source :

https://www.babycentre.co.uk/a5180/your-23-month-olds-development

https://www.babycenter.com/0_your-23-month-olds-language-and-cognitive-development-an-exp_1273368.bc

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-22-to-24-months-improved-language-motor/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/23-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5180/your-23-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas