Skip to main content
bayi-usia-24-bulan-si-kecil-menjadi-penanya-ulung-header-image.jpg

Selamat ulang tahun yang kedua untuk si Kecil usia 24 bulan kesayangan Bunda. Bagaimanapun, mencapai usia tahun kedua merupakan momen luar biasa baik bagi si Kecil maupun seluruh anggota keluarga lainnya.

Di usianya sekarang ini, mungkin ia akan senang berbagi ruang bermain dengan teman atau saudaranya. Hanya saja, mereka mungkin takkan melakukan permainan yang memerlukan kerja sama. Si Kecil akan lebih senang bermain sendiri-sendiri meski berdampingan dengan teman sebayanya.

Pengalaman di dunia nyata membuatnya mudah menangkap konsep yang ada di dalam buku cerita bergambar. Ia akan dengan mudah menunjukkan binatang atau benda-benda yang sering ia temui. Saat ini, konsep yang lebih abstrak seperti “bagus” atau “tinggi” masih belum bisa dimengerti si Kecil.

1. Dua Tahun Usianya Kini, Seperti Apa Fisik dan Motoriknya?

  • Di usianya yang kedua ini, berat badan perempuan, rata-rata 12 kg dengan tinggi badan 85 cm.  Untuk laki-laki, rata-rata berat tubuhnya 12,4 kg dengan rata-rata tinggi badan 86,6 cm.
  • Si Kecil di usia 24 bulan sudah pandai membuka buku halaman demi halaman. Saat berkomunikasi, ia akan menanyakan banyak hal agar obrolan tetap berjalan. Ingatannya juga akan makin baik sehingga ia bisa mengantisipasi akibat dari tindakan yang ia lakukan. Jika ia pernah menumpahkan makanan, maka memorinya yang kuat akan membuat si Kecil berusaha terhindar dari kesalahan yang sama.
  • Usia 2 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan si Kecil waktu BAB dan pipis. Melatih si Kecil ke toilet tentu tidak mudah. Karenanya jangan terlalu khawatir jika si Kecil masih belum menunjukkan kemauan untuk berlatih.

2. Seperti Ini Nafsu Makan Si Kecil Usia 24 Bulan

  • Di ulang tahunnya yang kedua ini, si Kecil sebaiknya makan 3 kali sehari ditambah 1 atau 2 kali makanan ringan. Waktu makan semakin membahagiakan karena si Kecil sudah bisa diajak berkumpul untuk makan bersama-sama.
  • Bunda jangan terpaku pada ukuran dan jumlah makanan yang dibutuhkan si Kecil. Jangan sampai waktu makan bersama keluarga jadi ajang memarahi si Kecil karena nafsu makannya turun drastis. Bunda sebaiknya tetap konsisten memberi makanan dengan ukuran kecil-kecil sehingga mudah digenggam.
  • Beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain susu dan produk turunannya seperti yogurt dan keju. Selain itu, si Kecil juga bisa diberikan sereal yang terbuat dari gandum dan telah diperkaya zat besi. Bunda juga bisa melengkapi menu si Kecil dengan buah, sayur, sumber protein, dan madu.

3. Jaga Kebersihan Si Kecil Saat Dilatih Penggunaan Toilet

  • Saat mengajarkan penggunaan toilet, usahakan si Kecil tetap terjaga kebersihannya. Bunda sebaiknya memastikan ia selalu mencuci tangan sesudah menggunakan toilet. Agar tangan bersih optimal, tak ada salahnya memakai sabun yang mampu menutrisi kulit dengan baik.
  • Salah satu sabun yang memiliki kriteria tersebut adalah yang terbuat dari campuran susu dan nutrien beras. Selain membersihkan tangan si Kecil, produk ini akan memberikan nutrisi lengkap untuk kulit sehat berseri yang berasal dari beras. Sabun juga akan membuat kulit si Kecil usia 24 bulan menjadi halus, lembut, dan kenyal berkat kandungan susu, vitamin A, dan vitamin E.

 

Source:

https://www.babycenter.com/0_age-by-age-guide-to-feeding-your-toddler_1736045.bc

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/toddler/nutrition/Pages/Sample-One-Day-Menu-for-a-Two-Year-Old.aspx

https://www.babycentre.co.uk/a5181/your-24-month-olds-development

https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/growth/your-baby-from-22-to-24-months-improved-language-motor/

https://www.thebump.com/toddler-month-by-month/24-month-old

https://www.babycentre.co.uk/a5181/your-24-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas