Skip to main content
bayi-usia-3-bulan-bunda-header-image.jpg

Saat si kecil berusia 3 bulan tumbuh makin besar dan mata si Kecil sudah mulai bisa mengikuti objek yang menarik perhatiannya. Buah hati Ayah dan Bunda juga sudah bisa meraih benda yang diinginkannya. Keren kan?

Pada usia 3 bulan, mungkin banyak rekan dan saudara yang menganjurkan bahwa sudah waktunya memberi makanan lebih padat untuk si Kecil. Pemberian makanan padat disebut bisa membuatnya kenyang lebih lama sehingga tidurnya lebih nyenyak. Namun, jangan tergoda iming-iming tersebut.

Para ahli justru menyarankan pemberian makanan padat sebaiknya mulai dilakukan saat si Kecil berusia antara 4 bulan hingga 6 bulan. Di usia ini si Kecil lebih disarankan hanya mengonsumsi air susu bunda atau susu formula.

Tumbuh Kembang Si Kecil saat Berusia 3 Bulan

Perkembangan kemampuan motorik si Kecil usia 3 bulan juga mengalami perubahan yang signifikan. Lehernya juga semakin kuat menahan kepalanya saat tengkurap.

Kita juga akan makin takjub dengan kemampuannya menkoordinasikan tangan dan mata. Si Kecil akan makin mahir dalam menggenggam atau memainkan mainan. Jangan heran jika di bulan ketiga ini ia memasukkan mainan ke mulut.

Komunikasi si Kecil juga tidak lagi hanya mengandalkan tangisan. Jadi Bunda sekarang akan mulai jarang mendengarnya menangis, karena normalnya ia hanya melakukannya tidak lebih dari 1 jam per hari. Si kecil akan mendengarkan suara dan melihat ekspresi pembicara. Pengenalan suara dan ekspresi juga bagus agar si Kecil makin kenal dengan orang-orang terdekatnya.

Pola Makan dan Tidur Saat Si Kecil Usia 3 Bulan Semakin Ramah

Si kecil usia 3 bulan umumnya akan lebih banyak makan daripada sebelumnya. Ini juga menguntungkan Ayah dan Bunda loh, sebab ia bisa tidur lebih lama. Jangan kaget jika si kecil sekali tidur bisa selama 6 atau 7 jam. Di siang hari, si kecil mungkin akan tidur selama 1,5 jam hingga 2 jam setiap hari.

Jumlah air susu bunda atau susu formula yang dibutuhkan oleh si Kecil sekali menyusu berkisar antara 170 ml sampai 200 ml. Hanya saja, sebaiknya orang tua mengikuti saran ahli untuk membatasi asupannya berkisar 900 ml untuk setiap 24 jam.

Perawatan Tubuh yang Sebaiknya Dilakukan

Karena si Kecil mungkin sering terjaga di malam hari, penting untuk menjaga agar ia tetap lelap. Bunda bisa mengaplikasikan lotion guna membuatnya makin nyaman menyongsong tidur. Jangan lupa untuk memilih produk yang diperkaya senyawa alami dengan kandungan wewangian yang menenangkan namun tetap mampu menjaga kelembapan kulitnya.

Mengingat si kecil yang berusia 3 bulan sering memasukkan apa yang ia genggam ke dalam mulutnya, orang tua juga sebaiknya waspada akan hal ini. Jangan ragu untuk membaca label mainan agar yang dipilih adalah mainan yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Source :

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months#1

https://www.babycenter.com/0_your-childs-size-and-growth-timeline_10357633.bc

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months#1

https://www.babycenter.com/0_sample-baby-schedules-for-3-and-4-month-olds_3657230.bc

https://www.johnsonsbaby.co.id/produk-bayi/baby-lotion/johnsons-bedtime-baby-lotion#tinjauan-produk

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas