Skip to main content
bayi-usia-8-bulan-jangan-batasi-header-image.jpg

Di usia 8 bulan, si Kecil mungkin akan sering terjatuh dan mengalami memar atau goresan karena benturan di sana sini. Inilah waktu yang tepat bagi Bunda untuk menjauhkan benda-benda berbahaya dari tempatnya bermain.

Jangan heran jika si Kecil mungkin sudah memiliki rasa malu terhadap kehadiran orang yang baru dikenal. Bunda juga harus sabar jika ia menangis saat akan ditinggalkan. Namun, ia akan terus membiasakan diri dengan kondisi tersebut. Pada akhirnya si Kecil akan tahu bahwa kepergian Bunda hanya sementara.

1. Kondisi Fisik dan Kemampuan Motorik

  • Selain makin mahir merangkak, di usianya yang 8 bulan si Kecil mungkin sudah mampu berdiri dengan berpegangan pada kursi atau sofa. Karena kemampuan barunya ini akan membuat ia makin aktif bergerak, sebaiknya jauhkan kabel listrik, lampu, dan perabotan rumah lainnya dari jangkauan bayi kesayangan Bunda.
  • Meski pada umumnya si Kecil sudah bisa merangkak, jangan terlalu panik jika dia belum bisa melakukannya. Mungkin si Kecil akan memiliki kemampuan tersebut beberapa waktu lagi. Selain itu, ada juga yang tidak mampu merangkak dan langsung belajar berjalan setelah mahir berguling.
  • Selain kemampuan motorik si Kecil yang semakin baik, cara berkomunikasinya pun semakin mengagumkan. Dia sudah bisa berekspresi suka atau tidak suka terhadap barang atau makanan yang ditawarkan. Si Kecil juga mungkin sudah bisa memahami beberapa kata yang diungkapkan Bunda, seperti kata “dadah”, “halo”, dan “selamat tinggal”.

2. Hindarkan si Kecil dari Madu dan Susu Sapi di usianya yang 8 bulan

  • Di bulan sebelumnya si Kecil sudah diberi aneka makanan bukan? Jika makanan yang diberikan tidak menimbulkan reaksi yang merugikan, seperti reaksi alergi, maka makanan tersebut boleh dilanjutkan.
  • Meski Bunda ingin memberi makanan yang dianggap punya banyak manfaat untuk si Kecil, sebaiknya menghindari memberi madu dan susu sapi. Madu dianggap belum tepat diberikan pada bayi hingga ia berusia setahun karena berpotensi menyebabkan botulisme. Susu sapi juga tidak disarankan diberikan kepada si Kecil sebelum berusia 12 bulan karena dikhawatirkan berpotensi terjadi intoleransi terhadap susu sapi dan terjadi diare.

3. Perawatan Tubuh yang Sebaiknya Dilakukan

  • Makin aktif bergerak dan menjelajahi seluruh ruangan tentu rentan membuat kulitnya mengalami masalah. Jika ia memiliki potensi memiliki kulit kering dan sensitif, Bunda jangan ragu melindungi si Kecil dari masalah tersebut.
  • Aplikasikan produk ini di seluruh bagian tubuh si Kecil usia 8 bulan, terutama pada lengan dan kaki. Aplikasikan Sensitive Touch Lotion maksimal 3 menit setelah mandi untuk mendapatkan hasil optimal dan membantu melindungi si Kecil dari kulit kering.

 

Source :

https://kidshealth.org/en/parents/feed812m.html

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-8-month-old#1

https://www.healthline.com/health/parenting/average-baby-weight#weight-gain

https://www.babycentre.co.uk/a725/your-eight-month-olds-development

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas