Skip to main content
bunda-perhatikan-3-hal-pada-bayi-header-image.jpg

Selamat ya Bun, akhirnya si Kecil hadir dengan sehat dan selamat menemani hari-hari Indah Bunda. Ekspresikan kegembiraan tersebut dengan memperhatikan perkembangan dan kebutuhan sang buah hati.

Saat ini, perkembangan si Kecil masih berpusat pada bagaimana beradaptasi dengan dunia baru yang masih asing baginya. Tahap ini juga menjadi masa penyesuaian bagi kedua orang tua dan seluruh anggota keluarga.

  1. Meski Baru Hadir, Ia Sudah Mengagumkan
  • Bunda tidak perlu khawatir jika beberapa hari setelah lahir berat badan si Kecil mengalami penurunan. Hal ini karena si Kecil memerlukan energi tambahan untuk pertumbuhannya namun berat badannya akan kembali normal setelah berusia 2 minggu.
  • Meski perkembangan sistem sarafnya masih belum sempurna, saat si kecil berusia 1 bulan punya beberapa kondisi bawaan yang mengagumkan. Si Kecil mungkin akan memiliki refleks bawaan untuk menghisap puting payudara Bunda saat lapar dan wajahnya didekatkan dengan payudara.
  • Bunda jangan heran ya jika si kecil juga memiliki kemampuan menggenggam jemari seseorang yang diletakkan di telapak tangannya.  Bahkan, si Kecil mungkin sudah memiliki naluri hendak berjalan ketika kakinya ditempelkan ke permukaan lantai. Tentu saja kemampuan tersebut belum waktunya dimiliki, makanya Bunda harus menopang badannya jika melakukan hal itu.
  • Komunikasi si kecil masih mengandalkan tangisan, sehingga Bunda akan mendengar ia sering menangis. Santai saja ya Bunda, sebab hal itu akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia buah hati.
  1. Cukupi Asupan Makanan dan Asah Keterampilannya
  • Si kecil umumnya membutuhkan asupan ASI antara 350 ml hingga 700 ml setiap hari. Pada usia 1 bulan umumnya membutuhkan waktu tidur hingga 16 jam per hari.
  • Saat bermain, orang tua sebaiknya melatih si Kecil untuk mengembangkan otot-otot pentingnya sekaligus melatih keterampilan baru. Selain penting untuk melatih otot, permainan juga bisa menambah keakraban orang tua dan si kecil.
  • Interaksi dengan si Kecil bisa juga dilakukan dengan cara memijat lembut saat memandikannya. Orang tua juga bisa membacakan cerita untuk mengantarkan si Kecil tidur. Disarankan juga agar sesekali mengajaknya berjalan-jalan menghirup udara segar.
  1. Hati-hati Memberi Produk Perawatan untuk Si Kecil
  • Karena si kecil masih sangat muda, perawatan yang diberikan harus dilakukan sehati-hati mungkin, termasuk ketika hendak memakai produk perawatan. Bunda harus selalu mengutamakan faktor keamanan dan kenyamanan si Kecil.
  • Beberapa produk yang baik digunakan antara lain sabun mandi, bedak, popok, dan lotion. Meski begitu, sebelum mengaplikasikan di kulit si Kecil, lakukan percobaan reaksi alergi dahulu. Jika kulit kemerahan atau si Kecil rewel saat area yang diaplikasikan disentuh sebaiknya produk tersebut jangan digunakan.
  • Untuk sabun mandi, selain sesuai untuk kulit pastikan juga keamanannya untuk mata si kecil usia 1 bulan. Bunda jangan lupa untuk membaca label pada kemasan produk seteliti mungkin.

Jika Bunda masih merasa bingung, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan produk yang tepat dan sesuai digunakan untuk si kecil saat berusia 1 bulan.

 

Source :

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-1-month#1

https://www.babycenter.com/0_sample-baby-schedules-for-1-and-2-month-olds_3657227.bc

https://www.parents.com/baby/care/skin/how-to-care-for-baby-skin/

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas