Skip to main content

Title

Cara Aman Mencukur Sendiri Rambut Bayi

johnsons-baby-cara-aman-mencukur-sendiri-rambut-bayi.png

Bisa dibilang, mencukur rambut bayi kerap menjadi ritual "wajib" bagi para orang tua. Kenapa Ibu dianjurkan untuk mencukur rambut sang buah hati? Ternyata mencukur rambut bayi banyak manfaatnya bagi si Kecil. Pertama, mencukur rambut bayi dapat membersihkan sisa-sisa kotoran pada rahim Ibu yang menempel di sekujur tubuhnya. Kedua, rambut plontos bayi memudahkan Ibu untuk mengamati jika ada masalah pada kulit kepalanya. Baiknya lagi, si Kecil tentu merasa lebih nyaman dan bebas gerah setelah rambutnya dicukur.

Sebelum memutuskan untuk mencukur rambut si Kecil, ada baiknya Ibu baca dulu tips berikut:

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Ibu lakukan adalah menyiapkan peralatan untuk mencukur rambut bayi. Berbagai alat dan bahan tersebut antara lain air hangat, gunting rambut, tisu, cairan antiseptik yang aman untuk bayi, handuk, serta gunting kecil dan pisau cukur baru yang steril. Pilihlah pisau cukur yang desain aman dan berkualitas sehingga tidak berisiko menyebabkan luka ketika digunakan untuk mencukur rambut bayi.

Persiapan Sebelum Mencukur Rambut Bayi

Sebelum mencukur, cucilah tangan Ibu terlebih dahulu. Selain itu, pastikan alat dan bahan yang digunakan sudah dibersihkan dengan cairan antiseptik yang aman untuk bayi. Pastikan juga  kondisi Ibu dan bayi dalam keadaan tenang. Saat si Kecil tertidur pulas dapat menjadi waktu yang tepat untuk mencukur rambutnya. Kalau ia sedang tidak tidur, mintalah bantuan orang lain untuk mengajaknya bermain agar perhatiannya teralihkan. Namun, apabila Ibu kurang yakin dan sangat ragu, sebaiknya minta bantuan perawat atau orang yang sudah terbiasa mencukur rambut bayi.

Tahap-tahap Mencukur Rambut Bayi

Basahkan rambut bayi secukupnya dengan kain lap agar lebih lemas dan mudah digunting. Jika rambut bayi agak panjang dan lebat, potonglah rambutnya sependek mungkin dengan gunting kecil. Kemudian, Ibu pun dapat mulai mencukur dengan pisau cukur secara perlahan dan lembut dari atas ke bawah. Kalau sudah, bersihkan pisau cukur dari potongan rambut si kecil menggunakan tisu dan lanjutkan lagi.

Usai mencukur seluruh rambut bayi dari atas ke bawah, Ibu dapat mencukur dengan arah yang berlawanan yaitu dari bawah ke atas. Hal ini dilakukan untuk merapikan sisa-sisa rambut yang masih tertinggal. Kalau sudah selesai, Ibu bisa membasuh kepala si Kecil dengan air hangat untuk membersihkannya dari potongan-potongan rambut. Nah, langkah terakhir adalah mengeringkan kepala bayi dengan handuk yang lembut sampai kering.

Gunakan Perawatan Rambut Bayi Berkualitas

Mengeramasi rambut setelah dipotong akan membersihkan sisa potongan rambut yang menempel. Pastikan Ibu memilih shampo khusus anak agar sesi memandikan si Kecil lebih aman dan nyaman, gunakan JOHNSON’S® baby shampoo dengan formula NO MORE TEARS® yang ringan untuk kulit kepala dan lembut bagi mata seperti air murni.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencukur rambut si Kecil, Bu!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas