Skip to main content

Title

Cara Mengajarkan Bersepeda pada Anak Bawah 3 Tahun

cara-mengajarkan-bersepeda-pada-anak-bawah-3-tahun.png

Selain warna rambut, warna kulit, tinggi badan, dan hal-hal lain yang bersifat genetik, penelitian mengungkapkan, hobi dan kebiasaan baik ternyata juga bisa diturunkan kepada si Kecil, Bu. Oleh sebab itu, sama pentingnya dengan merawat kulit si Kecil menggunakan bedak bayi yang tepat, Ibu pun perlu memperkenalkan beragam rutinitas positif padanya sejak dini. Salah satunya yaitu olahraga.

Terkait hal ini, Ibu bisa mengawalinya dengan mengajak si Kecil bersepeda. Sebab, jenis olahraga yang satu ini membuat si Kecil terpicu bergerak aktif, namun lewat cara yang menyenangkan. Tak mesti menunggu ia genap berusia empat atau lima tahun, hal ini dapat Ibu lakukan bahkan sejak ia masih berusia dua tahun. Berikut langkah mudah mengajarkan si Kecil bersepeda sesuai tahapan usianya. Simak yuk, Bu:

Mengajari si Kecil yang Berusia 2 Tahun

Seiring perkembangan kemampuan motorik kasarnya, di usia ini si Kecil mulai bisa diajarkan mengayuh sepeda roda tiga, Bu. Awalnya, ia mungkin baru bisa mengayuh satu atau dua kali jika kakinya diposisikan di atas pedal. Saat makin terbiasa, jumlah kayuhannya perlahan akan bertambah.

Memasuki setengah tahun terakhir di usia dua tahun, selain bergerak maju, si Kecil pun mulai bisa menggunakan kedua kakinya untuk memundurkan sepeda. Meski begitu, kemampuannya menyetir setang untuk mengarahkan sepeda bisa jadi belum maksimal, Bu. Jadi, seperti halnya menerapkan cara merawat kulit bayi dengan bedak bayi beraroma lembut, hal ini perlu dilatih secara rutin supaya ia lekas terbiasa.

Mengajari si Kecil yang Berusia 3 Tahun

Di usia tiga tahun, kemampuan motorik kasar si Kecil berkembang secara signifikan. Sebab, perkembangan jaringan otot-otot tubuhnya sedang berlangsung secara pesat. Ia makin lancar mengoordinasikan gerakan kaki dan tangannya saat bersepeda. Inilah sebabnya, ia mulai bisa mengayuh pedal  sembari mengatur setang sepeda untuk berbelok.

Dengan kondisi motoriknya ini, langkah-langkah berikut bisa Ibu lakukan untuk mengajarinya bersepeda:

  1. Pertama-tama, persiapkan fisik si Kecil terlebih dulu, Bu. Selain memandikannya agar tubuhnya terasa segar, balurkan juga bedak bayi berkualitas supaya saat bersepeda nanti ia tak kegerahan karena tubuhnya dibanjiri keringat.
  2. Bawa si Kecil dan sepeda roda tiganya ke area outdoor dengan permukaan datar (bisa di halaman rumah Ibu atau di taman bermain). Buatlah “jalur sepeda” yang harus dilalui si Kecil. Hal ini bisa Ibu lakukan dengan menandai lantai atau tanah menggunakan batu atau dedaunan yang Ibu susun sebagai pembatas area yang boleh dan tidak boleh dilewati si Kecil. 
  3. Beritahu si Kecil aturan bermain sepeda hari ini (mana saja area yang boleh dan tidak boleh dilewati). Supaya lebih seru, Ibu bisa menggunakan istilah ‘jurang’ untuk menyebut area yang tidak boleh dilewati. Jadi, saat memberinya arahan, Ibu bisa mengucapkan, “Ini jalur sepeda Adik. Kalau yang di luar itu ‘jurang’. Jadi, Adik harus berusaha mengarahkan sepeda Adik supaya tetap berada di dalam jalur ini dan tidak masuk jurang, ya.”
  4. Bantu si Kecil untuk duduk di jok sepedanya dengan nyaman. Sebelum ia menyetir sepedanya sendiri, Ibu bisa membimbingnya terlebih dulu selama beberapa saat hingga terbiasa. Jika sudah, Ibu bisa meminta si Kecil melakukannya sendiri.

Saking serunya belajar mengendarai sepeda dengan baik, si Kecil bisa jadi akan lupa waktu, Bu. Agar proses belajarnya tak terganggu keringat dan bau asam, pilih bedak yang tepat untuk Ibu balurkan ke tubuh si Kecil di pagi hari sebelum bermain. Dalam hal ini, JOHNSON’S® Active Fresh™ baby powder bisa jadi pilihan. Hadir dengan formula teknologi  Active Fresh yang dapat menetralkan bau asam dan memberikan wangi segar tiap kali si Kecil berkeringat, bedak bayi berkualitas ini membantu Ibu menjaga si Kecil tetap segar selama bermain.

Nah, dengan dukungan bedak bayi dan cara tepat mengajarkannya bersepeda, si Kecil pun dapat lebih cepat mahir mengendarai sepedanya sendiri, Bu!

Kembali ke Atas