Skip to main content

Title

Cara Menyenangkan Membuat si Kecil Senang Berbagi

cara-menyenangkan-membuat-si-kecil-senang-berbagi.png

Sama pentingnya seperti menjaga fisik si Kecil lewat penerapan cara merawat kulit bayi yang tepat, mempersiapkan mental anak agar ia mampu bersosialisasi dengan baik juga perlu dilakukan oleh para orang tua, termasuk Anda, Bu. Terkait hal ini, Ibu bisa melakukannya secara bertahap, misalnya diawali dengan membiasakan ia untuk berbagi sejak dini.

Namun, mengajari ia untuk berbagi biasanya tak mudah karena sifat egois si Kecil usia balita biasanya masih dominan. Tapi, jangan menyerah, Bu. Dengan sedikit kreativitas, sebenarnya kebiasaan baik ini bisa kok Ibu tularkan padanya lewat cara-cara yang menyenangkan! Berikut beberapa di antaranya:

  1. Ajak si Kecil Bermain Susun Puzzle Bersama

Tahukah, Bu? Di samping karena masih dominannya sifat egois dalam diri si Kecil, tantangan lain yang membuat si Kecil sulit berbagi adalah karena ia belum sepenuhnya memahami konsep dasarnya. Oleh karena itu, Ibu perlu membantu ia memahami konsep dasar berbagi melalui praktik sederhana. Sama halnya dengan cara merawat kulit bayi, hal ini bisa Ibu lakukan lewat beragam cara, misalnya dengan mengajaknya bermain susun puzzle bersama.

Agar semakin seru, Ibu juga bisa mengajak teman-teman si Kecil turut bergabung dalam permainan ini. Kemudian, buatlah peraturan bahwa tiap pemain hanya boleh memasukkan potongan puzzle mereka pada tempatnya, bila gilirannya sudah tiba. Lewat peraturan semacam ini, si Kecil akan sedikit demi sedikit paham bahwa ia harus bersabar menunggu giliran dan tak boleh egois saat bermain.

  1. Menonton Film Bersama

Cara menyenangkan lainnya untuk mengajarkan si Kecil konsep berbagi adalah dengan mengajaknya menonton film bersama. Sama seperti permainan susun puzzle di poin sebelumnya, mengajarkan konsep berbagi pada si Kecil lewat cara ini bisa Ibu lakukan dengan menerapkan sistem giliran. Hal ini bisa diterapkan  misalnya berupa giliran menentukan film apa yang akan ditonton di tiap minggu/ bulannya.

  1. Berbagi Pijatan di Malam Hari

Tak kalah seru dengan dua cara di atas, mengajari si Kecil untuk terbiasa berbagi juga bisa Ibu lakukan jelang waktu tidurnya sembari melakukan ritual pijat dan perawatan kulit si Kecil. Ya, bila selama ini si Kecil hanya menerima pijatan menggunakan baby oil dari Ibu, kini berikan juga giliran padanya untuk memijat tubuh Ibu di malam hari. Rutinitas memijat tubuh secara bergantian sebelum tidur ini, tak hanya jadi sarana bagi Ibu untuk merawat kulit si Kecil dan memperkuat ikatan emosional antara Ibu dan si Kecil, tapi juga jadi kesempatan belajar berbagi dengan cara yang menyenangkan.

Nah, itulah beberapa cara mudah mengajari si Kecil senang berbagi. Yuk, semangat terus menumbuhkan kebiasaan baik pada anak sejak dini seperti halnya Ibu bersemangat menerapkan cara merawat kulit bayi yang tepat sejak ia lahir!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas