Skip to main content
header-ibu-jangan-biarkan-ruam-popok-ganggu-buah-hati-ini-cara-atasinya.png

Tentu bahagia ya, melihat perkembangan buah hati yang makin pesat dari hari ke hari. Ibu pasti juga selalu memperhatikan segala kebutuhannya dan memastikan ia tetap sehat serta nyaman. Tapi, seringkali ada masalah yang menggangu pikiran para ibu, yaitu ruam popok dan iritasi pada kulit bayi. Kulit si Kecil yang masih sensitif memang sangat rentan terserang iritasi dan hal ini akan membuatnya merasa sakit atau tidak nyaman. Tapi tenang saja Bu, ada kok cara-cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi ruam popok seperti berikut ini:

Pastikan Kulit Bayi Tetap Bersih dan Kering

Salah satu hal terpenting dalam mengatasi ruam popok bayi adalah dengan memastikan kulitnya selalu bersih dan kering. Jika memungkinkan, bebaskan pantat si Kecil tersayang dari popok dan baringkan ia di atas handuk empuk yang nyaman. Saat Ibu mengganti popok, pastikan untuk memakaikannya tidak terlalu ketat agar kulit si Kecil tetap bisa bernapas. Ketika memandikan buah hati, gunakan sabun yang cocok untuk kulitnya. Keringkan kulit si Kecil dengan menepuknya secara lembut menggunakan handuk, bukan menggosoknya dengan keras.

Ganti Popok Lebih Sering

Sebagai salah satu cara mengatasi ruam popok, pastikan Ibu mengganti popoknya lebih sering agar kulitnya tak semakin iritasi. Begitu popok basah, segera ganti dengan yang baru dan jangan biarkan cairan air seni terkena kulit si Kecil dalam waktu yang lama. Jika menggunakan popok kain, pastikan Ibu membilasnya hingga 2-3 kali saat mencuci agar terbebas dari sabun yang bisa menyebabkan iritasi. Apabila menggunakan popok sekali pakai, pilihlah yang memiliki daya serap tinggi.

Aplikasikan baby cream

Saat ini, ada begitu banyak produk yang bisa mengatasi iritasi pada kulit bayi, misalnya saja baby cream. Ibu bisa mengoleskan baby cream pada bagian pantat si Kecil setiap kali selesai mandi atau setelah berganti popok.  Dengan kandungan pelembap di dalamnya, JOHNSON’S® baby cream bisa Ibu jadikan pilihan karena efektif melindungi kulit bayi dari kekeringan dan iritasi. Baby cream ini juga memiliki wangi lembut sehingga membuat si Kecil tetap segar sepanjang hari.

Dengan cara-cara sederhana tersebut, Ibu bisa mengatasi ruam popok yang membuat kulit si Kecil iritasi. Namun, ada kalanya Ibu perlu membawa buah hati ke dokter untuk mengobati ruam popok yang parah. Apa saja ciri-cirinya? Simak informasi berikut:

  • Terlihat bercak yang berbeda dengan ruam popok biasanya
  • Ruam popok menjadi semakin parah seiring dengan bertambahnya waktu
  • Kulit buah hati mulai terkelupas dan ada luka yan terbuka
  • Si Kecil merasa kesakitan dan menangis setiap kali buang air kecil atau air besar
  • Iritasi pada kulit bayi diikuti dengan gejala lainnya seperti demam

Apabila menemukan salah satu atau beberapa gejala tersebut, Ibu perlu segera membawa si Kecil ke dokter. Ibu mungkin akan memperoleh beberapa obat yang bisa mengatasi ruam popok dari dalam. Dalam beberapa kasus, ada juga ruam popok yang disebabkan oleh kulit sensitif sehingga dibutuhkan penanganan khusus untuk mencegah iritas yang semakin parah pada si Kecil.

Kembali ke Atas