Skip to main content
kapankah-sebaiknya-anak-mulai-tidur-sendiri-1.png

Membiasakan si Kecil menjadi lebih disiplin dan mandiri tentu merupakan tanggung jawab orang tua. Hal ini bisa dilakukan melalui aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mengajari si Kecil untuk mulai tidur sendiri di kamarnya. Namun, bagaimana ya caranya? Apakah Ibu perlu melakukan penyesuaian waktu tidur bayi sejak tahun pertamanya? Berikut ulasannya!

Tentukan saat yang tepat

Saat masih bayi, orang tua tentu ingin selalu berada di dekat si Kecil sehingga biasanya membiarkan ia tidur di kamar yang sama. Hal ini boleh saja, Bu. Namun, ketika anak menginjak usia 3 atau 4 tahun, orang tua bisa mulai membiasakan si Kecil tidur terpisah dengan Ayah dan Ibu.

Kenapa usia 3 atau 4 tahun? Karena pada usia ini, anak sudah mulai dapat berkomunikasi dengan baik, dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya, serta dapat memahami perintah yang Ibu berikan padanya. Selain itu, pada usia ini, anak biasanya sudah lebih aman untuk ditinggal sendiri karena sudah mulai bisa mengatakan kepada Ibu ataupun Ayah jika ada sesuatu yang membuatnya tak nyaman.

Awalnya, mungkin akan sulit untuk meminta si Kecil tidur terpisah dengan Ibu dan Ayah. Hal ini bahkan dapat menganggu waktu tidur anak Ibu. Namun, dengan cara yang tepat, sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk membujuknya tidur sendiri.

Cara mengajarkan anak tidur sendiri

Agar si Kecil terbiasa dengan kegiatan barunya ini, berikut langkah-langkah yang bisa Ibu dan Ayah lakukan di rumah:

  1. Siapkan kamar tidur untuk anak

Sebelum mengajarkannya untuk tidur sendiri, orang tua bisa menyiapkan kamar tidur untuk si Kecil yang tentunya mengutamakan keamanan dan kenyamanannya. Pilih kamar dengan lokasi terdekat dengan kamar orang tua. Ibu juga dapat memberikan sentuhan khusus agar si Kecil betah di kamarnya, seperti tema robot untuk anak laki-laki dan tema princess untuk anak perempuan.

Supaya si Kecil lebih semangat untuk mencoba ruang tersebut, Ibu juga bisa mengajaknya memilih warna atau aksesori untuk kamarnya. Selain itu, Ibu juga bisa menyediakan beberapa produk perawatan anak seperti baby oil, baby cologne, dan baby lotion yang biasa digunakan dan disukainya untuk diletakkan di kamarnya. Benda-benda favoritnya ini bisa jadi tanda bahwa kamar itu memang khusus disediakan untuk si Kecil.   

  1. Beri pujian untuknya

Saat si Kecil berhasil melalui malam pertamanya tidur sendiri, Ibu bisa memberikan pujian untuknya. Jika perlu berikan hadiah berupa mainan favorit agar anak semakin termotivasi untuk terus tidur sendiri.

  1. Bacakan dongeng sebelum tidur

Kebiasaan ini bisa dilakukan bahkan sejak ia masih berusia di bawah satu tahun, Bu. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengatur waktu tidur bayi lebih teratur sejak dini. Ibu bisa membacakan dongeng favoritnya agar ia segera terlelap. Dongeng disebutkan dapat membuat anak merasa lebih tenang sekaligus menstimulasi otaknya agar lebih terampil. Membacakan dongeng juga dapat mengajarkannya kebiasaan membaca serta menambah kosakatanya sejak dini. Kebiasaan mendongeng sebelum tidur juga dapat jadi salah satu cara menenangkan si Kecil yang sedang belajar tidur terpisah dari Ibu.

  1. Yakinkan anak

Mengajarkan si Kecil untuk mulai tidur sendiri, memang perlu dilakukan secara bertahap. Ada kalanya anak akan merajuk dan meminta untuk kembali tidur bersama Ibu dan Ayah. Saat ini terjadi, Ibu boleh saja sesekali memenuhi permintaannya. Akan tetapi, cobalah untuk terlebih dahulu mencari tahu penyebab ia menyampaikan permintaan itu. Misalnya, apakah ia melakukannya karena kamarnya terlalu gelap, suhu kamarnya terlalu dingin ataupun panas, atau ia takut pada hal-hal tertentu. Dengan mengetahui alasan di balik permintaannya, akan lebih mudah bagi Ibu untuk menenangkan si Kecil.

Manfaat tidur sendiri bagi anak

Dengan mengajarkan si Kecil untuk tidur sendiri, berarti Ibu mendidiknya agar mandiri dan tidak terlalu bergantung pada Ayah dan Ibu. Selain itu, anak juga dapat belajar menyesuaikan pola tidur secara bertahap tanpa perlu tepukan atau ninabobo dari orang tuanya.

Selain mandiri, si Kecil juga jadi terlatih untuk menjadi pribadi yang pemberani. Anak umumnya takut akan kesendirian karena merasa tak aman dan tak ada perlindungan. Dengan membiasakan tidur sendiri, keberaniannya sedikit demi sedikit akan terasah.

Tak hanya itu, tidur sendirian juga dapat memudahkan si Kecil untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Mereka tidak akan kaget saat harus berada di tempat baru seorang diri, tanpa adanya Ayah dan Ibu.

Sebagai salah satu cara lain untuk membuat ia nyaman sebelum tidur, Ibu juga bisa menggunakan JOHNSON’S®bedtimeTM baby lotion. Diperkaya wangi lembut yang menenangkan, JOHNSON’S®bedtimeTM baby lotion dapat membuat si Kecil merasa lebih nyaman sekaligus membantu merawat kulit dan melindunginya dari gigitan nyamuk. Dengan kulit yang sehat dan nyaman, waktu tidur bayi pun tak akan terganggu.

Kembali ke Atas