Skip to main content

Title

Keuntungan Mengajak si Kecil Bermain Outdoor

keuntungan-mengajak-si-kecil-bermain-outdoor-updated.png

Seiring makin aktifnya si Kecil secara fisik sejak usianya genap setahun, Ibu mungkin makin repot berjaga-jaga ya saat ia menjelajah? Sebab, di usianya kini, si Kecil mulai bergerak ke sana-kemari, namun gerakannya kadang masih terhuyung-huyung. Tak jarang, ia pun terjatuh, bahkan terantuk benda-benda di sekitarnya. Meski begitu, bukan berarti Ibu harus membatasi pergerakan si Kecil dan hanya memperbolehkannya bermain di dalam rumah. Sebab, selain perlu dirawat dengan bedak bayi dan produk perawatan lainnya yang tepat, si Kecil juga perlu mendapatkan beragam stimulasi agar pertumbuhannya bisa optimal.

Kabar baiknya, stimulasi ini bisa Ibu lakukan lewat aktivitas menyenangkan, salah satunya dengan mengajaknya bermain di luar ruang. Tak mesti membawa si Kecil ke lokasi wisata alam, Ibu juga bisa melakukannya cukup dengan mengajaknya bermain di sekitar pekarangan rumah secara rutin, misalnya selama tiga puluh menit setiap hari. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat oleh si Kecil bila sering diajak bermain di luar:   

  1. Otak Berkembang Lebih Optimal

Mengingat otak adalah organ yang terkait langsung dengan kecerdasan, Ibu tentu berharap otak si Kecil bisa berkembang secara optimal, ya? Bermain di alam terbuka dapat mendorong tubuh si Kecil bergerak lebih aktif ketimbang bila ia terus berada di dalam rumah.

Saat anggota tubuh si Kecil bergerak secara aktif, otak sebagai pusat pengendali dan koordinasi organ tubuh tentu dipacu untuk bekerja. Hal ini membuat otak terstimulasi, sehingga sel-sel di dalam otak terhubung satu sama lain, Bu. Makin banyak sel yang terhubung, daya tangkap otak si Kecil pun dapat semakin baik.

  1. Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Bergerak aktif di ruang terbuka juga bisa membuat si Kecil lebih sehat serta memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, Bu. Sebab, saat tubuh aktif bergerak, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh lebih cepat, sehingga sel-sel darah putih dan antibodi dapat lebih cepat melawan kuman serta bakteri penyebab penyakit. Dengan begini, si Kecil akan lebih sehat karena tubuhnya senantiasa terlindungi dengan baik. 

  1. Kemampuan Motorik dan Sensorik Lebih  Baik

Alam terbuka juga jadi tempat yang menyenangkan bagi si Kecil untuk melatih kemampuan motorik dan sensoriknya secara bersamaan, Bu. Ditemani semilir angin, kegiatan berlari, melompat, maupun memanjat akan terasa lebih menyenangkan. Tak hanya itu, si Kecil juga bisa melatih keseimbangan tubuhnya dengan mencoba meniti jalan setapak. Ia juga bisa mendapatkan berbagai stimulasi sensorik seperti suara gemericik air dan hangatnya paparan sinar matahari pagi  ketika bermain di luar.

Namun, di balik keseruan dan manfaat yang dibawanya, bermain di luar ruang juga berisiko membuat si Kecil lebih banyak berkeringat sehingga ia lebih rentan mengalami biang keringat dan ruam kulit, Bu. Supaya hal ini tak sampai terjadi, Ibu tentu perlu menerapkan cara merawat kulit bayi yang tepat saat si Kecil bermain aktif di luar. Salah satunya adalh dengan membalurkan bedak bayi secara rutin ke tubuh mungilnya setelah mandi dan sebelum bermain.

Dalam hal ini, bedak bayi berkualitas seperti JOHNSON’S® blossoms baby powder bisa jadi pilihan, Bu. Di balik wangi bunga segar dengan keharuman tahan lama yang dimilikinya, bedak bayi JOHNSON’S® ini mampu meminimalisir keringat yang keluar dari tubuh si Kecil sehingga kulit lembut bayi Ibu senantiasa terasa sejuk dan nyaman selama bermain dan terhindar dari risiko biang keringat.

Nah, dengan mengajak si Kecil bermain di luar secara rutin dan membalurkan bedak bayi yang tepat ke tubuhnya setiap hari, Ibu pun bisa menyaksikan si Kecil tumbuh optimal sesuai tahapan usianya. Yuk, rutin ajak si Kecil bermain di luar, Bu!

Kembali ke Atas