Skip to main content

Title

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Playdate si Kecil Berjalan Lancar

johnsons-baby-perhatikan-4-hal-ini-agar-playdate-si-kecil-berjalan-lancar.png

Wah, sebentar lagi si Kecil akan memasuki usia sekolah! Artinya, ia akan segera menjadi bagian dari lingkungan sosial yang lebih luas lagi. Oleh sebab itu, penting bagi Ibu untuk mulai melatih si Kecil agar terbiasa bersosialisasi. Terkait hal ini, Ibu bisa melakukannya lewat aktivitas menyenangkan seperti playdate. Namun, agar aktivitas ini bisa berjalan lancar, ada beberapa tips yang perlu Ibu ketahui sebelum mengatur playdate untuk si Kecil. Berikut selengkapnya:

  1. Perhatikan Kondisi si Kecil

Mengingat playdate adalah hal baru bagi si Kecil, Ibu harus bisa membuat ia merasa nyaman saat menjalaninya. Untuk itu, pastikan si Kecil benar-benar siap, baik secara fisik maupun psikologis sebelum sesi playdate dimulai, ya.

Saat kondisi tubuhnya benar-benar fit dan mood-nya pun sedang baik, si Kecil akan lebih mudah menerima kehadiran orang baru, Bu.

  1.  Sembunyikan Mainan Favorit si Kecil Sebelum Temannya Datang

Di usia 0-6 tahun, ego si Kecil sedang tinggi-tingginya. Ini sebabnya, ia cenderung memaksakan kehendaknya dan selalu ingin menang sendiri. Selain itu, ia pun cukup kesulitan saat harus berbagi sesuatu, terutama hal-hal yang amat ia sukai. Karenanya, untuk menghindari terjadinya konflik antara si Kecil dan teman barunya, sembunyikan mainan favorit si Kecil sebelum temannya datang, ya, Bu. Dengan begini, kemungkinan terjadinya perselisihan akibat berebut mainan saat playdate menjadi semakin kecil.    

  1. Beri Jeda

Ibu tentu sudah hafal ya bahwa si Kecil cenderung rewel dan akan mudah marah saat ia mulai lelah? Oleh sebab itu, jangan lupa berikan jeda waktu di sela-sela sesi playdate ya. Jeda waktu ini bisa Ibu manfaatkan untuk mengajak si Kecil dan temannya menikmati camilan bersama-sama atau melakukan aktivitas lain di luar permainan anak yang sedari tadi mereka lakukan. Hal ini bisa membantu meminimalisir kemungkinan si Kecil kelelahan atau merasa bosan dengan playdate yang ia jalani.

  1. Tetap Awasi si Kecil dari Kejauhan

Meski tips di poin 1, 2, dan 3 sudah Ibu praktikkan dengan baik, kemungkinan si Kecil terlibat pertengkaran selama sesi playdate tetap ada, Bu. Sebab, di usianya yang masih sangat dini seperti saat ini, si Kecil dan teman sebayanya sama-sama belum mampu mengendalikan diri dengan baik. Oleh karena itu, tetap awasi si Kecil dari kejauhan selama playdate berlangsung ya.

Mengingat aktif bermain selama playdate mungkin saja membuat si Kecil berkeringat, jangan lupa baluri tubuhnya dengan bedak bayi berkualitas sebelum permainan dimulai ya, Bu. Terkait hal ini, JOHNSON’S® Baby Powder bisa menjadi pilihan. Terbukti klinis lembut untuk kulit bayi, bedak yang terbuat dari talk murni serta bebas pewarna dan pengawet ini membantu Ibu menjaga kulit si Kecil tetap segar selama bermain agar ia senantiasa nyaman.

Nah, setelah tahu tips di atas, yuk atur playdate untuk si Kecil sebagai cara mempersiapkan ia memasuki lingkungan sosial yang lebih luas, Bu!

Kembali ke Atas