Skip to main content

Title

Ternyata Bayi Juga Butuh Olahraga

ternyata-bayi-juga-butuh-olahraga.png

Olahraga memilki banyak manfaat bagi proses tumbuh kembang si Kecil. Hal ini sama bermanfaatnya seperti merawat bayi dengan menaburkan bedak bayi di kulitnya. Apa saja manfaat berolahraga bagi si Kecil jika dilakukan secara rutin sambil bermain? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Membentuk Fisik si Kecil

Menurut lembaga kesehatan nasional Amerika Serikat, Centers for Disease Control (CDC), obesitas merupakan salah satu kondisi yang rentan dialami oleh anak-anak saat ini. Nah, dengan merutinkan olahraga sejak kecil sambil bermain, ia akan terbiasa dengan pola hidup sehat, sehingga dapat membantu mencegah risiko terjadinya obesitas. Selain itu, olahraga rutin juga dapat membuat otot-otot dasar si Kecil terbentuk dengan lebih baik dan menjadikannya lebih kuat.

  1. Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Melempar, menendang, atau memukul bola yang dilakukan saat berolahraga, dapat membantu si Kecil untuk mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasarnya. Otot kecil dan otot besar dipergunakan secara bersamaan ketika sedang berolahraga sehingga ia dapat mengeksplorasi bakat dan menyalurkan energinya ketika sedang melakukan aktivitas seperti ini, Bu.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Olahraga juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, Bu. Pada saat berolahraga, sel kekebalan meningkat dan beredar di sekitar tubuh dengan lebih cepat sehingga dapat membunuh virus dan bakteri yang mungkin muncul di dalam tubuh si Kecil.

  1. Meningkatkan Kecerdasan si Kecil

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University’s institute, anak yang gemar berolahraga, berpotensi memiliki kemampuan akademik yang meningkat lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak. Saat berolahraga, si Kecil menghasilkan hormon endorfin dalam otak sehingga merangsangnya untuk berpikir lebih kreatif. Olahraga juga membantu satu sistem pada otak yang disebut BDNF (Brain Derived Neurotropic Factor) untuk merangsang sel-sel otak agar bekerja lebih maksimal. Hal ini nantinya dapat membantu meningkatkan kecerdasan bagi si Kecil, Bu.

  1. Membantu si Kecil Bersosialisasi

Tak hanya olahraga bersama Ibu, permainan yang sifatnya berkelompok juga dapat membantu si Kecil belajar berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Hal ini dapat menjadi stimulasi untuk belajar bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Ibu juga dapat mengajarkannya bersimpati, berempati, dan bekerja sama dengan teman sembari melakukan olahraga berkelompok tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan permainan sederhana, misalnya bermain Kain Seimbang. Ibu cukup menyiapkan selembar kain dan menaruh satu botol bedak bayi bekas atau bola favorit si Kecil di bagian tengah. Ibu bisa mengarahkan ia dan teman-temannya untuk memegang ujung kain bersama-sama dan mengangkatnya perlahan. Pada permainan ini, si Kecil diajak belajar bekerja sama dengan kawannya untuk menjaga keseimbangan botol bedak tersebut agar tidak jatuh dari kain.

  1. Membantu si Kecil untuk Berpikir Sistematis

Dalam setiap permainan ataupun olahraga, pasti ada sasaran tertentu yang perlu dicapai. Dengan membiasakan si Kecil untuk bermain sambil berolahraga, Ibu sedang membantunya belajar mencapai sesuatu. Misalnya dengan bermain Kain Seimbang tadi, si Kecil diajak berpikir lebih strategis  karena ia dan teman-temannya harus bekerja sama menjaga botol bedak bayi di atas kain tanpa terjatuh. Ia diajak untuk melihat satu hal yang harus dicapai dari sebuah permainan dengan cara tertentu. Hal ini juga melatihnya belajar lebih fokus ketika mengerjakan sesuatu, Bu.

Bermain sambil berolahraga, tentu menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama si Kecil, bukan? Saat sedang bermain, tubuh biasanya akan mudah berkeringat dan bisa saja membuat si Kecil merasa tidak betah. Namun, kondisi seperti ini dapat dicegah dengan memakaikan bedak bayi lembut sebelum melakukan aktivitas tersebut.

Pakaikan JOHNSON’S Blossom Baby Powder setelah ia mandi, dengan begitu Ibu bisa mencegahnya menjadi rewel akibat kulit yang terasa lengket saat bermain sambil berolahraga. Bedak bayi beraroma segar ini akan menjaga kelembutan dan keharuman kulit si Kecil agar tetap terjaga selama beraktivitas. Selamat bermain dan berolahraga dengan si Kecil.

Kembali ke Atas