Skip to main content

Title

Tips Aman Mengajak Bayi Jalan-jalan Keluar Rumah

johnsons-baby-tips-aman-mengajak-bayi-jalan-jalan-keluar-rumah.png

Jalan-jalan keluar rumah dapat memberikan segudang manfaat untuk si Kecil, seperti menghirup udara segar, bertemu banyak orang baru, hingga beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dengan di rumah. Namun, mengajak bayi jalan-jalan keluar rumah untuk pertama kali tentu menjadi tantangan tersendiri.

Nah, supaya perjalanan perdana bersama si Kecil keluar rumah terasa nyaman dan menyenangkan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Ibu terapkan.

Kapan Bayi Bisa Diajak Jalan-jalan?

Sebaiknya Ibu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengajak si Kecil jalan-jalan keluar rumah. Sebab, bayi bisa diajak jalan-jalan kalau tak ada alasan medis. Umumnya, bayi yang diperbolehkan untuk keluar rumah adalah usia 3-4 minggu, serta sudah mendapat minimal satu jenis imunisasi dan dalam kondisi sehat. Para Ibu biasanya mengajak buah hatinya kontrol ke dokter untuk mendapatkan imunisasi hepatitis dan polio saat usianya 1 minggu.

Selain itu, kesiapan bayi terhadap lingkungan luar adalah hal yang wajib Ibu perhatikan. Hal ini tentu akan pengaruhi responnya terhadap lingkungan luar. Pastikan juga bayi sudah makan dan dalam keadaan bersih. Hindari membawa si Kecil keluar ketika ia sedang mengantuk atau sakit.

Hindari Suasana yang Terlalu Ramai dan Bising

Tahukah, Ibu? Suasana yang terlalu ramai dan bising bukanlah pilihan yang bijak untuk membawa bayi keluar rumah. Misalnya ke pantai pada saat musim liburan tiba. Keramaian belum tentu menghibur dan bisa jadi malah membuat si Kecil rewel. Hal ini disebabkan oleh perasaan tidak nyaman saat berdesak-desakan dengan orang lain, apalagi jika disertai suara bising.

Ajak Orang Terdekat untuk Menemani

Penting bagi Ibu untuk meminta Ayah atau keluarga untuk ikut serta menemani si Kecil jalan-jalan keluar rumah. Pada saat meminta bantuan orang lain, sebaiknya perhatikan apakah orang tersebut bisa dipercaya atau tidak. Ya, itulah kenapa sebaiknya Ibu mengajak pasangan atau keluarga Ibu untuk ikut menemani si kecil.

Lindungi si Kecil dari Cuaca Ekstrem

Selalu pantau cuaca di luar rumah sebelum mulai mengajak si Kecil pergi. Pasalnya, suhu lingkungan dapat memengaruhi kondisi bayi. Jadi, sebaiknya hindari ke luar rumah ketika suhu lingkungan sedang panas-panasnya atau terlalu dingin. Sebab, sistem imun bayi masih belum berkembang dengan sempurna untuk beradaptasi dengan suhu lingkungan yang terlalu ekstrem.

Tak lupa, lindungi bayi dari paparan sinar matahari langsung dengan pakaian yang layak dan sesuai dengan kondisi cuaca saat itu. Pastikan tangan, kaki, dan kepalanya tertutup oleh pakaian, apalagi ketika cuaca di luar ruangan cukup dingin. Bila cuaca di luar sedang terik, pilih pakaian yang nyaman. Selain itu, lindungi bayi dengan payung sehingga ia terhindar dari paparan sinar matahari yang sedang terik.

Satu lagi  yang tak kalah penting, yaitu merawat bayi dengan produk yang tepat.  Pilih JOHNSON’S®milk + rice baby lotion yang mengandung protein susu murni dan nutrien beras untuk memberikan nutrisi pada kulit bayi, serta menjaga kulitnya tetap  sehat, lembut, dan cerah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berjalan-jalan ria bersama si Kecil!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas