Skip to main content

Melihat tahap demi tahap perkembangan si Kecil tentu menjadi momen yang berharga bagi Ibu. Begitu pula di usia 3 bulan ini, akan ada banyak perkembangan baru yang mulai bisa dilakukan si Kecil maupun semakin lancar dilakukannya. Simak ulasan berikut untuk tahu beragam perkembangan bayi usia 3 bulan.

Perkembangan bayi 3 bulan

Menginjak usia bulan ketiga, berikut berbagai perkembangan yang dapat dilakukan bayi berdasarkan grafik Denver II:

Perkembangan motorik kasar

Buah hati Ibu kini sudah mampu mengangkat kepalanya 90 derajat. Bahkan, ia tampak mulai bisa duduk dan menjaga keseimbangan kepalanya saat duduk.

Selain itu, si Kecil juga sedang belajar untuk berguling sendiri meski masih membutuhkan banyak latihan. Sama seperti di usia 1 bulan dan 2 bulan sebelumnya, bayi Ibu masih akan terus menggerakkan tangan dan kakinya berbarengan selama dalam posisi berbaring.

Perkembangan motorik halus

Perkembangan motorik halus bayi usia 3 bulan ditunjukkan dengan kemampuannya menyatukan kedua tangannya. Hal ini dapat Anda lihat saat bayi sedang berbaring, ia akan senang mengamati dan memainkan kedua tangannya.

Perkembangan bahasa

Sampai perkembangan bayi memasuki usia 3 bulan ini, menangis masih menjadi cara andalan untuk menunjukkan keinginannya. Hanya saja, Ibu akan lebih sering mendengar ocehan seperti "ooh" dan "aah" yang keluar dari mulutnya.

Biasanya, trik ini dilakukan si Kecil di saat ia ingin menyusu, atau ada yang mengajaknya berkomunikasi. Menariknya lagi, buah hati Ibu sekarang sudah mampu tertawa dan memekik sebagai perkembangan bahasanya.

Kemampuan baru ini biasanya ia gunakan saat Ibu mengajaknya bicara, atau menunjukkan sesuatu hal yang lucu sehingga membuat bayi tertawa.

Perkembangan sosial emosional

Perkembangan sosial dan emosional bayi usia 3 bulan ditandai dengan kemampuannya mengenali wajah orangtua serta orang-orang yang sering berada di sampingnya.

Ketika melihat hal-hal yang menurutnya menarik dan menyenangkan, bayi juga tidak segan untuk tersenyum. Begitu pula saat ada yang mengajaknya bicara, ia dapat meresponsnya dengan senyuman kembali.

Cara Ibu membantu perkembangan bayi usia 3 bulan

Ibu bisa membantu melatih perkembangan bayi di usia 3 bulan ini dengan berbagai cara. Misalnya mengajaknya duduk, atau mengubah posisi bayi menjadi duduk untuk melatih kemampuan motoriknya.

Untuk kemampuan motorik halusnya, Ibu dapat membantunya dengan cara menepuk-nepuk kedua tangan Anda di hadapan bayi yang sedang berbaring. Selain itu, Ibu juga bisa memegang kedua tangan bayi dan memainkannya sembari mengajaknya bicara.

Sembari mengajaknya bicara saat memainkan kedua tangannya, Ibu bisa memanfaatkan momen ini untuk melatih perkembangan bahasa bayi usia 3 bulan. Contohnya dengan terus bicara dengan si Kecil meski ia belum sepenuhnya mengerti.

Bermain cilukba, bernyanyi, dan membacakan cerita juga bisa Ibu lakukan sebagai upaya untuk mendukung kemampuan bahasanya. Cara ini bisa Anda lakukan kapan saja. Entah saat menggendong, memandikan, menggantikan popok, dan lainnya.

Setiap kali si Kecil melihat atau memperhatikan sesuatu yang menurutnya menarik, Anda bisa memancingnya dengan membahas mengenai objek tersebut. Begitu pula saat ia tersenyum selama Anda bicara, respons senyumannya dengan sebaik mungkin.

Apa yang sebaiknya Ibu perhatikan pada perkembangan bayi 3 bulan?

Pada dasarnya, setiap bayi berkembang dengan cara yang berbeda-beda. Ibu tidak perlu cemas ketika di usia 3 bulan ini, ada perkembangan bayi yang tampak belum muncul atau belum mahir dilakukannya.

Ketika si Kecil tampak belum mencapai perkembangan tertentu, tidak selalu berarti perkembangannya terhambat atau ada yang salah dengan tumbuh kembangnya. Seiring berjalannya waktu, biasanya si Kecil akan terus melatih kemampuannya sehingga bisa berkembang dengan sendirinya.

Perhatikan beberapa hal berikut yang mungkin dialami bayi Ibu:

  • Belum bisa menanggapi suara yang ia dengar.

  • Belum bisa melihat mengikuti arah pergerakan orang atau benda dengan matanya.

  • Belum bisa tersenyum.

  • Ada masalah dengan menyusui, sehingga membuat berat badannya sulit bertambah.

  • Ada masalah dengan penglihatan, yang membuatnya sulit memfokuskan mata.

Jangan tunda untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan bayi Ibu ke dokter, apabila satu atau beberapa hal tersebut dialami si Kecil. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan penanganan sedini mungkin guna merawat kondisi buah hati Ibu.

 

Referensi:

Baby Development: Your 3-Month-Old. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-3-months#1 Accessed on December 13rd, 2019.

Your-3-Month-Old Baby’s Development. https://www.verywellfamily.com/your-3-month-old-baby-development-and-milestones-4172049 Accessed on December 13rd, 2019.

Denver II Developmental Milestones. http://www.somaticpractice.net/trainings/touch_skills/resources/charts/Denver_II_Developmental_Screening_Test.pdf Accessed on December 13rd, 2019.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas