Skip to main content

Cara Memandikan Bayi dengan Benar Agar Si Kecil Tetap Nyaman

Memandikan bayi wajib hukumnya agar kulit si Kecil tetap bersih dan  sehat. Memandikan bayi juga merupakan momen yang tepat untuk merangsang tumbuh kembangnya sejak dini. Namun bagi ibu baru, memandikan bayi tidaklah mudah. Tenang, ulasan ini bisa membantu Anda mempelajari cara memandikan bayi yang benar.

Persiapan sebelum memandikan bayi

Sebelum memandikan si Kecil, pastikan bahwa ibu sudah mempersiapkan segala perlengkapan mandi berikut ini:

- Bak mandi berisi air hangat

- Handuk

- Waslap

- Kapas

- Pembersih ringan yang diformulasikan khusus untuk bayi, seperti JOHNSON’S® Top-To-Toe™ hair & body baby bath

Jangan berhenti sampai di sini. Ibu juga perlu menyiapkan semua keperluan bayi di bawah ini setelah mandi agar si kecil tidak kedinginan:

- Losion pelembap, seperti JOHNSON'S® baby lotion atau baby oil JOHNSON'S® baby oil

Johnson's ® Heaven baby cologne untuk mengharumkan kulit bayi

- Pakaian

- Popok

- Selimut

- Sisir lembut

- Salep untuk mencegah ruam popok

Setelah semuanya siap, Ibu bisa mulai memandikan bayi dengan cara berikut ini.

Cara memandikan bayi yang benar

Memandikan bayi perlu kehati-hatian. Meski begitu, tak perlu takut dulu, karena cara di bawah ini bisa menjadikan waktu memandikan bayi terasa lebih mudah dan bebas stres bagi ibu dan si Kecil.

Buat bayi nyaman

Penting untuk membuat si Kecil familiar dan nyaman dengan keadaan sekitarnya sebelum membasuh badannya dengan air.

Nah, Anda bisa menyenandungkan lagu anak-anak atau mengajaknya ngobrol sembari melepas bajunya. Sampaikanlah pada si Kecil kalau Anda akan memandikannya, meski ia memang belum paham.

Buatlah si Kecil tertawa dan berikan kecupan lembut agar buah hati Ibu merasa nyaman. Setelah itu, barulah gendong si Kecil menuju kamar mandi.

Di kamar mandi, jangan dulu langsung membasuh badannya dengan air. Ibu bisa menggendongnya dalam dekapan dan usapkan sedikit air ke kakinya agar si Kecil tidak kaget.

Setelah ia merasa akrab dengan lingkungan barunya, barulah perlahan mulai baringkan dalam bak yang berisi air hangat.

Basuh dari wajah dan leher

Cara selanjutnya yang perlu Ibu ketahui saat memandikan bayi adalah mulai dulu dengan membasuh wajah dan lehernya. Agar bayi tidak kaget, pertama-tama dekap kepala bayi dan basahkan kapas dengan air hangat tanpa sabun.

Bersihkan area mata dengan mengusapnya lembut dari sudut mata dalam ke luar menggunakan kapas basah. Gunakan kapas yang baru untuk membersihkan area mata sebelahnya.

Setelah itu, basahi lagi waslap dengan air hangat tanpa sabun dan usap area sekitar mulut, hidung, dan wajah bayi dengan lembut. Usaplah dari bagian tengah wajah ke arah luar agar kotorannya terangkat sempurna. Jangan lupa bersihkan area belakang telinga, bawah dagu, dan lipatan leher.

Berhati-hatilah jangan sampai air masuk ke dalam lubang telinga atau hidung.

Bersihkan badan

Setelah wajah dan leher bersih, sekarang pelan-pelan basahi tubuh si Kecil dengan air hangat dan sabuni dengan JOHNSON’S® Top-To-Toe™ hair & body baby bath.

JOHNSON’S® Top-To-Toe™ hair & body baby bath formulanya ringan dan efektif membersihkan kulit bayi.

Bersihkan seluruh tubuh dari mulai bawah leher, lengan, pinggang, kemaluan, sampai kaki pelan-pelan sambil mengajak si Kecil mengobrol. Kemudian, bilas seluruh tubuhnya sampai tidak ada sabun yang tersisa.

Cuci rambut

Keramas sebaiknya dilakukan paling terakhir karena bayi akan lebih cepat kehilangan panas tubuhnya lewat kepala. Cara memandikan bayi seperti ini dapat membantunya tetap nyaman dan tidak menggigil kedinginan berlama-lama di kamar mandi.

Saat ingin mencuci rambutnya, topang bagian belakang kepala bayi dan punggungnya dengan satu tangan, sementara yang satunya mulai membasahi rambut. Gunakan waslap atau usapkan air langsung ke area rambut secara perlahan.

Oleskan JOHNSON’S® Top-To-Toe™ hair & body baby bath secukupnya pada kepala bayi, kemudian pijat lembut secara menyeluruh.

Bilas rambut bayi hingga tidak ada busa sampo yang tersisa. Setelahnya ambil handuk dan balut tubuh si Kecil agar ia merasa hangat.

Keringkan area tali pusar

Setelah semua cara memandikan bayi telah Anda lakukan, baringkan ia di tempat tidur untuk mengeringkan seluruh badannya. Keringkan juga lipatan-lipatan tubuhnya, serta area tali pusarnya dengan kapas bersih agar tidak terinfeksi.

Lembapkan kulit si Kecil

Sebelum memakaikan baju dan popok, pastikan tubuh buah hati Ibu sudah benar-benar kering. Namun sebelum itu, oleskan JOHNSON'S® baby lotion agar kulit bayi tetap lembap selama 24 jam. Tak perlu mengoleskannya ke area tali pusar karena bagian ini harus tetap kering dan bersih.

Pakaikan baju

Sekarang, pakaikan baju dan selimuti badannya agar si Kecil tetap hangat. Ibu juga boleh mengoleskan JOHNSON’S ® Heaven baby cologne di  bajunya agar si Kecil tetap wangi sepanjang hari.

Mudah, bukan, cara memandikan bayi yang benar?

 

References:

Baby’s First Bath: What’s New Parents Must Know https://www.webmd.com/parenting/baby/bathing-newborn#1 accessed on September 19th 2019

How to Bathe Your Baby https://www.thebump.com/a/how-to-bathe-baby accessed on September 19th 2019

How to Give Your Newborn Baby a Bath https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-bathe-newborn#bathtub accessed on September 19th 2019

Kembali ke Atas