Skip to main content

Setiap orangtua perlu tahu bagaimana caranya mengganti popok bayi. Namun meski kelihatannya mudah, keahlian yang satu ini butuh ketelitian tinggi lho! Sebab jika caranya salah, si kecil malah akan rentan rewel karena terkena ruam popok. Nah, simak panduan mengganti popok bayi di bawah ini agar Anda tidak salah langkah.

Perlengkapan yang harus disiapkan sebelum ganti popok bayi

Selain tentunya butuh menyiapkan popok yang baru, beberapa barang ini juga perlu Anda siapkan:

● Kain lap lembap (yang sebelumnya sudah dibasahi) atau tisu basah khusus bayi

● Kain lap atau handuk yang kering

● Krim atau losion pelembap

● Kantong plastik untuk popok bekas

● Baju ganti bayi

Cara mengganti popok bayi yang benar

Mengganti popok sebenarnya bisa dilakukan di mana saja. Di mana pun tempatnya, pastikan permukaan tempat bayi akan ganti popok sudah dialasi dengan kain, plastik, atau matras karet yang empuk.

Jika tempat dan semua perlengkapannya sudah siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti popok bayi:

  1. Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air yang mengalir. Kemudian keringkan tangan hingga benar-benar kering. Bila tidak tersedia air, Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer.

  2. Untuk memudahkan memasang popok, sebaiknya lepaskan baju bayi terlebih dulu.

  3. Baringkan bayi Anda di atas permukaan yang rata, lembut, dan aman.

  4. Lepaskan popok dengan membuka perekat, kemudian lipat kembali perekat tersebut agar tidak menempel di kulit si kecil.

  5. Pegang kedua pergelangan kaki si kecil dan angkat pantatnya secara perlahan agar Anda bisa menarik popok yang kotor.

  6. Ambil bagian depan popok, lipat hingga menutupi bagian yang kotor dan selipkan di bawah pantatnya.

  7. Dengan tisu basah atau kain lap lembap, bersihkan daerah kelamin dan sekitarnya dengan mengusap perlahan dari depan ke belakang. Menyeka dari depan ke belakang mencegah penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing.

  8. Jangan lupa bersihkan juga sela-sela lipatan kulit selangkangan bayi dan pastikan area kelamin bayi benar-benar bersih dari kotoran.

  9. Tepuk-tepuk kulit bayi Anda hingga kering dengan selembar kain bersih.

  10. Bila perlu, Anda bisa mengoleskan sedikit krim atau losion pelembap untuk melindungi pantatnya dari ruam popok. Gunakanlah JOHNSON’S Baby Cream atau JOHNSON’S Baby Lotion yang kandungan pH-nya seimbang dan telah teruji oleh dermatologis. Kedua produk ini dapat membantu melembapkan kulit bayi hingga 24 jam dan melindungi kulit halus bayi Anda.

  11. Angkat pantat si kecil dengan memegang kedua pergelangan kakinya, lalu singkirkan popok kotor dari bawahnya.

  12. Selipkan popok bersih di bawah pantat bayi dan geser ke arah pinggang.

  13. Kencangkan perekat dari bagian belakang popok ke bagian depan. Popok harus terpasang dengan nyaman, tetapi tidak terlalu ketat. Pastikan Anda dapat memasukan dua jari di antara popok dan pinggang bayi.

  14. Lipat dan rekatkan popok yang kotor agar isinya tidak tumpah. Masukkan ke dalam kantong plastik dan buang ke tempat sampah.

  15. Tempatkan bayi di tempat yang aman lebih dulu agar Anda dapat membuang popok bekas dan cuci tangan.

Yang perlu diperhatikan saat mengganti popok bayi

Tidak ada aturan pasti yang memerintahkan Anda harus mengganti popok berapa kali sehari. Namun, sebaiknya Anda harus segera mengganti popok si kecil jika sudah tampak penuh atau terlihat kotor.

Para orangtua baru sering kali terkejut dengan betapa banyaknya popok yang harus diganti dalam sehari. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menyimpan banyak persediaan popok baru di rumah.

Selain untuk menjaga si kecil tetap nyaman beraktivitas, mengganti popok sering-sering juga menghindarinya dari risiko terkena ruam popok.

Beberapa hal lain yang perlu Anda ingat jika ingin mengganti popok adalah:

● Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di atas meja ganti popok atau permukaan mana pun, bahkan hanya untuk sekejap.

● Sebelum dan sesudah mengganti popok, pastikan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Anda bisa pakai hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Mengganti popok bayi mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, terutama jika ini pengalaman pertama Anda. Namun, jangan khawatir. Tugas ini akan semakin terasa ketika Anda sudah tahu caranya dan terbiasa melakukannya.

 

Sumber:

Changing a Diaper - American Pregnancy Association. (2012). American Pregnancy Association. Retrieved 18 September 2019, from https://americanpregnancy.org/first-year-of-life/changing-a-diaper/

Diapering Your Baby (for Parents) - KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. Retrieved 18 September 2019, from https://kidshealth.org/en/parents/diapering.html

How to change a diaper | Video | BabyCenter. (2019). BabyCenter. Retrieved 18 September 2019, from https://www.babycenter.com/2_how-to-change-a-diaper_10347121.bc

https://www.parents.com. (2019). Parents. Retrieved 18 September 2019, from https://www.parents.com/baby/diapers/how-often-should-i-change-my-babys-diaper/

BAGAIMANA CARA MENGGANTI POPOK YANG BAIK?

Ganti popok bayi ternyata tidak boleh asal lho Bu, simak video penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengganti popok yang baik. #terbaikuntukbayi

Langkah-Langkah Mengganti Popok Bayi 

  1. Baringkan bayi Anda di atas permukaan yang rata, lembut, dan aman. 
  2. Lepaskan popok dengan membuka perekat, kemudian lipat kembali perekat tersebut pada bagian popok agar tidak menempel di kulit bayi Anda. 
  3. Dengan tisu basah atau kapas bulat yang dibasahi dengan air, bersihkan daerah kelamin dengan mengusapnya dari depan ke belakang.
  4. Letakkan popok bersih di bawah bayi Anda, dan tepuk-tepuk kulit bayi Anda hingga kering dengan selembar kain bersih. Ada baiknya juga untuk memberikan olesan tipis krim ruam popok untuk melindungi pantat bayi Anda dari penyebab ruam popok.
  5. Pastikan popok yang bersih sudah terpasang dengan benar dengan mengencangkan perekat dari bagian belakang popok ke bagian depan. Popok harus terpasang dengan nyaman, tetapi tidak terlalu ketat. 
  6. Terakhir, tempatkan bayi Anda di tempat yang aman agar Anda dapat membuang popok bekas dan mencuci tangan Anda.

Tips Mengganti Popok Bayi

  • Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di atas meja ganti popok atau permukaan mana pun, bahkan hanya untuk sekejap
  • Para orang tua baru sering kali terkejut dengan betapa banyaknya popok yang harus diganti dalam sehari — pastikan Anda selalu menyimpan banyak persediaan popok
  • Sebelum dan sesudah mengganti popok bayi, pastikan untuk mencuci tangan Anda

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas