Skip to main content

Setelah sembilan bulan menanti, sebentar lagi Anda akan benar-benar menjadi ibu dari buah hati tercinta. Perasaan Anda mungkin sedang campur aduk saat ini; bahagia, pasti, tapi mungkin juga merasa gugup. Apalagi jika ini adalah anak pertama Anda. Namun dengan persiapan yang matang, rasa gelisah dapat diminimalisir sehingga Anda nanti bisa melahirkan dengan tenang.

Berbagai persiapan sebelum melahirkan

Mempersiapkan kondisi fisik dan psikologis Ibu saja mungkin belum cukup untuk bisa menghadapi persalinan nanti.

Berikut adalah beberapa persiapan lain yang perlu Anda perhatikan dan jangan sampai luput dilakukan menjelang melahirkan:

1. Tentukan tempat bersalin

Sebelum mulai mempersiapkan perintilan lain, pastikan dulu Anda sudah menentukan siapa dokter yang akan membantu persalinan Anda dan di mana Anda ingin melahirkan. Entah itu di rumah sakit yang biasa Anda datangi, klinik bersalin terdekat, atau di rumah sendiri.

Cari informasi sebanyak-banyak dari dokter kandungan, bidan, atau anggota keluarga lain tentang tempat tujuan Anda. Ketahui apa saja fasilitas yang ditawarkan di tempat Anda akan melahirkan nantinya.

Apabila Anda sudah punya rumah sakit tujuan, sebaiknya pastikan lagi kebijakan rumah sakit tersebut. Tanyakan pada staf rumah sakit bagaimana fasilitas dan pelayanan persalinan di sana.

Pertimbangkan matang-matang juga tentang jarak rumah sakit dengan rumah Anda. Itu kenapa jangan sampai Anda lupa untuk menyiapkan rumah sakit cadangan. Persiapan ini penting karena ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di hari-H kelahiran buah hati Anda.

2. Ikut kelas persiapan melahirkan

Jika ini adalah kali pertama Anda, mendaftar kelas persiapan melahirkan merupakan langkah antisipasi terbaik yang bisa Anda lakukan.

Selain membantu mempersiapkan diri menghadapi kelahiran, kelas ini juga bisa jadi tempat untuk Anda menggali segala macam informasi tentang menjadi ibu baru. Mulai dari baby blues, penurunan gairah seks setelah melahirkan, dan lain sebagainya.

Ada banyak kelas persiapan melahirkan yang bisa Anda dan pasangan datangi. Anda bisa mencari tahu di sosial media atau rumah sakit tempat Anda berencana akan melahirkan. Rekomendasi dari dokter kandungan, bidan, teman-teman, dan keluarga Anda juga sangat membantu.

3. Minta dukungan suami dan keluarga

Dukungan dari orang-orang terdekat nyatanya berperan penting dalam kelancaran proses persalinan Anda.

Keberadaan suami dan anggota keluarga lain, seperti orangtua dan/atau mertua, tidak hanya memberikan dukungan secara materiil tapi juga memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman saat Anda bersalin.

Selepas melahirkan pun Anda masih membutuhkan bantuan orang lain untuk memudahkan mengurus anak serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Itu sebabnya, jangan ragu untuk meminta dukungan dari suami atau keluarga Anda sebagai bentuk persiapan sebelum dan setelah melahirkan.

4. Kemasi barang-barang Anda

Beberapa hari atau minggu sebelum hari-H melahirkan, Anda sebaiknya sudah rampung mengemas barang-barang yang harus dibawa ke rumah sakit.

Semakin dekat waktu persalinan, Anda mungkin akan semakin sibuk dengan urusan lain. Itu sebabnya, mencicil dari jauh-jauh hari adalah solusi terbaik.

Berikut barang-barang penting yang sebaiknya Anda bawa ke rumah sakit:

● Baju tidur dan sandal.

● Bra biasa atau bra khusus untuk menyusui.

● Perlengkapan mandi pribadi, dan skincare jika perlu. Beberapa rumah sakit menyediakan peralatan mandi, tapi tidak ada salahnya membawa milik sendiri yang sudah biasa dipakai di rumah.

● Baju salin saat akan pulang ke rumah. Pilihlah baju yang nyaman dan longgar.

● Baju ganti untuk suami atau keluarga yang menemani.

● Perlengkapan bayi. Mulai dari popok kain, baju, celana, selimut kecil, topi, sarung tangan, kaos kaki, dan keranjang bayi.

● Perlengkapan menyusui seperti botol bayi, pompa asi, termos, kain gendong, dan lain sebagainya.

● Kamera, charger, baterai, dan kartu memori.

● Pembalut khusus yang digunakan setelah melahirkan.

JOHNSON’S® Baby TOP-TO-TOE® Wash dengan formula NO MORE TEARS® yang terbukti lembut merawat kulit bayi baru lahir.

Anda juga bisa membawa JOHNSON’S Baby Gift Box. Dalam satu kemasan, Anda akan mendapatkan banyak produk perawatan dasar yang disertai dengan paket hadiah eksklusif sesuai kebutuhan bayi. JOHNSON’s Baby Gift Box berisikan bedak, baby oil, cologne, losion, sabun, krim, waslap, hingga buku modul cara memijat bayi.

5. Siapkan stroller

Persiapan melahirkan lain yang tidak boleh terlupa adalah stroller jika Anda ingin membawa bayi jalan-jalan ke luar rumah.

Untuk bayi yang baru lahir, Anda bisa memilih stroller yang dudukannya rata dan memiliki bantalan empuk agar ia nyaman berbaring di dalamnya. Perhatikan pula fitur stroller yang lainnya. Pilihlah stroller yang badannya kokoh dan seimbang, memiliki roda besar, mudah disetir, dan mudah direm.

Jangan sampai Anda membeli stroller yang ringkih dan mudah terguling, yang nantinya justru akan membahayakan si Kecil.

 

Sumber:

10 smart ways to prepare for your baby's birth | BabyCenter. (2019). BabyCenter. Retrieved 18 September 2019, from https://www.babycenter.com/0_10-smart-ways-to-prepare-for-your-babys-birth_10328975.bc

{{meta.og.title}}. (2019). Pregnancybirthbaby.org.au. Retrieved 18 September 2019, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/preparing-for-child-birth

https://www.parents.com. (2019). Parents. Retrieved 18 September 2019, from https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/preparing-for-labor/checklist-practical-ways-to-prepare-for-labor/

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas