Skip to main content

Title

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjemur Bayi

header-hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-menjemur-bayi.png

Mengajak si Kecil yang saat ini masih berusia di bawah satu tahun untuk berjemur di pagi hari, dipercaya dapat memberikan Vitamin D yang bermanfaat bagi pertumbuhan tulangnya, memperkuat daya tahan tubuh, serta mencegah beragam penyakit lainnya. Akan tetapi, sama halnya dengan memilih bedak bayi, Ibu tetap harus berhati-hati ketika akan mengajak si Kecil berjemur. Sebab, paparan sinar matahari secara langsung dan terlalu lama justru dapat berisiko menyebabkan gangguan kulit ataupun penyakit bagi si Kecil. Sebaiknya, ajak ia berjemur tak lebih dari 15 menit ya, Bu.

Supaya Ibu bisa tetap memberikan yang terbaik bagi si Kecil, Ibu perlu mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan menjemurnya di pagi hari:

Bayi 0-6 bulan:

Sebaiknya, hindarkan anak yang masih berusia di bawah enam bulan dari paparan sinar matahari langsung ya, Bu, karena kulitnya masih terlalu sensitif, sehingga lebih rentan iritasi. Apabila Ibu ingin mengajaknya keluar rumah, sebaiknya gunakan stroller dengan penutup yang dapat melindungi si Kecil dari paparan sinar matahari langsung. Lalu, pastikan Ibu mengajaknya ke luar rumah sebelum pukul 10 pagi ketika matahari belum terlalu terik, yaitu antara pukul 6 sampai 7.30 pagi saat cuaca sedang tidak terlalu dingin atau pukul 7.30 sampai 8 pagi jika udara cukup dingin. Tak lupa, pakaikan baju yang tak begitu tebal namun tetap nyaman untuk kulit si Kecil serta bedak bayi yang tidak mengandung talc agar kulitnya tetap terasa segar meski berkeringat, ya.

Bayi 6-12 bulan:

Di usia ini, rata-rata anak mulai aman menggunakan tabir surya atau sunscreen. Akan tetapi, tetap berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakaikan tabir surya pada tubuh si Kecil, ya. Jika ingin mengajaknya berjemur di pagi hari, Ibu bisa mengoleskan tabir surya yang aman untuk kulit bayi dengan SPF 15+ pada bagian tangan, kaki, dan juga wajah serta bedak bayi pada bagian lipatan kulit seperti ketiak, pangkal paha, serta lipatan lengan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya risiko terbakarnya kulit si Kecil akibat paparan sinar matahari langsung, serta risiko biang keringat karena kulit yang lembap. Supaya hasilnya lebih maksimal, pakaikan tabir surya pada kulit si Kecil setidaknya 30 menit sebelum Ibu membawanya keluar ya, Bu.

Waspadai tanda-tanda gangguan kulit

Jika Ibu melihat kulit si Kecil menjadi kemerahan dan gatal-gatal, ini bisa jadi indikasi adanya sunburn atau kulit terbakar akibat sinar matahari. Apabila kondisi ini sampai terjadi, Ibu bisa melakukan pertolongan pertama dengan memandikan si Kecil menggunakan air bersuhu biasa (tak terlalu hangat dan tak terlalu dingin) untuk menghilangkan reaksi ini. Setelah itu, Ibu bisa mengoleskan baby cream untuk melindungi kulit si Kecil dari kekeringan dan iritasi. JOHNSON’S® baby cream merupakan salah satu produk yang tepat karena telah terbukti secara klinis lembut dan aman untuk kulit si Kecil.

Pastikan ia sudah terhidrasi dengan baik

Sebelum menjemur si Kecil, Ibu tak hanya perlu memberikan perlindungan untuk kulitnya dengan menggunakan bedak bayi yang aman dan bagus seperti JOHNSON’S® baby powder ataupun tabir surya. Akan tetapi, sebaiknya ia sudah terlebih dahulu meminum ASI. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya dehidrasi akibat keringat yang dihasilkan tubuh ketika terkena suhu panas. 

Awasi si Kecil selama aktivitas ini berlangsung

Demi keamanan si Kecil, tetap awasi ia selama Ibu menjemurnya di pagi hari, ya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan seperti digigit serangga ataupun terjatuh. Sebaiknya, sampaikan juga kepada anggota keluarga lain yang turut serta membantu merawat si Kecil agar tak sedetik pun meninggalkan ia tanpa pengawasan saat sedang melakukan aktivitas ini. Selain itu, Ibu juga bisa segera menghentikan aktivitas berjemur ini apabila si Kecil menunjukkan tanda-tanda ia mulai tak nyaman.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Ibu hendak menjemur si Kecil di pagi hari. Aktivitas ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga menunjang proses tumbuh kembangnya sejak dini. Selain memakaikan baby cream ataupun bedak bayi, Ibu juga bisa melindungi kulit si Kecil dengan menggunakan JOHNSON’S®baby lotion yang dapat melindungi kelembapan kulit bayi selama 24 jam sehingga kulitnya tidak kering, lembut, dan juga halus. Untuk hasil yang lebih maksimal, oleskan  JOHNSON’S®baby lotion maksimal tiga menit setelah mandi pada tubuh si Kecil, terutama bagian lengan dan kaki.

Kembali ke Atas