Skip to main content

Faktanya, bayi bisa menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk tidur. Tidur yang cukup membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang buah hati Anda. Namun, orangtua juga perlu memahami berapa lama jam tidur yang ideal untuk bayi berdasarkan usianya. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Jam tidur bayi sesuai usianya

Kebutuhan tidur bayi bisa berbeda-beda di setiap tahap usianya. Ini karena, ritme tidurnya juga akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia anak.

Bayi baru lahir, misalnya, akan tidur sekitar 8-9 jam di siang hari dan kurang lebih 8 jam di malam hari. Namun, biasanya jatah tidur ini tidak langsung dilunasi dalam satu waktu. Mereka mungkin sesekali akan terbangun di tengah tidur malamnya, tapi akan cepat kembali nyenyak lagi.

Menginjak usia 3 bulan, bayi akan tidur malam selama 6 sampai 8 jam tanpa terbangun. Nantinya di usia 6 bulan ke atas, sebagian bayi akan tidur teratur sepanjang malamnya.

Agar lebih jelas, berikut durasi kebutuhan tidur bayi berdasarkan usianya dilansir dari laman Stanford Children's Health:

Bayi baru lahir

- Total waktu tidur bayi: 16 jam

- Total durasi tidur malam: 8 sampai 9 jam

- Total durasi tidur siang: 8 jam

Usia 1 sampai 2 bulan

- Total waktu tidur bayi 15,5 jam

- Total durasi tidur malam: 8 sampai 9 jam

- Total durasi tidur siang: 8 jam

Usia 3 bulan

- Total waktu tidur bayi: 15 jam

- Total durasi tidur malam: 9 sampai 10 jam

- Total durasi tidur siang: 4 sampai 5 jam

Usia 4 sampai 6 bulan

- Total waktu tidur bayi: 14 jam

- Total durasi tidur malam: 10 jam

- Total durasi tidur siang: 4 jam

Usia 9 sampai 11 bulan

- Total waktu tidur bayi: 14 jam

- Total durasi tidur malam: 11 jam

- Total durasi tidur siang: 3 jam

Usia 12 bulan

- Total waktu tidur bayi: 14 jam

- Total durasi tidur malam: 11 jam

- Total durasi tidur siang: 3 jam

Usia 13 bulan sampai 1,5 tahun

- Total waktu tidur bayi: 13,5 jam

- Total durasi tidur malam: 11 jam

- Total durasi tidur siang: 2,5 jam

Usia usia 1,6 tahun sampai 2 tahun

- Total waktu tidur bayi: 13 jam

- Total durasi tidur malam: 11 jam

- Total durasi tidur siang: 2 jam

Cara membuat bayi tertidur

Setelah mengetahui jam tidur yang ideal untuk bayi Anda, kini saatnya memastikan bahwa kebutuhannya itu terpenuhi.

Untuk membantu si Kecil tertidur, Ibu perlu tahu tanda-tanda saat ia mulai mengantuk. Biasanya anak yang siap tidur akan menunjukkan tanda-tanda seperti:

- Menggosok mata

- Menguap

- Memalingkan muka

- Rewel

Agar tumbuh kembangnya optimal, pastikan bayi Anda tidur nyenyak sepanjang malam dan jam tidur tercukupi. Meski harus memastikan tidurnya nyenyak, ada baiknya Anda tidak perlu selalu menimang si Kecil setiap hendak tidur.

Bila itu yang terus Anda lakukan, hal ini bisa jadi kebiasaan yang selalu buah hati Anda cari-cari.

Ketika si Kecil terbiasa tidur dengan digendong, termasuk saat ia terbangun di tengah malam, ke depannya ia akan terus bergantung pada cara ini supaya bisa tidur.

Akan jauh lebih baik jika Anda membuat rutinitas sederhana sebelum tidur seperti mengusap punggungnya atau menyenandungkan lagu.

Beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk membangun kebiasaan tidur yang baik untuk bayi Anda, antara lain:

Biasakan bayi tidur sendiri

Coba mulai ajarkan si Kecil untuk bisa tidur sendiri semenjak usia 6 minggu atau 2 bulan. Di usia ini, tubuh anak sudah mulai bisa mengatur siklus tidur dan bangunnya sendiri.

Ketika anak mulai mengantuk, posisikan si Kecil dalam keadaan telentang. Tidak perlu menimang atau memberinya ASI hanya untuk membuatnya cepat tertidur. Cara ini justru membuat ia akan ketergantungan pada Ibu, bukan mencari cara untuk tidur secara mandiri.

Membiasakan si kecil mandiri sejak dini akan bermanfaat untuk perkembangannya kelak dan membuat Ibu tidak kewalahan.

Membuat rutinitas tidur

Ibu bisa membuat rutinitas tidur sederhana misalnya, membacakannya cerita atau memutar lagu pengantar tidur. Selain itu, Ibu juga bisa memijat bayi untuk membuatnya tenang.

Rutinitas yang dilakukan setiap mau tidur akan membuat bayi "belajar" bahwa ini memang saatnya untuk tidur. Namun, usahakan untuk melakukannya tidak lebih dari 30 menit.

Ibu juga bisa memakaikan JOHNSON’S® Bedtime™ Baby Lotion pada si Kecil, supaya tidurnya lebih nyenyak. Losion ini terbukti mengandung NaturalCalm® yang teruji klinis bisa membuat bayi tidur dengan nyaman. 

Jika di malam hari ia terbangun, Anda tidak perlu langsung menggendongnya. Sebaiknya, berikan usapan dan tepukan lembut sampai ia kembali tertidur. Namun, jika si Kecil tidak kunjung tidur Ibu bisa menimangnya perlahan sambil terus memeluknya.

 

References:

Infant Sleep https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=infant-sleep-90-P02237 accessed on September 19th 2019

9 Easy Ways to Get Baby Sleep Now https://www.parents.com/baby/sleep/tips/five-ways-to-help-baby-sleep/ accessed on September 19th 2019

Newborn Sleep Patterns https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=newborn-sleep-patterns-90-P02632 accessed on September 19th 2019

How Can I Get My Baby to Sleep Through Night? https://www.babycentre.co.uk/a123/how-can-i-get-my-baby-to-sleep-through-the-night accessed on September 19th 2019

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas