Skip to main content
header-keuntungan-memperkenalkan-musik-pada-si-kecil-sejak-dini.png

Saat si Kecil baru lahir beberapa bulan lalu, interaksi yang bisa Ibu lakukan dengannya masih sebatas kontak mata, suara, serta skin to skin contact saat mempraktikkan cara memijat bayi yang benar. Seiring ia memasuki rentang usia 6-12 bulan kini, bentuk interaksi Ibu dan si Kecil tentu sudah berbeda serta bisa dilakukan dengan cara yang lebih variatif dan menyenangkan ya? Salah satunya adalah dengan mengajak ia menikmati alunan musik bersama. Tak hanya menyenangkan, mengajak si Kecil berinteraksi lewat cara ini juga membawa banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya, Bu! Berikut beberapa di antaranya:

  1. Meningkatkan Kecerdasan Emosional si Kecil

Seperti yang kita tahu, alunan musik selalu membawa emosi tersendiri. Ada alunan berirama ceria, penuh semangat, hingga sedih. Sama halnya dengan otak kita, gelombang otak si Kecil juga bisa menangkap emosi-emosi yang tersirat dalam alunan nada yang ia dengar. Inilah bagaimana musik mengajarkan anak tentang perasaan. Sehingga, makin sering si Kecil mendengar musik sejak dini, kemampuan mengenali emosi yang tersirat pada suara akan semakin membaik, dan kecerdasan emosionalnya pun semakin terlatih.

  1. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Seperti halnya rangsang sentuhan yang Ibu berikan saat mempraktikkan cara tepat memijat bayi, musik pun merangsang otak si Kecil, namun dengan cara yang berbeda. Saat mendengarkan musik tertentu misalnya musik klasik, amygdala (bagian otak yang terkait langsung dengan emosi) terangsang secara positif, sehingga otak lebih mudah fokus. Tak hanya itu, hal ini juga membuat ia lebih mudah memroses dan menyimpan informasi baru. Kemampuan ini jelas penting dan dibutuhkan si Kecil untuk mendukung proses belajar sejak enam bulan pertama kehidupannya.

  1. Memberikan Relaksasi

Seperti halnya cara memijat bayi yang benar, musik tertentu seperti musik klasik juga menawarkan efek relaksasi sehingga bisa membantu tidur si Kecil lebih lelap di malam hari. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, musik mampu memengaruhi gelombang otak dan menyampaikan emosi yang juga bisa dipahami si Kecil. Karenanya, memutar musik yang menenangkan sebelum tidur sembari menerapkan cara memijat bayi yang tepat akan dapat membantu Ibu mewujudkan waktu tidur bayi yang lebih optimal.

  1. Memancing Ia Bergerak Aktif Sejak Dini

Lewat nada-nada yang dibawanya, musik hampir tak pernah gagal membuat seseorang menari, baik secara refleks maupun sadar. Hal ini juga bisa terjadi pada bayi Ibu, terlebih bila ia sudah bisa berdiri sendiri. Untuk itu, yuk segera kenalkan si Kecil pada musik. Secara tak langsung, pergerakan si Kecil saat ia menari akan melatih dan menguatkan otot-otot tubuh, terutama kaki, Bu. Agar lebih maksimal, Ibu bisa mendukung proses ini dengan memijat kaki dan tubuhnya dengan JOHNSON’S® Baby Oil tiap sebelum tidur.

Terbuat dari Mineral Oil murni, baby oil dari JOHNSON’S® ini tak hanya mampu memudahkan proses memijat tubuh si Kecil yang Ibu lakukan, tetapi juga dapat merawat kulit si Kecil karena mampu melembapkan dan mencegahnya dari risiko kekeringan.

Nah, bagaimana, Bu? Tertarik memanfaatkan musik dan cara memijat bayi yang benar untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si buah hati?

Kembali ke Atas