Skip to main content

Title

Kiat Mempererat Ikatan Batin dengan si Kecil

johnsons-baby-kiat-mempererat-ikatan-batin-dengan-si-kecil.png

Supaya bisa mendampingi si Kecil di tiap tahap tumbuh kembangnya dengan maksimal, setiap orang tua perlu menjalin kedekatan emosional dengan anak sejak dini. Sayangnya, hingga kini tak sedikit orang tua yang beranggapan hal ini sulit dilakukan. Padahal, sebenarnya membangun hubungan yang akrab bersama si Kecil tidaklah sulit. Penasaran, Bu? Ikuti tips berikut ini!

  1. Manfaatkan “Bahasa Sentuhan”

Sejak si Kecil memasuki rentang usia batita, kemampuannya dalam berkomunikasi secara verbal memang meningkat pesat, Bu. Berbeda dengan sewaktu masih bayi, kini ia sudah bisa memahami pesan yang Ibu sampaikan lewat kata-kata, bahkan meresponnya kembali dengan kata-kata pula. Meski begitu, berusahalah untuk tetap memanfaatkan “bahasa sentuhan” saat berkomunikasi dengan si Kecil, ya.

Berbeda dengan bahasa verbal dan eye contact, sentuhan efektif membangun kedekatan emosional antara Ibu dan si Kecil karena memicu produksi hormon serotonin pada tubuh. Serotonin ialah hormon yang menghadirkan rasa tenang dan bahagia pada diri seseorang. Ini sebabnya, semakin sering terlibat skin-to-skin contact, rasa saling mencintai antara Ibu dan si Kecil pun akan semakin kuat.

  1. Berikan Kejutan-kejutan Kecil

Selain memiliki dampak positif untuk psikologi anak, membuat si Kecil merasa spesial juga penting dilakukan untuk mempererat ikatan dengannya karena hal ini secara tak langsung membuat ia sadar bahwa Ibu amat mencintainya.

Membuat anak merasa spesial mudah kok, Bu. Ibu bisa melakukannya lewat hal-hal kecil, seperti memberinya kejutan di momen-momen tertentu seperti hari ulang tahunnya.

  1. Luangkan Waktu untuk Quality Time Bersama

Sepadat apa pun rutinitas Ibu, jangan lupa selalu luangkan waktu untuk quality time bersama si Kecil, ya. Supaya hal ini bisa semakin efektif mempererat ikatan antara Ibu dan si Kecil, temani ia melakukan hal-hal yang ia sukai. Misalnya, bila si Kecil suka menonton film kartun, duduklah di sampingnya saat ia asyik menonton serial kesukaannya. Sebisa mungkin, tunjukkan bahwa Ibu pun menyukai apa yang ia sukai. Semakin ia merasa Ibu memiliki banyak kesamaan dengannya, si Kecil pun bisa makin akrab dengan Ibu.

  1. Ciptakan Ritual Rutin Bersama Setiap Hari

Melakukan rutinitas khusus bersama-sama setiap hari juga termasuk cara efektif mempererat hubungan dengan si Kecil yang perlu Ibu coba. Dengan memiliki ritual rutin bersama-sama, secara psikologis, baik Ibu maupun si Kecil akan merasa memiliki keterikatan yang lebih kuat satu sama lain.

Untuk itu, yuk, mulai pilih satu kegiatan menyenangkan yang akan Ibu jadikan ritual rutin harian bersama si Kecil! Misalnya, bergantian memijat sebelum tidur. Agar tak hanya mempererat jalinan antara Ibu dan si Kecil, tetapi juga sekaligus merawat kulit balita, Ibu bisa menggunakan JOHNSON’S®milk + rice baby lotion saat memijat.

Mengandung protein susu murni dan nutrien beras, baby lotion dari JOHNSON’S® ini membantu menutrisi kulit si Kecil agar tetap sehat, lembap, dan halus.

Nah, yuk coba praktikkan tips di atas mulai hari ini supaya ikatan antara Ibu dan si Kecil makin erat!

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas