Skip to main content

Kulit bayi yang baru lahir memang sangat lembut dan halus. Hal ini membuat Ibu ingin menjaga dan merawat kulit si Kecil agar tetap lembut seiring pertumbuhannya. Namun sayang, kulit bayi yang baru lahir biasanya masih sangat sensitif sehingga Ibu perlu mengetahui apa yang harus dilakukan dalam merawatnya.

Langkah yang harus diambil dalam merawat kulit bayi yang baru lahir

Sebenarnya, sangat normal jika kulit bayi yang baru lahir mengelupas. Kondisi ini biasanya dimulai sejak usia 2-3 hari setelah bayi lahir. Dengan kondisi kulitnya yang begitu sensitif sejak lahir, penting bagi Ibu untuk dapat menjaga dan merawat kulit sensitifnya dengan baik. Simak cara merawat kulit bayi baru lahir berikut ini.

1. Jangan terlalu sering memandikan bayi

Setelah lahir, bayi tidak lagi dilindungi oleh cairan vernix, yakni salah satu cairan yang menyelimuti bayi di dalam rahim Ibu. Selain dapat menyebabkan kulit mengelupas, menghilangnya cairan pelindung alami tersebut juga dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering.

Sayangnya, mandi bukan solusi dari kondisi ini. Sebab, alih-alih menjaga kulitnya, terlalu sering memandikannya justru berpotensi menghilangkan lapisan alami yang dapat melindungi kulit. Bayi pun jadi lebih rentan terhadap masalah-masalah kulit seperti ruam popok, eksim, dan kulit kering.

Ibu dianjurkan untuk memandikan bayi yang baru lahir dua hingga tiga kali seminggu, dengan durasi lima hingga sepuluh menit dan menggunakan air hangat. Selain itu, gunakan sabun JOHNSON’S® Baby Top-To-Touch Cotton Touch untuk memandikan si Kecil.

2. Jaga kebersihan baju dan tempat tidur bayi

Meski Ibu membelikan si Kecil baju-baju yang masih baru, Ibu tetap harus memastikan kebersihannya. Lebih baik, baju, sprei, dan selimut bayi yang baru dibeli dicuci terlebih dahulu.

Setelah bersih, barulah Ibu boleh memakaikannya kepada bayi yang baru lahir. Pasalnya, kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif dan Anda tidak tahu mengenai kebersihan toko tempat Anda membeli baju.

Untuk membantu mencegah bayi dari risiko terserang alergi, Ibu harus menjaga kebersihan tempat tidur dan baju yang dikenakan si Kecil setiap harinya. Gunakan deterjen khusus untuk baju bayi yang tidak mengandung parfum atau pewarna. Pisahkan baskom yang digunakan untuk mencuci baju, kasur, selimut dan handuk bayi dari cucian anggota keluarga lainnya.

Selain itu, Ibu juga harus memastikan kebersihan tempat tidur, termasuk kasur, selimut, sarung bantal dan guling yang digunakan bayi sebelum tidur agar ia terhindar dari kemungkinan risiko alergi, gatal, dan iritasi kulit.

3. Lindungi kulitnya dari udara dingin

Kulit bayi yang sensitif dan mudah kering harus dilindungi dari udara dingin atau angin. Saat membawanya keluar rumah, pasangkan kaus kaki atau sarung tangan. Ibu juga dapat menggunakan selimut atau kain untuk menjaganya dari udara dingin kala bepergian.

Selain itu, gunakan JOHNSON’S® Baby Cream untuk menjaga kulit bayi yang baru lahir tetap lembap selama 24 jam. Produk ini telah teruji oleh dermatologi dapat menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut dengan pemakaian secara rutin.

4. Gunakan lotion pelembap khusus bayi baru lahir

Untuk merawat kulit bayi yang kering, Ibu dapat menggunakan JOHNSON’S® Cotton Touch Face & Body Lotion. Produk ini didesain khusus untuk kulit bayi yang baru lahir. Lotion ini memiliki tekstur yang lembut dan berbahan dasar air sehingga  sesuai untuk bayi.

Selain itu, produk ini  dapat melindungi kulit sehat bayi Anda. Oleh karenanya, jika produk ini digunakan secara rutin, Ibu bisa menjaga kesehatan kulit bayi hingga tumbuh besar.

Biasanya, losion ini digunakan setelah selesai mandi. Namun, Ibu juga bisa menggunakannya untuk memijat tubuh bayi. Pasalnya, pijatan dari Ibu merupakan salah satu cara untuk menyampaikan kasih sayang kepada bayi.

Apalagi, pijatan pada bayi dapat mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati di tubuhnya. Ketenangan yang ia dapatkan dari pijatan Ibu Ibu juga bisa membuatnya lebih tenang dan nyenyak saat tidur.

 

Referensi:

Gentle Care for Newborn Skin. Retrieved 20 September 2019, from https://www.whattoexpect.com/first-year/gentle-care-for-newborn-skin.aspx

Baby Skin Care 101. Retrieved 20 September 2019, from https://www.thebump.com/a/baby-skincare-101

Baby Skin Care: Tips for Your Newborn. Retrieved 20 September 2019, from https://www.webmd.com/parenting/baby/skin-care-tips#1

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas