Skip to main content

Title

Manfaat Sehat Konsumsi Nangka selama Kehamilan

header-manfaat-sehat-konsumsi-nangka-selama-kehamilan.png

Seperti halnya ketupat, sayur nangka juga identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Inilah sebabnya, Ibu dapat dengan mudah menjumpai masakan yang satu ini di momen silaturahmi Lebaran. Tapi, tahukah, Bu? Selain nikmat saat disantap sebagai sayur pendamping ketupat di Hari Raya, nangka juga memiliki beragam manfaat untuk perkembangan janin dalam kandungan  Ibu, sehingga buah ini baik juga dikonsumsi secara langsung oleh Ibu hamil. Yuk, ketahui beberapa manfaat konsumsi buah nangka selama hamil berikut, Bu:

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Di balik rasanya manisnya, buah nangka mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu memperlancar sistem pencernaan Ibu. Kandungan serat alami dalam buah nangka juga bisa membantu tubuh Ibu melindungi selaput lendir pada usus, serta mengikat kandungan kimia yang dapat menjadi penyebab kanker usus besar. Hal ini berpengaruh positif pada perkembangan janin dalam kandungan. Sebab, makin baik sistem pencernaan Ibu, penyaluran gizi penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan tentu bisa lebih optimal, Bu.

  1. Membantu Proses Penyerapan Kalsium

Mungkin Ibu sudah tahu ya bahwa selama hamil, konsumsi kalsium harian Ibu perlu ditingkatkan. Sebab, tak hanya Ibu, si Kecil juga butuh asupan kalsium agar proses pembentukan tulang dan giginya di dalam kandungan berlangsung dengan baik.

Tapi, jangan lupa, Bu. Selain perlu memerhatikan kadar kalsium yang Ibu konsumsi, penting juga memastikan proses penyerapannya di tubuh Ibu berjalan dengan lancar agar kalsium tadi benar-benar bisa membantu Ibu mengoptimalkan pertumbuhan janin

Kabar baiknya, nangka bisa membantu Ibu melakukan hal ini. Dengan senyawa magnesium yang dikandungnya, nangka bisa membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh Ibu, sehingga kebutuhan Ibu dan janin terhadap kalsium bisa tercukupi.

  1. Meningkatkan Energi Ibu Hamil

Di samping menyiapkan bedak bayi, baby oil, baby lotion, dan berbagai kebutuhan si Kecil lainnya, Ibu hamil juga perlu meningkatkan suplai energi di tubuh sebagai salah satu bentuk persiapan untuk melahirkan. Dengan tingkat energi yang baik, Ibu akan tetap bisa melakukan aktivitas penting jelang melahirkan, termasuk berolahraga. Tak hanya membuat tubuh Ibu lebih siap jelang persalinan, tetap aktif bergerak juga  membantu Ibu terhindar dari kebosanan sehingga mood senantiasa baik.

Memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa yang merupakan bentuk sederhana dari gula, nangka jadi salah satu pilihan asupan tepat bagi Ibu untuk meningkatkan energi tubuh tanpa khawatir menyebabkan penumpukan lemak.

  1. Mencegah Hipertensi selama Kehamilan

Karena berpotensi mengurangi aliran darah ke plasenta, hipertensi jadi salah satu kondisi yang tergolong berbahaya bagi calon buah hati Ibu. Saat darah yang mengalir ke plasenta berkurang, tak hanya kekurangan nutrisi, janin juga berisiko kekurangan suplai oksigen. Hal ini bisa menyebabkan si Kecil terlahir dengan berat badan rendah atau kemungkinan lahir prematur.

Beruntungnya, nangka bisa membantu Ibu mencegah hipertensi selama kehamilan. Dengan kalium yang dikandungnya, nangka membantu menjaga keseimbangan kalsium, magnesium, potasium, dan garam dalam tubuh sehingga tegangan pada pembuluh darah arteri dapat diminimalisir dan risiko hipertensi pun menurun.

Nah, mulai sekarang, yuk, biasakan konsumsi nangka selama kehamilan sebagai salah satu cara menjaga dan mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas