Skip to main content

Anda sekeluarga termasuk orang-orang yang punya banyak aktivitas atau sering berkegiatan di luar rumah? Jika ya dan Ibu baru memiliki bayi, membeli gendongan (baby carrier) adalah keputusan yang tepat agar Anda tetap bisa bebas bergerak.

Secara fungsi, Healthline menyebutkan bahwa ada banyak macam gendongan untuk si Kecil yang dijual di pasaran dengan model dan warna beragam. Berikut jenis baby carrier dan tips memilihnya agar sesuai dengan usia si Kecil.

Jenis gendongan bayi

Ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan dalam memilih gendongan untuk si kecil. Seperti usia anak, tipe tubuh ibu, dan jenis gendongan. Untuk memudahkan, berikut jenis gendongan bayi yang bisa ibu pilih.

1. Kain gendong

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan lembaran kain batik panjang yang dililitkan pada kedua bahu. Jenis gendongan ini akrab di kalangan ibu-ibu dengan nama kain jarik. Nah, versi modern dari gendongan bayi ini disebut stretchy wrap yang hadir dengan varian warna bermacam-macam.

Stretchy wrap terbuat dari campuran katun dan spandeks elastis agar bisa melar mengikuti bentuk badan bayi ketika sedang digendong. Stretchy wrap juga bisa dipakai untuk bayi prematur karena bisa menjaga bayi agar lebih hangat di dekat ibu.

Gendongan ini dapat memudahkan kedua tangan Ibu untuk bebas bergerak sembari menyusui bayi atau menyuapinya makanan. Namun di sisi lain, cara pemakaiannya cukup ribet dan ikatannya lama-lama bisa kendur. Ibu harus sering-sering menguatkan simpul ikatannya selama beraktivitas agar tidak tiba-tiba longgar.

2. Ring slings

Gendongan bayi jenis ini paling sering dijumpai dan sangat umum. Gendongan ring slings memiliki cincin besi yang berfungsi untuk mengatur kekencangan dan panjang-pendek tali gendongan. Gendongan ring slings biasanya terbuat dari jenis kain yang tidak mudah melar, seperti katun atau linen.

Melansir dari Baby Center, posisi bayi akan miring di antara payudara dan perut ibu ketika digendong dengan ring slings. Bila si Kecil sudah bisa duduk, posisi bayi akan duduk di pinggang kiri atau kanan.

Secara umum, jenis gendongan ini memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  • Mudah digunakan oleh ibu baru yang belum pernah menggendong bayi.

  • Bisa dipakai menggendong bayi baru lahir sampai balita.

  • Bisa dipakai sambil menyusui bayi.

Namun, gendongan ini dapat cepat membuat pegal pada salah satu bahu yang dipakai sebagai tumpuan jika digunakan terlalu lama.

3. Meh dai

Jenis gendongan bayi yang satu ini populer di negara-negara Asia, terutama Asia Timur. Bentuknya seperti tas ransel yang dipakai di depan. Gendongan ini dilengkapi dengan dudukan untuk bayi supaya menghadap bagian depan tubuh ibu.

Healthline menjelaskan bahwa gendongan bayi meh dai dilapisi oleh bantalan busa yang cukup tebal di bagian bahu, sehingga ibu lebih nyaman saat menggendong si Kecil.

Soal keamanan, ibu tidak perlu khawatir. Gendongan meh dai bisa digunakan untuk bayi baru lahir sampai balita, serta sesuai untuk pertumbuhan tulang bayi.

Meski begitu, jenis gendongan ini agak sulit dipakai untuk pemula, sehingga harus latihan terlebih dahulu.

4. Soft Structured Carrier (SSC)

Jenis gendongan bayi yang satu ini terbilang cukup nyaman karena cara menggendongnya seperti memakai tas ransel.

Selain itu, gendongan bayi SSC juga mudah digunakan. Tinggal mengaitkan tali di pinggang sebagai dudukan bayi, lalu menaikkan gendongan dan mengaitkan bantalan di bahu. Sesuaikan dengan posisi bayi yang nyaman.

Untuk mengatur kekencangan, gendongan bayi SSC dilengkapi dengan pengait atau system buckle. Jadi tidak perlu mengikat dan menali. SSC bisa dipakai untuk bayi usia 4 bulan atau ketika leher bayi sudah bisa tegak.

Kekurangan:

  • Harganya cukup mahal

Kelebihan:

  • Mudah dipakai

  • Bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama, seperti sedang traveling

  • Ergonomis dan posisi bayi sangat baik, yaitu m-shape

  • Bantalan bahu empuk, sehingga tidak pegal saat dipakai

5. Geos atau gendongan kaos

Ini salah satu gendongan bayi yang sedang populer di kalangan ibu-ibu muda karena bahannya yang menyerap keringat dan mudah digunakan.

Caranya, ibu hanya perlu memasang gendongan di salah satu bahu, lalu dekap si Kecil di dalam gendongan. Anda bisa mengatur kenyamanan sesuai posisi bayi dan bahu ibu.

Saat memakai gendongan ini, ibu perlu memperhatikan berat bayi. Jika bayi sudah terlalu berat, gendongan ini akan melar dan tidak nyaman digunakan. Umumnya, geos bisa dipakai dari usia bayi baru lahir sampai satu tahun.

Kekurangan:

  • Mudah melar bila dipakai untuk bayi dengan berat badan besar

  • Membuat bahu mudah pegal

Kelebihan:

  • Simpel dan mudah dibawa ke mana-mana

  • Bahan nyaman

  • Bisa dipakai sambil menyusui dan sebagai pengganti apron menyusui

Tips memilih gendongan bayi

Gendongan bayi termasuk barang yang wajib ibu persiapkan sebelum melahirkan. Agar tidak salah pilih gendongan bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Melansir dari Raising Children, gendongan bayi harus mampu menopang tubuh bayi dengan baik, yaitu dengan posisi m-shape (kaki bayi menekuk seperti sedang duduk, tidak menggantung).

  • Nyaman digunakan oleh ibu dan anggota keluarga lain.

  • Bahan lembut, nyaman, dan mudah menyerap keringat. Mengingat gendongan akan dipakai untuk beraktivitas.

Healthline menjelaskan, selain poin di atas, hal yang tidak kalah penting saat memilih gendongan adalah T.I.C.K.S formula. Apa itu?

  • Tight. Simpul tali atau pengaitnya harus dipastikan keadaan kencang saat menggendong agar menghindari anak terjatuh.

  • In view at all times. Saat digendong, posisi wajah bayi harus bisa ibu pandangi dan tidak tenggelam setiap saat agar bisa memantau pernapasan si kecil.

  • Close enough to kiss. Mencium bayi bisa mendekatkan hubungan antara ibu dan anak. Pastikan gendongan bayi yang ibu pilih memudahkan ibu untuk mencium si kecil.

  • Keep chin off chest. Beri celah antara dagu bayi dan dada ibu agar tidak mengganggu pernapasan bayi.

  • Supported back. Gendongan yang dipakai bisa menyangga punggung baik dengan baik.

 

Referensi

Guide to baby wearing: benefits, safety tips, and how to https://www.healthline.com/health/parenting/baby-wearing#safety 13/12/2019

Babywearing types of slings and carriers https://www.babycentre.co.uk/a559735/babywearing-types-of-slings-and-carriers 13/12/2019

Types baby carrier https://www.littlebabygear.com/types-baby-carriers/ 17/12/2019

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas