Skip to main content
kulit-bayi-harus-dirawat-dengan-hati-hati-berikut-7-caranya.jpg

Kulit Bayi Harus Dirawat dengan Hati-hati, Berikut 7 Caranya

Kulit bayi sensitif sangat rentan mengalami masalah kulit seperti kulit kering, bersisik, ataupun gatal. Hal ini dapat menyebabkan bayi mudah rewel karena merasa  tidak nyaman. Itu sebabnya, Ibu perlu mengetahui cara merawat kulit bayi yang tepat agar kulitnya tetap sehat dan tidak mudah kering.

Cara tepat untuk menjaga kesehatan kulit bayi

Merawat kulit bayi memang harus sangat berhati-hati. Salah-salah, si Kecil justru bisa mengalami masalah kulit. Tentu Ibu tidak mau hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, Ibu harus mempelajari cara yang tepat untuk merawat kulitnya. Simak penjelasannya berikut.

1. Gunakan produk perawatan kulit bayi yang berkualitas

Produk perawatan khusus untuk kulit bayi memang banyak, tetapi tidak semuanya sesuai dan teruji secara klinis. Oleh karenanya, penting untuk Ibu memperhatikan segala produk yang akan digunakan bayi Anda. Mulai dari sabun mandi, shampoo, dan juga bedak bayi.

Pastikan Ibu menyiapkan produk tambahan untuk merawat dan menjaga kulit si Kecil. Salah satu contohnya, JOHNSON'S® Baby Oil. Produk ini bisa menjadi bagian dari rangkaian perawatan kulit untuk si Kecil. Kandungan mineral oil murni dapat membantu membersihkan dan melembapkan kulit.

Cara menggunakannya pun  tidak sulit. Ibu bisa menuangkannya sedikit ke dalam air mandi. Di samping itu, Ibu bisa pula mengoleskan pada tubuh si Kecil, terutama pada lipatan kulit untuk melindungi kulit kering.

Perlindungan lain yang bisa Ibu gunakan untuk merawat kulit si Kecil adalah dengan menggunakan JOHNSON’S®Milk + Rice Baby Lotion setiap habis mandi. Produk ini mengandung protein susu murni dan nutrien beras yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi. Kulit si Kecil pun tetap ternutrisi dan menjaganya tetap lembap.

2. Mengurangi penggunaan air hangat saat mandi

Sebenarnya, bayi tidak perlu sering-sering mandi. Bahkan, bayi boleh saja mandi hanya tiga kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya iritasi atau kulit kering. Tetapi, jika Ibu ingin memandikan bayi demi kebersihan, tentu saja masih diperbolehkan.

Meski begitu, memandikan bayi juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Orangtua memang lebih suka memandikan bayi menggunakan air hangat dibanding air dingin, agar si Kecil tidak kedinginan.

Namun, seiring bertambahnya usia, Ibu sebenarnya dapat mulai membiasakan bayi Anda untuk mandi air dingin. Penggunaan air hangat berlebihan justru dapat membuat kulitnya kehilangan minyak alaminya dan membuat kulitnya kering.

Pastikan juga Ibu memilih produk perawatan kulit bayi yang sesuai. JOHNSON’S® baby milk + Rice Bath bisa menjadi pilihan. Diperkaya dengan protein susu, ekstrak beras, multivitamin dan mineral, Johnson's Baby Milk + Rice Bath dapat memberikan kesan halus dan lembut pada kulit bayi.  Selain itu, produk ini dirancang khusus untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit bayi hingga tumbuh dewasa.

3. Keringkan badan bayi dengan benar

Tidak hanya cara mandi, Anda juga harus mengetahui cara mengeringkan kulit bayi yang benar agar tetap sehat.

Jangan mengeringkan dengan cara menggosoknya. Cukup tekan-tekan lembut handuk pada setiap jengkal tubuh bayi. Gunakan pula handuk dengan bahan yang lembut dan masih dalam keadaan bersih. Jangan menggunakan sembarang handuk, apalagi handuk yang telah digunakan oleh orang dewasa.

Anda juga dapat mengoleskan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

4. Perhatikan kebersihan kain yang melekat di tubuhnya

Pakaian yang dipilih juga harus Anda perhatikan. Pastikan Anda memilih baju berbahan katun yang dapat menyerap keringat agar kulitnya dapat bernapas dengan baik.

Hindari bahan nilon, wol, dan bahan-bahan sintetis lainnya pada tahun pertama bayi. Bahan pakaian yang keliru bisa berisiko memperparah kondisi kulit bayi dan memicu timbulnya biang keringat.

Tidak hanya pakaian, orangtua juga harus memperhatikan segala kain yang melekat di tubuh si Kecil. Contohnya, bahan handuk, bahan selimut, sprei, dan bedong.

Cucilah pakaian si Kecil sampai benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa detergen karena bisa mengiritasi kulit bayi.

5. Rutin mengganti popok bayi

Iritasi kulit bisa saja terjadi apabila Anda terlalu lama tidak mengganti popok bayi yang sudah kotor. Artinya, orangtua harus sering mengecek kondisi popok yang sedang digunakan oleh bayi. Anda sebaiknya segera mengganti popoknya jika sudah basah atau kotor.

Untuk  melindungi kulitnya dari ruam popok, Anda bisa menggunakan JOHNSON’S® Baby Cream setiap mengganti popok. Gunakan di area pantat dan tempat menempelnya popok agar kulit terjaga kelembutan dan kelembapannya.

6. Pastikan bayi selalu terhidrasi

Kulit kering pada bayi bisa terjadi karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Tidak hanya menggunakan baby oil atau losion, Ibu juga harus memastikan bahwa si Kecil terhidrasi dengan baik.

Berikan si Kecil ASI tepat waktu. Apabila bayi Anda  tidak lagi menyusu, pastikan si Kecil mendapatkan cukup cairan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

7. Hindarkan bayi dari faktor penyebab

Sebaiknya, hindarkan si Kecil dari paparan udara dingin secara langsung dan terlalu lama, baik yang berasal dari udara alami maupun AC. Jika perlu, pakaikan sarung tangan dan kaus kaki pada si Kecil untuk menjaga kehangatannya.

Menjaga kehangatan tubuh bayi sama halnya dengan menjaga kesehatan kulitnya. Saat terkena udara yang terlalu dingin, kulit bayi bisa mengalami kering hingga pecah-pecah. Bahkan penggunaan sarung tangan dan kaus kaki disarankan untuk dilakukan terus-menerus saat bayi masih berumur kurang dari enam bulan.

Sebenarnya, merawat kulit kering pada bayi  tidak serumit yang dibayangkan. Ibu hanya perlu lebih cermat dan teliti memperhatikan apa yang jadi penyebabnya. Dengan begitu, Ibu bisa memberikan perawatan yang tepat.

 

Referensi:

Slideshow: Baby Skin Care -- Simple Tips to Keep Your Baby's Skin Healthy. Retrieved 20 September 2019, from https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-baby-skin-care

Bellefonds, C. (2017). Best Ways to Care for Your Baby’s Skin. Retrieved 20 September 2019, from https://www.webmd.com/parenting/treat-diaper-rash-16/baby-skin-care

Your baby's skin - Caring for Kids. Retrieved 20 September 2019, from https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/your-babys-skin

Kembali ke Atas