Skip to main content
header-pentingnya-sentuhan-ibu-bagi-perkembangan-otak-dan-mental-anak.png

Memberikan perawatan terbaik bagi anak, tentu sudah menjadi prioritas setiap orang tua, mulai dari memilih bedak bayi yang bagus untuk perawatan tubuh si Kecil, mengonsumsi makanan bernutrisi agar ASI lancar, hingga melakukan beragam stimulasi yang dapat menunjang perkembangan anak. Dari banyaknya jenis perawatan untuk si Kecil, terdapat satu aktivitas yang sangat sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi anak, yaitu stimulasi melalui sentuhan.

Menggendong, mengusap, memakaikan bedak pada bayi,  menyusui, ataupun mengganti popok, adalah aktivitas sehari-hari yang mengharuskan Ibu untuk bersentuhan kulit dengan si Kecil. Menurut situs Scientificamerican.com, kontak kulit ke kulit antara anak dengan orang tua dapat membantu si Kecil berkembang dan mengenal dirinya dengan lebih baik. Salah satu manfaatnya adalah membantu perkembangan otak dan juga mental pada si Kecil. Berikut informasinya!

Perkembangan Mental Si Kecil

Seperti orang dewasa, anak-anak pun dapat merasa stres karena rasa takut maupun ketidaknyamanan yang ia dapatkan dari lingkungan sekitar. Apabila hal ini terjadi terus menerus, si Kecil dapat berisiko mengalami stres kronis yang nantinya dapat menggangu sistem kekebalan tubuh serta perkembangan fisik maupun mentalnya kelak. Itulah sebabnya, melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) saat melahirkan, sering menggendong si Kecil, ataupun memberikan terapi pijat, merupakan aktivitas yang sangat disarankan untuk membantu proses tumbuh kembang anak.

Menurut penelitian oleh Theodore Wacks, salah seorang ahli psikologi di Universitas Purdue, bayi yang lebih sering mendapatkan sentuhan secara langsung dari Ibu, cenderung memiliki perkembangan psikologis yang lebih unggul selama enam bulan pertamanya. Ini dikarenakan, bayi yang sering mendapatkan stimulasi melalui sentuhan, biasanya cenderung memiliki perkembangan kognitif yang lebih cepat, yaitu kemampuan berpikir, mengingat, serta berbahasa. Kemampuan kognitif yang berkembang dengan baik, nantinya dapat mengoptimalkan perkembangan psikologis, perilaku, dan sosial si Kecil.

Perkembangan Otak Si Kecil

Menurut situs Livestrong.com, sentuhan yang Ibu berikan kepada si Kecil, baik dengan cara memijat bayi yang benar, menggendong, ataupun mengusap tubuhnya, dapat membuat ia merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga frekuensi menangisnya pun dapat berkurang serta mampu tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, dengan rasa nyaman yang tertanam pada si Kecil, itu artinya perkembangan otaknya dapat terjadi dengan lebih optimal karena minimnya produksi hormon kortisol, hormon yang diproduksi otak ketika seseorang merasa stres. Produksi hormon kortisol yang cukup tinggi pada anak, dapat meningkatkan risiko terganggunya jaringan otak pada hippocampus atau bagian otak yang menyimpan ingatan. Akibatnya, anak berisiko mengalami hambatan dalam menjalani proses belajar.

Manfaat Sentuhan untuk Orang Tua

Selain bermanfaat untuk si Kecil, stimulasi lewat sentuhan juga memiliki pengaruh untuk orang tua terutama Ibu. Dengan menurunnya frekuensi tangisan anak, Ibu cenderung merasa lebih relaks sehingga risiko stres pun dapat berkurang. Tak hanya itu, ketika Ibu menghabiskan banyak waktu untuk menggendong, memakaikan bedak bayi yang aman, ataupun memijat si Kecil, ikatan yang terjalin dengan si Kecil semakin meningkat. Sehingga, Ibu jadi lebih sensitif dengan tanda-tanda yang diberikan oleh si Kecil dan ia pun dapat belajar untuk lebih responsif kepada Ibu.

Tak hanya dengan Ibu, membiasakan aktivitas ini dengan Ayah juga dapat membangun ikatan antara si Kecil dengan Ayahnya. Sesekali, mintalah Ayah untuk memandikan dan memakaikan bedak bayi kepada si Kecil sebagai salah satu stimulasi sentuhan untuknya. Dengan aktivitas seperti ini, ia dapat semakin mengenali sosok Ayah yang selama ini hanya ia dengar selama berada di dalam kandungan, mengingat di tiga bulan pertamanya, penglihatan bayi masih belum sepenuhnya jelas seperti anak berusia di atas enam bulan.

Salah satu bentuk stimulasi sentuhan kepada si Kecil, dapat dilakukan dengan aktivitas memijat. Ibu bisa melakukan baby spa sendiri di rumah dengan menggunakan JOHNSON’S® baby oil di sela-sela waktu tidurnya atau setelah ia mandi. Terbuat dari Mineral Oil murni, JOHNSON’S® baby oil terbukti secara klinis lembut untuk kulit bayi serta dapat membantu membersihkan, melembapkan, dan juga menghindari kulit kering pada bayi. Selain memberikan stimulasi yang tepat, Ibu juga sekaligus merawat dan melindungi kulit si Kecil.

Kini, tak hanya memilih bedak bayi terbaik untuk melindungi kulit si Kecil, namun Ibu juga dapat memaksimalkan stimulasi sentuhan ini setiap hari agar proses tumbuh kembangnya semakin optimal.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas