Skip to main content

Bentuk puting susu setiap wanita bisa jadi berbeda-beda satu sama lain, baik dari ukuran maupun bentuknya. Beberapa Ibu memiliki puting yang besar, sedangkan yang lain berukuran kecil.

Ada pula Ibu yang memiliki puting runcing, sedangkan beberapa lainnya berbentuk bulat. Beberapa puting pipih atau bahkan berputar ke dalam, sedangkan beberapa lainnya tampak selalu menonjol. Lantas, apakah perbedaan bentuk ini mempengaruhi fungsi payudara itu sendiri?

Mengenal berbagai bentuk puting susu

Normalnya, bentuk puting susu biasanya tidak mempengaruhi fungsinya. Biasanya, Ibu tetap dapat menyusui si Kecil, apa pun jenis puting yang dimiliki.

Dikutip dari Very Well Health, sebagian besar perempuan (90%) memiliki bentuk puting susu yang dikenal sebagai puting biasa. Jenis ini menonjol saat istirahat.

Bentuk puting yang satu ini biasanya juga sarat dengan ujung saraf sehingga dapat mengeras karena rangsangan, seperti dingin, sentuhan, dan aktivitas seksual. Sedangkan, 10% perempuan memiliki jenis puting yang datar atau terbalik.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut penjelasan mengenai berbagai bentuk puting susu yang normal pada ibu dan penjelasannya.

Puting susu besar

Memiliki puting susu yang besar mungkin membuat Ibu khawatir si Kecil akan kesulitan menyusui.

Meski begitu, tak perlu khawatir. Ketika mulut si Kecil mengisap payudara dengan benar, ia akan memasukkan seluruh bagian puting dan bagian areola di sekitarnya ke dalam mulutnya.

Namun, apabila Anda mendapati buah hati Anda kesulitan, cobalah untuk memompa payudara, beberapa menit sebelum menyusui si Kecil.

Memompa payudara dapat membantu mengubah bentuk puting susu menjadi lebih tipis dan runcing.

Puting susu pipih

Puting susu merupakan area yang runcing di tengah areola. Bentuknya terkadang datar terhadap areola, dan mencuat ketika ada rangsangan.

Namun, beberapa Ibu mungkin memiliki puting berbentuk pipih yang tidak menonjol keluar dari payudara. Bentuknya cenderung tetap rata, bahkan selama kehamilan atau dengan rangsangan.

Meski begitu, ibu dengan bentuk puting ini tetap dapat menyusui anaknya dengan baik.

Biasanya, untuk proses menyusui, si Kecil akan menempel pada payudara, tidak hanya puting saja. Si Kecil juga akan mengambil bagian dari areola di sekitar puting.

Anda dapat menggunakan pompa payudara untuk membantu puting lebih menonjol beberapa saat sebelum menyusui.

Puting susu terbalik

Jenis puting ini tidak menonjol keluar atau rata, tetapi tampak ke dalam, ke arah tubuh Ibu. Kondisi ini bisa muncul pada satu sisi payudara (unilateral) atau kedua sisi payudara (bilateral).

Puting jenis ini yang muncul tiba-tiba dan/atau bersamaan dengan adanya massa atau benjolan payudara, yang bisa jadi menandakan kanker payudara. Kanker tersebut biasanya ditandai dengan perubahan bentuk pada payudara.

Jika Ibu memiliki puting terbalik, Ibu masih bisa menyusui. Saat kehamilan berlangsung, jenis puting susu terbalik mungkin mulai ke luar secara alami. Bentuk puting akan memanjang sepenuhnya atau mungkin hanya sedikit menonjol. Namun, semua bentuk itu cukup untuk menyusui si Kecil.

Selama si Kecil dapat menempelkan mulutnya ke payudara dengan benar, menyusu dengan baik, dan mengalami pertambahan berat badan, Ibu tidak perlu melakukan apa pun untuk mencoba memperbaiki bentuk puting.

Bentuk puting lainnya

Puting yang tertarik

Retracted nipple atau puting yang tertarik terjadi ketika puting Ibu mulai keluar sebagai jaringan terangkat, tetapi mulai menarik ke dalam, mengubah posisi, atau melipat dirinya menjadi lipatan sempit.

Sama seperti puting terbalik, kondisi ini dapat terjadi pada satu sisi payudara (unilateral) atau kedua sisi payudara (bilateral).

Jenis puting susu ini tidak akan keluar kembali ketika dirangsang, sama seperti puting terbaik. Jenis ini dapat disebabkan oleh penuaan, ekstasia duktus (kondisi saat saluran susu membengkak dan tersumbat), atau kanker payudara.

Mamogram, USG payudara, atau tes MRI akan membantu menentukan penyebab perubahan puting dan memungkinkan Ibu mendapatkan perawatan yang tepat.

Puting berambut

Anda memiliki folikel di sekitar puting. Itu sebabnya, normal untuk memiliki rambut yang tumbuh di sekitar puting susu. Jika ingin menghilangkannya, Anda bisa mencukurnya, waxing, atau perawatan laser.

Pertumbuhan rambut yang berlebihan, bahkan hingga ke area lain, disertai gejala lain, seperti obesitas, jerawat, dan menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda kondisi tertentu, seperti PCOS. Untuk memastikannya, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

 

Referensi:

Breastfeeding With Different Nipple Shapes and Sizes. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-with-different-nipple-shape.... Accessed on December 13, 2019.

Types of Nipples. https://www.verywellhealth.com/nipple-variations-430664. Accessed on December 13, 2019.

How to Treat an Inverted Nipple. https://www.healthline.com/health/inverted-nipple-treatment. Accessed on December 13, 2019.

What to know about inverted nipples. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323301.php#grades-of-nipple-in.... Accessed December 16, 2019.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas