Skip to main content

Sendawa penting untuk membantu mengeluarkan udara yang ditelan bayi ketika menyusu. Bila bayi tidak sering bersendawa, perutnya bisa terisi oleh banyak udara dalam waktu lama sehingga membuatnya rewel karena kembung atau bahkan muntah. Jangan khawatir, Bu! Berikut beberapa cara menyendawakan bayi yang benar untuk menghindari perut kembung.

Mengapa bayi harus sendawa?

Sebenarnya apa yang membuat perut bayi mengandung banyak gas sehingga dia harus bersendawa? Healthline menjelaskan bahwa baik saat menyusu ASI lewat payudara atau pakai botol, setiap isapan si Kecil untuk minum turut memasukkan udara dari luar ke dalam perutnya.

Tidak hanya itu, penumpukan gas dalam perut bayi juga bisa disebabkan oleh makanan yang ibu konsumsi karena tubuh bayi masih sangat sensitif pada apa yang masuk ke dalam tubuhnya.

Meski begitu, kondisi ini tidak mengganggu perkembangan bayi.

Cara menyendawakan bayi yang benar

Berikut ini adalah beberapa cara menyendawakan bayi yang bisa Anda coba di rumah.

Duduk tegak dan peluk bayi

Dilansir dari Kids Health, cara menyendawakan bayi yang pertama adalah dengan duduk tegak sambil memeluk bayi dan meletakkan dagu bayi di atas bahu Ibu.

Tepuk punggung si Kecil dengan lembut sambil mengayunkan tubuh pelan seperti sedang menimang-nimang. Ini bisa membantu si Kecil untuk mengeluarkan gas di dalam perutnya.

Menengkurapkan bayi di atas paha Ibu

Begitu bayi sudah selesai menyusu dan Ibu ingin segera menyendawakan si Kecil, pakailah cara ini.

Pangku bayi dalam keadaan tengkurap di atas paha Ibu, kemudian sangga kepalanya agar tidak terlalu menekuk ke bawah. Kemudian usap-usap punggung bayi perlahan.

Hati-hati ketika sedang menahan kepala bayi, agar tidak menekan dagu dan tenggorokannya.

Mendekap si Kecil di dada Ibu

Posisi ini mirip dengan yang pertama. Bedanya, Anda mendekap bayi di dada sambil mengusap-usap punggung si Kecil untuk mengeluarkan gas dalam perutnya.

Dilansir dari Healthline, posisi ini disebut paling nyaman bagi bayi karena memberikan sensasi yang mirip ketika ia masih di dalam kandungan.

Sambil menggendong usap-usap kepala dan punggung si kecil, lalu tunggu sampai ia sendawa.

Menopang bayi di lengan

Cara lain menyendawakan bayi yang tidak perlu mengubah posisi tubuhnya. Tetap topang bayi Anda di lengan.

Bila Ibu menyusui si Kecil sambil duduk dan menggendong memakai tangan kiri, posisikan bayi di antara lengan dan siku kira-kira 45 derajat.

Posisi ini memberi tekanan pada perut bayi, sehingga ibu bisa menepuk punggungnya sampai bersendawa. Ibu bisa menyendawakan si Kecil dengan posisi ini sambil duduk atau berdiri.

Hentikan menyusu jika bayi mengantuk

Saat Ibu melihat bayi mengantuk, coba hentikan proses menyusui dan buatlah si Kecil sendawa sebentar, kemudian baru tidurkan bayi Anda di atas kasur. Ibu juga bisa menambahkan musik lembut agar bayi bisa tidur lebih nyenyak

Berapa lama harus menunggu untuk anak sendawa?

Ketika Ibu sudah mencoba berbagai cara menyendawakan bayi, biasanya hanya membutuhkan waktu satu atau dua menit. Kadang, sendawa muncul setelah Ibu menggerakkan tubuh si Kecil, menepuk punggung, atau memijat leher sampai bahu, dan memijat perut bayi agar gasnya keluar.

Bagaimana kalau bayi tidak sendawa?

Sudah melakukan banyak cara menyendawakan bayi tapi gas di dalam tubuh si Kecil tidak juga keluar? Bila bayi ibu sudah tertidur, coba sendawakan sebentar sebelum meletakkannya di atas kasur.

Terkadang saat malam hari, bayi tidak perlu banyak sendawa karena tidak banyak mendapatkan banyak udara saat menyusui dan ritme makannya lebih lambat.

Kalau si Kecil terlihat tidak nyaman dan rewel, Ibu perlu memeriksa apakah popoknya basah atau perutnya kembung. Pijat secara lembut perut si kecil agar gas di dalam perutnya bisa keluar dan membuat bayi kembali tidur nyenyak.

Bagaimana bila bayi ibu sering rewel dan terlihat tidak nyaman ketika ingin sendawa? Segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan dan cara menyendawakan bayi yang tepat.

Beberapa bayi mengalami reflek yang buruk mungkin harus memosisikan tubuhnya tegak selama 30 menit setelah menyusu saat malam atau siang hari.

 

Referensi

Burping https://kidshealth.org/en/parents/burping.html 13/12/2019

How to burp a sleeping baby https://www.healthline.com/health/how-to-burp-a-sleeping-baby#burping-a-sleeping-baby 13/12/2019

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas