Skip to main content

Tidak hanya kulit, rambut dan kepala bayi pun penting untuk dirawat agar tetap sehat. Biasanya, Ibu hanya mengandalkan sampo dan kondisioner pada rambut bayi agar lebih indah dan sehat. Nah, salah satu produk yang bisa Ibu coba agar rambut bayi lebih lebat, sehat, dan kuat adalah minyak rambut.

Kandungan yang penting dalam minyak rambut bayi

Tak hanya sampo dan kondisioner yang baik untuk si Kecil, produk minyak rambut khusus bayi juga penting. Pasalnya, minyak rambut yang dirancang khusus untuk bayi dapat membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kulit kepala lebih sehat.

Berikut adalah kandungan minyak rambut yang baik untuk bayi:

1. Mineral oil

Minyak rambut umumnya mengandung mineral oil yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga bantu mencegah ketombe pada rambut bayi.

2. Minyak alpukat

Tidak hanya mineral oil, salah satu kandungan yang tak kalah penting di dalam sebuah produk minyak rambut untuk bayi adalah Persea Gratissima Oil, atau lebih dikenal sebagai avocado oil.

Minyak ini mengandung antioksidan, asam lemak, dan mineral. Kandungan di dalam minyak alpukat ini dapat membuat rambut bayi lebih lebat dan sehat.

Minyak alpukat juga bisa menjaga kelembapan rambut, menguatkan rambut yang mudah rontok, serta bantu memperbaiki rambut yang rusak.

3. Minyak zaitun

Selain itu, kandungan lain yang sebaiknya ada di dalam minyak rambut bayi adalah olive oil atau minyak zaitun.

Adanya olive oil di dalam minyak rambut bayi dapat membantu rambut menjadi lebih halus. Menggunakan minyak rambut juga dapat membuat rambut lebih mudah diatur karena lebih lembap dan tidak kering.

4. Pro-Vitamin B5

Kandungan Pro-Vitamin B5 yang ada di dalam minyak rambut bayi juga tak kalah penting. Pasalnya, produk perawatan rambut yang memiliki kandungan Pro-Vitamin B5, atau dikenal juga dengan sebutan panthenol, mampu membuat rambut jadi lebih halus, kuat, serta berkilau.

Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat di dalam British Journal of Dermatology menyebutkan bahwa kandungan Pro-Vitamin B5 yang ada dalam produk perawatan rambut dapat membantu mengatasi rambut rontok atau rambut yang menipis.

Nah, keberadaan kandungan ini dalam minyak rambut bayi dapat bantu mencegah buah hati Anda dari kerontokan.

Waktu yang tepat untuk menggunakan minyak rambut bayi

Biasanya, kulit bayi memang masih rentan dan cenderung sensitif. Itu sebabnya, Ibu perlu mengetahui kapan saat yang tepat untuk memberikan perawatan yang bersentuhan dengan kulitnya, termasuk kulit kepala.

Jika Ibu sudah menentukan produk perawatan rambut bayi yang tepat, kini saatnya untuk belajar bagaimana cara merawat kulit kepala dan rambut bayi. Waktu yang paling tepat untuk menggunakan minyak rambut khusus bayi adalah saat si Kecil memiliki masalah rambut atau kulit kepala. Jika tidak, Ibu cukup menjaga kebersihannya saja.

Ibu bisa menggunakan minyak rambut khusus bayi dan dioleskan pada kulit kepala yang berketombe atau bermasalah. Setelahnya, diamkan selama kurang lebih satu jam agar kandungannya meresap. Sembari menunggu, Ibu bisa menyisir rambut si Kecil dengan sisir yang memiliki bulu sikat halus dan lembut agar tidak menyakiti kepalanya.

Baru setelahnya, Ibu bisa mencuci rambut si Kecil dengan sampo dan kondisioner khusus bayi. Ibu bisa menggunakan JOHNSON’S® Soft & Shiny Baby Shampoo yang dapat membantu membersihkan kulit kepala bayi. Di samping itu, sampo ini juga bisa menjaga agar rambut si buah hati tetap lembut dan berkilau.

Selain menggunakan minyak rambut ketika anak Anda tengah mengalami kondisi tertentu, Anda juga bisa menggunakannya sesekali untuk memijat kepala si Kecil.

Hal ini juga cukup penting mengingat saat memijat kepala bayi, Anda bisa memberikan sentuhan yang lembut di area kepala demi merangsang panca indranya.

Aktivitas ini sangat baik untuk kesehatan si Kecil, sekaligus untuk suasana hatinya. Tak hanya sekadar memijat, kegiatan ini sebenarnya juga merupakan momen di mana Anda membangun kontak fisik dengan si buah hati.

Sentuhan fisik termasuk salah satu cara membentuk ikatan yang kuat antara orangtua dengan bayi. Ikatan ini penting sebagai dasar dari pembentukan karakter, emosi, dan kemampuan berpikirnya di kemudian hari.

 

Referensi:

Frothingham, S. (2019). 6 Uses of Mineral Oil: For Skin, Feet, Ears, Constipation, and More. Retrieved 13 December 2019, from https://www.healthline.com/health/mineral-oil-uses#cracked-feet

Murkoff, H. (2018). Newborn Hair Care. Retrieved 13 December 2019, from https://www.whattoexpect.com/first-year/ask-heidi/newborn-hair.aspx

Pedroja, C. (2018). Panthenol: Hair, Skin, Uses, Side Effects, Benefits, and More. Retrieved 13 December 2019, from https://www.healthline.com/health/panthenol

Davis, M., Thomas, J., van de Velde, S., Boissy, Y., Dawson, T., Iveson, R., & Sutton, K. (2011). A novel cosmetic approach to treat thinning hair. British Journal Of Dermatology, 165, 24-30. doi: 10.1111/j.1365-2133.2011.10633.x

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas