Skip to main content

Bunda yang memilih melahirkan caesar biasanya tidak terlalu khawatir karena jadwal bersalinnya sudah ditentukan dari jauh-jauh hari. Namun, bunda yang akan melahirkan normal biasanya masih harus menebak-nebak apakah yang dirasa sekarang ini benar kontraksi atau bukan? Tenang... Mengenali tanda-tanda melahirkan itu sebenarnya mudah, kok!

Tanda-tanda sebentar lagi mau melahirkan

Bunda yang akan bersalin dengan cara normal maupun lewat caesar sebaiknya perlu sama-sama tahu apa saja tanda-tanda melahirkan. Tujuannya tentu agar Anda bisa mempersiapkan fisik, mental, serta perlengkapan lainnya sebaik mungkin untuk di hari-H nanti.

Berikut adalah ciri-ciri paling umum proses persalinan akan segera dimulai:

1. Kontraksi

Kontraksi rahim adalah ciri-ciri mau melahirkan yang paling umum. Kontraksi asli yang menjadi tanda melahirkan terasa sangat kuat, sering, dan bertahan lama. Jangka waktu kemunculannya juga tampak teratur.

Namun, penting juga bagi Bunda mengenali kontraksi Braxton Hicks yang sering dikenal sebagai kontraksi palsu. Disebut palsu karena kontraksi ini biasanya muncul dengan interval yang acak. Sekali waktu hanya muncul sebentar lalu hilang, dan kemudian muncul lagi dengan durasi yang lebih lama. Kontraksi palsu juga biasanya tidak terasa nyeri, atau jika ya, bisa langsung mereda begitu Anda berganti posisi.

Ini yang membedakannya dengan kontraksi persalinan yang asli.

2. Air ketuban pecah

Tanda-tanda yang pasti menunjukkan Anda mau melahirkan adalah pecahnya ketuban. Setelah ketuban pecah, Bunda biasanya akan merasakan kontraksi. Namun, umumnya persalinan harus segera dimulai dalam 24 jam setelah ketuban pecah meski kontraksi yang dirasakan belum cukup kuat.

Maka apabila air ketuban sudah pecah, Bunda harus segera ke rumah sakit atau bidan untuk mulai proses persalinan.

3. Keluarnya lendir kental bercampur darah (bloody show)

Beberapa saat menjelang bersalin, mulut leher rahim (serviks) akan melebar dan meregang sebagai persiapan jalur keluarnya bayi nanti. Proses ini disebut bukaan.

Sebelum serviks benar-benar terbuka, vagina biasanya akan mengeluarkan cairan berupa lendir yang bercampur darah.

4. Lightening (kepala bayi sudah mencuat)

Lightening adalah kondisi kepala bayi yang sudah turun memasuki rongga panggul ibu, sebagai tanda siap keluar ke dunia.

Ini bukanlah tanda-tanda melahirkan yang bersifat urgent, karena biasanya baru terjadi beberapa minggu sebelum proses persalinan mulai.

5. Serviks (leher rahim) semakin menipis

Menjelang detik-detik persalinan, serviks akan mulai menipis dan meregang untuk membuka jalur bagi keluarnya bayi. Semakin tipis dan besar ukuran bukaan mulut serviks, tanda-tanda melahirkan semakin dekat.

Jika Bunda sudah bersiap di rumah sakit, umumnya dokter atau bidan akan mengukur ketebalan serviks secara berkala. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan jari ke dalam vagina. Apabila bukaan vagina sudah mencapai 10 jari (atau 10 cm), tandanya Anda sudah siap melahirkan.

Persiapkan barang berikut ini sebelum melahirkan

Bunda perlu mengenali berbagai tanda mau melahirkan supaya dapat mempersiapkan diri.

Namun, segala hal dan perlengkapan yang akan dibawa ke rumah sakit idealnya sudah harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum munculnya tanda-tanda melahirkan.

Beberapa hal yang harus disiapkan untuk kelahiran si kecil nanti, antara lain berupa:

1. Pakaian bayi

Persiapkan pakaian yang nyaman untuk bayi, usahakan yang berbahan dasar katun. Pakaian dari katun menyerap keringat dan tidak mengiritasi kulit.

Hindari memilihkan baju bayi yang terbuat dari bahan wol, karena ini dapat menyebabkan kulit bayi yang masih sensitif jadi iritasi.

2. Peralatan mandi bayi baru lahir

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi khusus bayi yang baru lahir.

Kulit bayi saat baru lahir masih sangat sensitif, sehingga Bunda disarankan untuk memandikannya dengan sabun yang sesuai dengan kulit bayi. Contohnya adalah sabun JOHNSON’S® Cotton Touch™ Top-to-toe™ Hair & Body Baby Bath. Sabun ini formulanya ringan dan lembut untuk kulit sensitif si kecil yang baru lahir.

3. Perlengkapan lainnya

Sebelum tanda-tanda melahirkan muncul, jangan lupa siapkan barang lain untuk si kecil yang baru lahir. Misalnya, kain bedong dan gendongan, car seat, selimut, serta kaus tangan dan sepatu bayi yang nyaman.

Jangan lupa juga siapkan gunting kecil dan kain kasa untuk menutup tali pusar bayi yang sudah puput atau lepas dari perutnya.

 

What will you need for baby https://www.pregnancybirthbaby.org.au/what-you-will-need-for-baby diakses pada 18 September 2019.

Signs of labor https://americanpregnancy.org/labor-and-birth/signs-of-labor/ diakses pada 18 September 2019.

Para ibu di seluruh dunia percaya pada JOHNSON’S® untuk merawat bayi mereka.

Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan para ibu, ahli kesehatan serta peneliti untuk memastikan produk kami memiliki standar terbaik dalam hal keamanan, kualitas, dan perawatan.

Kembali ke Atas